Suka Boneka? Yuk Mampir Ke Kampung Boneka Sukamulya!

Kampung Boneka

Kampung Boneka | Foto : www(dot)peluanginfousaha(dot)com

Kampung boneka? Anda pasti tidak percaya ada perkampungan yang dinamakan dengan Kampung Boneka Sukamulya. Eits, tapi jangan salah sangka dulu. Di perkampungan ini, jelas penduduknya bukan boneka. Namun, ada ratusan bahkan ribuan boneka beraneka rupa di sini. Hmm… Anda penasaran?

Kampung boneka berawal dari sebuah desa biasa yang bernama desa Sukamulya. Lokasinya berada di Babakan Jeruk, Kecamatan Sukajadi. Anda yang ingin mampir ke desa ini dapat melewati jalan Setra Indah Barat. Lalu, berbeloklah ke kiri sampai bertemu bundaran. Dari bundaran, Anda tinggal memilih jalan Sukamulya menuju ke sentra perkampungan boneka. Atau lebih tepatnya, sekitar 300 meter dari kantor camat Sukamulya.

Kampung Boneka Sukamulya Bandung

Kampung Boneka Sukamulya Bandung | Foto : www(dot)tribunnews(dot)com

Kehadiran ribuan boneka di desa Sukamulya ini, tidak terlepas dari gagasan Haji Ade selaku pelopor kampung boneka. Pada tahun 1990-an Haji Ade merintis usaha sebagai pengarajin boneka. Boneka-boneka buatan Ade murni hasil jahitan tangan. Itu sebabnya, sangat dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam mengerjakannya.

Usaha kerajinan boneka Haji Ade mendapat tempat di hati masyarakat. Orderan boneka pun selalu ada setiap hari. Pada moment-moment tertentu, semisal Natal, tahun baru, atau Vallentine, orderan Haji Ade bisa dua kali lipat lebih banyak.

Pengrajin Boneka di Sukamulya Bandung

Pengrajin Boneka di Sukamulya Bandung | Foto : www(dot)bandungtourism(dot)com

Omset pun meroket, hingga Haji Ade dapat mempekerjakan warga setempat untuk membantu  kegiatan produksi. Melihat keberhasilan usaha kerajinan boneka Haji Ade, masyarakat setempat pun satu per satu tertarik mengikuti jejaknya. Sampai akhirnya Haji Ade wafat dan usahanya diteruskan oleh sang menantu, Kiki Junaedi.

Harga Boneka Terjangkau

Mampir di perkampungan boneka, seluas mata memandang Anda akan menemukan beraneka jenis boneka. Mulai dari yang berukuran kecil hingga yang super besar sekalipun. Hampir di sepanjang jalan perkampungan, rumah-rumah warga disulap menjadi workshop tempat menghasilkan boneka dalam jumlah besar. Terhitung, ada sekitar 200-an tenaga kerja yang diserap dari bisnis berbasis kerajinan tangan ini.

Produksi Boneka di Sukamulya Bandung

Produksi Boneka di Sukamulya Bandung | Foto : boneka1(dot)indonesia(dot)cc

Dalam satu tahun, hasil produksi dapat mencapai 768.940 buah boneka, dengan keuntungan berkisar Rp 2, 691 milyar. Bila Anda membeli boneka di perkampungan ini, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada di toko.

Untuk boneka berukuran sedang saja ditawarkan dengan harga rata-rata Rp 15.000,- sedangkan boneka ukuran super jumbo bisa mencapai jutaan rupiah. Di perkampungan boneka Anda juga dapat membeli matras boneka yang dapat dijadikan alas duduk atau tidur. Harganya cukup terjangkau, yakni berkisar 300 ribu-500 ribu rupiah saja.

Produksi Matras Boneka

Produksi Matras Boneka | Foto : unyumenyunyu(dot)blogspot(dot)com

Nah, itulah sekilas gambaran tentang kampung boneka di Sukamulya, Bandung. Jangan lewatkan mampir kesini jika Anda berwisata ke kota kembang.

One Response

  1. cv.pd32 September 1, 2017

Leave a Reply