Inilah 10 dari Ratusan Alasan Sekolah di Bandung dari Pelajar Luar Kota

3 Likes Comment
SMA Negeri Bandung

Idealnya, alasan sekolah di Bandung atau di kota mana pun adalah untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Pendidikan yang tinggi seperti ini, tentu saja selalu dijadikan alasan yang kuat untuk mendapatkan pekerjaan yang layak di kemudian hari.

Kerangka berpikir seperti ini, memang tidak sepenuhnya salah namun tidak juga benar. Sebab visi dan misi pendidikan yang benar kenyataannya bukan untuk mencetak tenaga kerja, namun lebih pada menciptakan masyarakat yang memiliki perilaku, pola pikir dan akhlak yang baik.

Namun demikian, lapangan pekerjaan yang ada secara tegas justru menjerumuskan pendidikan Indonesia hanya sebagai jembatan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Hal ini, bisa dilihat dari ketatnya syarat akademik yang diberlakukan untuk para pencari kerja.

Terlepas dari itu semua, tak bisa ditutupi jika Bandung merupakan salah satu tujuan pendidikan terbesar di Indonesia. Banyak alasan yang bisa digunakan saat seseorang memilih Bandung sebagai kota tujuan pendidikannya. Berikut adalah 10 dari ratusan alasan Sekolah di Bandung, baik yang berhubungan langsung dengan kualitas pendidikan mau pun alasan yang terkesan mengada-ada.

1. Banyak Perguruan Tinggi bonafid di Bandung baik negeri mau pun swasta. Hal ini, bisa dikatakan benar, meski tak bisa dipungkiri, banyak juga yang kemudian terjebak pada lembaga-lembaga pendidikan yang pada dasarnya hanya mengantungi izin sekelas kursus atau training.

2. Biaya hidup yang murah mungkin menjadi realitas sosial yang berpengaruh pada pilihan. bagaimana pun biaya adalah variabel utama yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan, termasuk pendidikan.

3. Bandung adalah kota kreatif yang seringkali dijadikan alasan utama agar anak-anak yang dikirim ke Bandung memiliki wawasan dan pola pikir kreatif.

4. Bandung bisa memfasilitasi keinginan seseorang berkaitan dengan pendidikan. Dalam artian, banyak sekali lembaga pendidikan dengan beragam ilmu yang bisa didapat di kota ini. Mulai dari ilmu seni, bisnis, ilmu sosial, kedokteran, hukum, filsafat, pertanian, peternakan dan sebagainya.

5. Iklim dan suasana di Bandung yang sangat kondusif untuk mencari ilmu.

6. Sarana dan prasarana yang lengkap termasuk fasilitas umum.

7. Aksesibilitas yang mudah

8. Sistem pendidikan yang modern

9. Masyarakat yang ramah dan terbuka terhadap pendatang

10. Mudahnya mendapatkan kerja setelah menempuh pendidikan

Selain alasan-alasan di atas, tentu saja banyak alasan  sekolah di Bandung lain yang biasa digunakan seseorang saat memilih untuk sekolah di Bandung.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *