Tara Cara dan Prosedur Perpanjangan SIM Di Jasa SIM Keliling Bandung

SIM Keliling Bandung

SIM Keliling Bandung | Foto : www(dot)juaranews(dot)com

Bagi pengendara kendaraan bermotor khususnya di kota kembang, saat ini sudah ada layanan SIM keliling Bandung yang tersebar dibeberapa tempat. Pada umumnya layanan masyarakat dan publik ini dimulai dari pukul 9.00 WIB hingga selesai sekitar pukul 15.00 WIB. Tapi khusus untuk hari Minggu, Jasa layanan ini beroperasi pada pukul 6.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Jika antriannya banyak dan tidak selesai pada hari itu juga maka akan dilanjutkan esok harinya.

Keuntungan Menggunakan Layanan Sim Keliling

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika menggunakan layanan SIM keliling, terutama di daerah Bandung. Yang utama tentu saja bisa memilih lokasi yang paling dekat dengan rumah, sehingga jaraknya tidak terlalu jauh dibanding dengan mengurus SIM di kantor Poltas.

Pembuatan SIM Di Ditlantas Bandung

Pembuatan SIM Di Ditlantas Bandung | Foto : oto(dot)dekiben(dot)com

Selain itu waktu yang dibutuhkan juga jauh lebih singkat. Sebab selain jaraknya dekat pada umumnya antriannya juga tidak terlalu panjang dan banyak. Bahkan, kita tidak perlu lagi menyediakan waktu secara khusus. Jika semua syarat bisa dipenuhi dan semua dapat berjalan dengan lancar, waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari satu jam.

Lokasi layanan SIM keliling Bandung ini sering berpindah tempat sesuai dengan jadwal yang sebelumnya sudah ditentukan. Penentuan lokasi serta jadwal ini, beberapa waktu sebelumnya selalu dipublikasikan melalui berbagai media terutama siaran radio, televisi lokal hingga surat kabar dan media online.

Outlet SIM Keliling

Outlet SIM Keliling | Foto : www(dot)bekasiurbancity(dot)com

Sehingga warga tinggal menyesuaikan jadwal tersebut serta menentukan lokasi terdekat yang digunakan sebagai tempat pelayanan SIM keliling tersebut. Bahkan tiap hari Minggu layanan ini dibuka di area CFD atau Car Freeday Dago, Bandung. Jadi sambil olahraga dan jalan-jalan menikmati hari libur akhir pekan, pengurusan SIM tetap bisa dilakukan.

Satu hal lagi yang sangat penting, menggunakan jasa layanan SIM keliling dijamin bebas dari calo. Karena semua jenis layanan secara langsung ditangani oleh petugasnya. Jadi tidak ada yang namanya perantara dan semacamnya yang biasa dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Prosedur yang Harus Dilewati

Mengurus Perpanjangan SIM Mudah

Perpanjangan SIM Mudah | Foto : tempo(dot)co

Untuk mengurus SIM keliling, ada beberapa prosedur yang harus dilewati. Tidak perlu takut atau was-was sebab prosedur ini cukup mudah dijalankan. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan fotocopy SIM lama atau KTP maupun kartu identitas lainnya.

Namun jika lupa membuat fotocopynya juga tidak usah khawatir. Dalam mobil SIM keliling tersebut biasanya tersedia mesin scan yang sekaligus bisa digunakan pula sebagai alat untuk membuat salinan SIM dan KTP asli.

Pengisian Formulis pada Prosedur Perpanjangan SIM

Pengisian Formulis pada Prosedur Perpanjangan SIM | Foto : www(dot)infobdg(dot)com

Setelah itu bisa datang ke counter SIM keliling Bandung terdekat. Di sana pembuat SIM diharuskan untuk mengisi formulir yang sudah disediakan. Isi semua data-data yang diminta, serta bubuhi tanda tangan dan nama terang pada bagian bawahnya.

Setelah formulir ini dikumpulkan, prosedur selanjutnya yang harus dilewati yaitu scan jempol tangan kiri dan yang kanan yang akan dilanjutkan dengan proses pengambilan foto. Dan yang paling menarik dan istimewa adalah, jika penampilan wajah dirasa masih kurang rapi, disediakan cermin.

Proses Pengambilan Foto untuk SIM

Proses Pengambilan Foto untuk SIM | Foto : birokrasi(dot)kompasiana(dot)com

Meski ukurannya tidak terlalu besar namun keberadaannya cukup membantu pembuat SIM untuk merapikan diri. Bahkan tidak jarang cermin ini juga dilengkapi dengan sisir yang tentu saja bisa dipakai untuk menata rambut.

Begitu proses pengambilan foto selesai, tinggal menunggu waktu beberapa menit untuk mendapatkan SIM baru yang secara kilat jadi ditempat. Tapi sebelumnya SIM tersebut harus diberi lapisan anti gores agar lebih awet dan tahan lama.

Perpanjangan SIM

Perpanjangan SIM | Foto : ntmcpolr(dot).info

Biaya atau ongkos perpanjangan SIM keliling Bandung ini tidak terlalu mahal, hanya sekitar 150 ribu rupiah saja untuk satu jenis SIM baik SIM A, B, C atau yang lainnya. Khusus untuk SIM yang sudah mati lebih dari satu tahun, perpanjangannya tidak dapat dilakukan dari mobil keliling namun harus langsung datang ke kantor Polantas.

Add Comment