Menengok Fasilitas Sholat Di Mobile Masjid – Masjid Keliling di Bandung

Masjid Keliling di Bandung

Masjid Keliling di Bandung | Foto : www(dot)flickr(dot)com

Mayoritas masyarakat Indonesia diketahui beragama muslim. Hampir setengah dari jumlah keseluruhan warga di Indonesia memeluk agama Islam. Maka dari itu, tidak heran rasanya jika tempat peribadatan muslim di Indonesia bertebaran dimana-mana.

Sarana Ibadah Sholat

Sarana Ibadah Sholat | Foto : annisabersabda(dot)wordpress(dot)com

Hal ini juga berlaku di Bandung, mayoritas warga kota kembang ini juga beragama muslim. Namun, tidak semua kawasan di wilayah Bandung menyediakan tempat beribadah atau masjid. Meskipun masjid di Bandung sangat banyak, pusat keramaian yang ada di Bandung tidak banyak dilengkapi dengan adanya masjid.

Mesjid-Mesjid Terkenal di Kota Bandung

Mesjid-Mesjid Terkenal di Kota Bandung | Foto : safarimasjid. (blogspot.com)

Beberapa pusat keramaian yang ada di Bandung memang jarang menyediakan tempat beribadah, khususnya masjid. Inilah yang menjadi kendala bagi wisatawan muslim ataupun warga lokal yang sedang mengunjungi pusat keramaian yang ada di Bandung.

Mobile Masjid Bandung

Mobile Masjid Bandung | Foto : bandung(dot)bisnis(dot)com

Untuk mengatasi hal tersebut, baru-baru ini tersedia fasilitas masjid keliling di Bandung. Masjid keliling ini berupa mobil box cukup besar yang menyediakan beragam perangkat untuk menunaikan ibadah sholat. Karena berbentuk mobil, masjid ini bisa menyambangi berbagai wilayah yang ada di Kota Bandung yang tidak tersedia masjid disekitarnya.

Mobile Masjid

Masjid Keliling Bandung

Masjid Keliling Bandung | Foto : simomot(dot)com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mobile masjid merupakan masjid keliling yang mengunjungi beberapa tempat yang ada di Kota Bandung. Sarana ibadah ini mulai beroperasi di Kota Bandung sejak awal Bulan Ramadhan beberapa waktu yang lalu. Tujuan diadakannya mobile masjid ini adalah masyarakat, umumnya yang beragama muslim dapat menjalankan sholat tepat waktu meski jauh dari masjid.

Program Rumah Zakat

Program Rumah Zakat | Foto : www(dot)slideshare(dot)net

Mobile Masjid sendiri merupakan program yang dirintis oleh Yayasan Masjid Nusantara berserta Rumah Zakat. Berbagai fasilitas beribadah ini, Mobile Masjid mampu menampung jamaah hingga 50 orang. Fasilitas beribadah ini dilengkapi dengan berbagai perlengkapan sholat, seperti karpet sejadah, mukena, sarung, petunjuk arah kiblat, soundsystem untuk mengumandangkan adzan, hingga fasilitas untuk wudhu.

Fasilitas Wudhu Di Mobile Masjid

Fasilitas Wudhu Di Mobile Masjid | Foto : simomot(dot)com

Untuk fasilitas berwudhu, Mobile Masjid menyediakan penampung dan pompa air untuk para jamaah sholat. Khusus untuk jamaah wanita, disediakan tempat khusus dan tertutup agar dapat berwudhu leluasa.

Setiap harinya, mobile masjid ini berkeliling di pusat keramaian Kota Bandung yang tidak tersedia masjid di sekitarnya, seperti taman, pusat perbelanjaan, dan tempat olahraga.

Sholat Di Mobile Masjid

Sholat Di Mobile Masjid | Foto : jabar(dot)tribunnews(dot)com

Tempat-tempat tersebut menjadi incaran bagi pengelola Mobile Masjid ini, karena meskipun banyaknya masjid yang tersebar di Kota Bandung, di kawasan keramaian justru tidak tersedia fasilitas masjid untuk beribadah. Bahkan, ditempat bencana pun ibadah wajib sholat ini sangat sulit dilakukan, mengingat tidak adanya sarana yang memungkinkan untuk melakukan sholat.

Mobile Masjid

Mobile Masjid | Foto : twitter(dot)com

Keberadaan masjid keliling di Bandung ini ternyata disambut baik oleh masyarakat Bandung pada umumnya. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang menjadikan mobile masjid ini sarana untuk menjalankan ibadah wajib umat muslim. Dengan adanya mobile masjid ini, masyarakat terbantu untuk menjalankan ibadah dengan maksimal.

Sholat Di Mobile Masjid Bandung

Sholat Di Mobile Masjid Bandung | Foto : www(dot)arrahmah(dot)com

Bagi Anda yang penasaran akan keberadaan fasilitas beribadah ini, Yayasan Masjid Nusantara setiap harinya menginformasikan kepada masyarakat luas melalui media social twitter. Informasi mengenai rute perjalanan mobile masjid ini terus du update di media social twitter dengan akunnya @MasjidNusantara.

Ibadah merupakan tugas utama umat muslim dalam menjalankan kehidupannya di dunia. Dengan adanya masjid keliling di Bandung ini diharapkan mampu memudahkan umat muslim dalam menjalankan ibadah sholat wajibnya dimanapun.

Add Comment