Bandung Pilot Academy, Salah Satu Sekolah Pilot Terbaik di Asia

Bandung Pilot Academy

Bandung Pilot Academy | Foto : bandungpilotacademy. (com)

Bandung Pilot Academy merupakan sekolah pilot di bandung yang telah berdiri sejak 2008 lalu. Lokasinya sangat mudah ditemukan, sebab berada langsung di kawasan Bandara Hussein Sastranegara Bandung, tepatnya  di Jalan Padjadjaran no 129, Bandung.

Sekolah ini memiliki misi utama yaitu menghasilkan pilot profesional juga menjadi pusat pendidikan pilot yang menekankan pada keamanan atau safety procedure serta menjadi pusat pendidikan penerbangan modern di Indonesia.

Syarat

Persyaratan Masuk Bandung Pilot Academy

Persyaratan Masuk Bandung Pilot Academy | Foto : rudesign. (blogspot.com)

Syarat masuk ke sekolah ini sebenarnya sangatlah mudah, peserta hanya diwajibkan memenuhi persyaratan umum seperti batasan umur minimal 17 tahun, minimal lulusan SMA/ sederajat, mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan dokumen yang disyaratkan. yang lebih penting adalah mengikuti dan lulus tes.

Program Studi

Suasana Belajar di Bandung Pilot Academy

Suasana Belajar di Bandung Pilot Academy | Foto : bandungpilotacademy. (com)

Secara umum, program studi di sekolah pilot ini ditujukan untuk mendapatkan 3 lisensi terbang yang terdiri dari PPL, CPL dan IR. PPL adalah Private Pilot Licence yang akan didapat siswa setelah mencapai standar 40-60 jam terbang. CPL adalah Commercial Pilot License yang akan didapat setelah melalui 200 jam terbang. Sementara IR adalah Instrumen Rating yang berupa lisensi tambahan untuk melengkapi CPL. IR bisa didapat jika peserta bisa manambah 20 jam terbang setelah mendapat CPL.

Biaya

Biaya Masuk Bandung Pilot Academy

Biaya Masuk Bandung Pilot Academy | Foto : bandungpilotacademy. (com)

Sebagaimana sekolah penerbangan lain, kadet atau calon pilot di Bandung Pilot Academy memang diharuskan untuk mengeluarkan biaya yang super tinggi. Total biayanya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Informasi terakhir yang didapat, calon pilot yang belajar di sekolah ini diharuskan membayar lebih dari 600 juta rupiah yang bisa dicicil sebanyak 15 kali untuk 3 semester pendidikan. Ada pun pembagian biaya belajar sebagai berikut:

  • 40 % atau Rp. 248.080.000 pada smester 1
  • 40 % atau Rp. 248.080.000 pada smester 2
  • 20 % atau Rp. 124.04.000 pada semester 3

Biaya tersebut tentu saja akan dibayarkan jika peserta lolos dari ujian masuk. Sebagai informasi, biaya di atas pun belum termasuk biaya pendaftaran dan tahapan seleksi berupa tes yang tak bisa dikembalikan jika tak lulus. Karenanya, wajar jika sekolah penerbangan umumnya hanya diminati oleh mereka yang memiliki sumber pendapatan tinggi.

Kelebihan

Metode Pembelajaran di Bandung Pilot Academy

Metode Pembelajaran di Bandung Pilot Academy | Foto : bandungpilotacademy. (com)

Kelebihan utama dari Bandung Pilot Academy ini adalah sudah memiliki akreditasi penuh (CASR 14). Selain itu, sekolah pilot ini memiliki pesawat terbaru sekelas c 172 S-SP (G.100) dengan area latihan yang sangat banyak dan instruktur bersertifikasi ATPL. Untuk informasi lebih lanjut,  sebaiknya hubungi langsung kantor pusatnya dengan alamat di atas.

Leave a Reply