Ini Dia 10 Rekomendasi Perguruan Tinggi di Bandung

Perguruan Tinggi di Bandung

Perguruan Tinggi di Bandung | Foto : skalanews(dot)com

Terdapat sekurang-kurangnya 10 perguruan tinggi di Bandung yang berakreditasi sangat baik. Kampus-kampus ini menjadi sasaran tuju para siswa yang baru lulus SMA maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 dan S3. Namun tentu saja, proses seleksi untuk dapat menjadi bagian kampus-kampus bergengsi tersebut, tidak mudah.

Mereka menekankan sejumlah syarat sebelum calon mahasiswa dinyatakan lulus. Secara garis besar kualifikasinya meliputi nilai akademis pada jenjang pendidikan sebelumnya, minat dan bakat calon mahasiswa, dan prestasi non akadamis yang menunjang.

1. ITB (Institut Teknologi Bandung)

Perguruan Tinggi Negeri ITB

Perguruan Tinggi Negeri ITB | Foto : asopusitemus(dot)wordpress(dot)com

ITB merupakan perguruan tinggi di Bandung yang telah banyak mencetak lulusan-lulusan terbaik di negeri ini. Sebut saja dua diantaranya adalah mantan presiden Ir.Soekarno dan B.J. Habibie. Berdasarkan data peringkat yang disusun oleh 4International Colleges University (4ICU), ITB menempati posisi 1 sebagai Universitas terbaik di se-Indonesia, peringkat dua se-ASEAN, peringkat 15 se-Asia, peringkat 568 sedunia. Setiap tahunnya, ITB menyediakan 3000 kursi untuk setiap mahasiswa baru yang lolos penjaringan SNPMTN dan SBMPTN.

2. Universitas Padjajaran (Unpad)

UNPAD Bandung

UNPAD Bandung | Foto : bandung(dot)panduanwisata(dot)id

Unpad merupakan kampus terkemuka yang terkenal unggul di cabang-cabang ilmu IPS. Lulusan terbaiknya tersebar dalam berbagai profesi (rata-rata di bidang non teknik). Katakanlah  seperti mantan presiden Megawati Soekarno Putri, pengacara kondang Elza Syarif, musisi Yovie Widianto, dan politikus Agum Gumelar.

Unpad menduduki peringkat ke-7 sebagai universitas terbaik se-Indonesia versi 4ICU, peringkat 264 se-Asia, serta peringkat 1036 sedunia.

3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

Universitas Pendidikan Indonesia Bandung | Foto : id(dot)wikipedia(dot)org

UPI pilihan tepat bagi calon-calon pengajar terbaik di Indonesia. Salah satu kualifikasi yang ditetapkan oleh kampus ini pada calon mahasiswa adalah kekuatan logika serta kemampuan menghafal yang kuat.

Berdasarkan 4ICU, UPI mendapat ranking 17 sebagai universitas terbaik se-Indonesia, ranking 264 se-Asia, dan ranking 1622 sedunia.

4. Telkom University

Telkom University Bandung

Telkom University Bandung | Foto : www(dot)telkomuniversity(dot)ac(dot)id

Meski usianya belum lama, Telkom University berhasil menjadi salah satu kampus kebanggaan warga Bandung. Tadinya,  Telkom Universitiy berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom, PT. Telekomunikasi Indonesia. Berdasarkan peringkat yang ditetapkan 4ICU,  Telkom University menempati posisi ke 29 sebagai kampus terbaik se-Indonesia, posisi 2860 se-Asia, dan posisi 8463 se-dunia.

Dari depan memang tampak tidak ada yang istimewa dari gedung UNIKOM di jalan Dipatiukur Bandung, kampus Universitas Komputer memang sesuai dengan namanya, yap kampus ini adalah kampus yang memfokuskan mahasiswanya memperdalam ilmu komputer saja. Prestasinya? jangan di tanya, berkali-kali menjadi juara dunia dibidang komputer dan robotika, dan mewakili Indonesia dalam ajang internasional di berbagai negara dan keluar sebagai pemenang.

5. Universitas Komputer Indonesia (UNICOM)

Universitas Komputer Indonesia (UNICOM)

Universitas Komputer Indonesia (UNICOM) | Foto : mahasiswaunikom1(dot)blogspot(dot)com

Unikom direkomendasikan untuk calon mahasiswa yang berhasarat menjajal ilmu komputer, serta membuat penemuan-penemuan berbasis teknologi tinggi. Telah banyak mahasiswa Unikom yang menjuarai ajang-ajang internasional di bidang IPTEK. Tidak salah jika Unikom dinobatkan sebagai kampus terbaik yang menempati posisi ke 31 se-Indonesia, peringkat 1193 se-Asia, dan peringkat ke 3312 sedunia versi 4ICU.

6. Universitas Kristen Maranatha

Maranatha Bandung University

Maranatha Bandung University | Foto : panoramio. (com)

Reputasi Universitas Kristen Maranatha sebagai salah satu perguruan tinggi di Bandung cukup membanggakan. Ratusan lulusan terbaik telah merambah ke berbagai bidang profesi. Sehingga Universitas Kristen Maranatha termasuk menjadi primadona di kalangan calon-calon mahasiswa baru.

Meski tergolong sekolah Kristen, namun Universitas Kristen Maranatha tetap mempersilakan calon mahasiswa dari segala latar belakang agama untuk mengenyam pendidikan di sini. Salah satu jurusan yang paling banyak diminati adalah jurusan psikologi.

Satu hal yang membuat semangat calon mahasiswa baru merosot berkuliah di sini adalah, biaya pendidikannya relatif lebih tinggi dibandingkan universitas bergengsi lainnya di Bandung. Oleh sebab itu, Universitas Kristen Marantha mendapat label sebagai universitas orang berduit.

7. Universitas Widyatama

Universitas Widyatama

Universitas Widyatama | Foto : festivalwifi(dot)blog(dot)widyatama(dot)ac(dot)id

Pada awal tahun 2015, Universitas Widyatama berhasil mengukir prestasi gemilang. Salah satu perguruan tinggi di Bandung ini, sukses menempati posisi ke 11 dari universitas-universitas terbaik se-Indonesia, berdasarkan data 4ICU. Posisi ini ditempati Universitas Widyatama setelah menggeser kedudukan Universitas Katholik Parahyangan.

Ada banyak sekali fakultas unggulan di Universitas Widyatama. Namun diantara yang banyak itu, fakultas bisnis dan manajemen, serta fakultas ekonomi yang paling banyak peminatnya.

8. UIN Sunan Gunung Djati (UIN SGD)

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

UIN Sunan Gunung Djati Bandung | Foto : keuangan(dot)uinsgd(dot)ac(dot)id

Perguruan tinggi di Bandung terbaik selanjutnya dipegang oleh Univeristas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, atau disingkat dengan nama UIN SGD. Pada awalnya, UIN berupa Institut Agama Islam Negeri atau disingkat dengan nama IAIN. Namun setelah beberapa kebijakan diubah, maka nama IAIN pun ditukar menjadi UIN. Dan, ketetapan ini berlaku di seluruh IAIN yang ada di Indonesia.

Nama Sunan Gunung Djati sendiri diambil dari salah satu nama wali songo. Serti halnya UIN Sultan Syarif Qaism di Pekanbaru atau UIN Sultan Sjarif Hidayatullah di Jakarta. Secara garis besar, UIN SGD memiliki kemiripan dengan sistem pendidikan di UPI. Dari sini, tenaga pengajar yang andal di bidangnya telah banyak dilahirkan.

9. Institut Teknologi Nasional (Itenas)

Institut Teknologi Nasional Bandung

Institut Teknologi Nasional Bandung | Foto : www(dot)itenas(dot)ac(dot)id

Itenas merupakan perguruan tinggi swasta yang bergengsi di Bandung. Kampus ini telah berdiri pada tahun 1972, merangkak-rangkak dalam mencapai berbagai prestasi hingga sekarang keberadaannya mulai diperhitungkan.  Itenas memiliki tiga fakultas meliputi fakultas teknik sipil dan perencanaan, fakultas seni rupa dan desain, dan fakultas teknologi industri.

10. Universitas Pasundan (Unpas)

Universitas Pasundan Bandung

Universitas Pasundan Bandung | Foto : bemunpasbdg(dot)blogspot(dot)com

Universitas Pasundan lahir dari gagasan paguyuban pasundan di tahun 1960. Universitas ini didirikan atas cita-cita bersama yakni mencerdaskan kehidupan dan keejahteraan bangsa Indonesia. Sampai saat ini, Unpas masih termasuk salah satu univeritas terkemuka yang banyak peminatnya. Tidak heran jika Unpas dinobatkan sebagai kampus dengan jumlah mahasiswa terbanyak di wilayah IV Jawa Barat dan Banten.

Demikian ulasan tentang 10 rekomendasi perguruan tinggi di Bandung. Persiapkan diri Anda sekarang juga untuk menjadi bagian dari 10 perguruan tinggi terkemuka tersebut.

Leave a Reply