Bayam 11, Legenda Alat Pesta di Bandung yang Populer

Legenda Alat Pesta di Bandung

Legenda Alat Pesta di Bandung | Foto : alat-alatpestabandung. (blogspot.com)

Legenda alat pesta di Bandung tentunya akan berkaitan dengan jasa penyewaan alat pesta terbesar dan terlama di Kota Bandung. Seperti diketahui, tempat penyewaan alat pesta sebenarnya sangat banyak. Namun tak sedikit pula tempat-tempat tersebut yang tak bisa bertahan. Penyebabnya tentu saja karena kegagalan dalam persaingan.

Satu hal yang unik, dari sekian banyak tempat penyewaan alat pesta di Bandung, hanya beberapa nama saja yang kemudian muncul di permukaan. Hal ini tentu saja menyebabkan beberapa tempat sewa tak pernah berkembang. Hasilnya banyak tempat yang hanya terkenal sebatas di lingkungan tempat tinggalnya.

Alat Pesta di Bayem 11

Alat Pesta di Bayem 11 | Foto : www.bayemsebelas. (com)

Berbeda halnya dengan legenda, jasa penyewaan ini, bukan hanya mampu bertahan lama dalam bidang usahanya, namun juga mampu mengembangkan diri sebagai jasa sewa terbesar, terkenal dan terpercaya. Satu nama yang layak menyandang gelar legenda adalah Bayam 11 yang lokasinya memang berada di Jalan bayam no 11, Bandung.

Berdasarkan sejarahnya, legenda alat pesta di Bandung ini didirikan kurang lebih 60 tahun yang lalu oleh seorang remaja berusia 12 tahun. Modal yang dikeluarkan untuk usaha penyewaan ini di masa lalu hanya sebesar Rp. 50. Meski demikian, jumlah uang sebesar ini termasuk dalam jumlah yang besar di masanya.

Penyewaan Alat Pesta di Bayem 11 Bandung

Penyewaan Alat Pesta di Bayem 11 Bandung | Foto : www.bayemsebelas. (com)

Yang menarik dalam hal ini, tentu bukan jumlah modal yang dikeluarkan. Namun lebih pada kejelian remaja belasan tahun dalam melihat peluang usaha. Kejelian yang kiranya jarang bahkan tak pernah ditemukan pada remaja-remaja sekarang.

Bisa dibayangkan, berapa banyak jasa alat pesta di masa tersebut? Lebih dari itu, jika merunut budaya gotong royong yang masih kental di masanya, jasa alat pesta kiranya merupakan satu usaha yang tak lazim. Bagaimana pun, jasa selalu berkaitan dengan upah atau tarif. Sementara gotong royong akan selalu berkaitan dengan sukarela, tanpa tarif atau biaya. Dua hal yang terkesan kontradiktif inilah yang seharusnya sangat menarik untuk dibahas.

www.bayemsebelas.com

Alat Pesta di Bayem 11 Bandungb | Foto : www.bayemsebelas. (com)

Dari sepintas uraian di atas, tentunya bisa dilihat sebesar apa perjuangan anak belasan tahun dalam menjalankan usaha yang terkesan tak lazim tersebut. Entah sebutan apa yang cocok untuk menyatakan hal ini, aneh, penuh perjuangan, kreatif atau hanya sekadar faktor keberuntungan. Yang jelas, satu hal yang tak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan usaha yang dibangun dari nol hingga terlihat seperti saat ini, Bayam 11 sangat layak mendapatkan gelar legenda alat pesta di Bandung.

3 Comments

  1. Anonymous September 1, 2016
  2. Andi sudrajat October 26, 2016
  3. muhammad akbar November 28, 2016

Leave a Reply