Anak Sekolahan? Harus Tahu Nih Trayek Bus Sekolah di Bandung

Trayek Bus Sekolah di Bandung

Trayek Bus Sekolah di Bandung | Foto : infobandung.co.id

Trayek bus sekolah di Bandung telah diluncurkan untuk 10 unit bus. Proyek ini bisa dikatakan sebagai kelanjutan dari proyek percontohan sebelumnya yang menggunakan bus DAMRI. Dalam proyek lalu, pemerintah kota menjamin tarif gratis untuk pelajar pengguna bus untuk hari senin.

Pada hari Selasa (7/10) kemarin, pelajar Bandung kembali dimanjakan dengan 10 bus berwarna kuning yang kini melintas di beberapa wilayah kota Bandung. Bus khusus pelajar ini disediakan pemkot dengan dua rute dan tiga waktu operasional.

Rute Bus Sekolah

Rute Bus Sekolah | Foto : www.heibogor.com

Rute pertama disebut BS 01, rute ini bisa dilihat di pintu depan bus. BS 01 ini, melayani rute Antapani-Ledeng dan Ledeng-Antapani.

Rute Antapani-Ledeng dimulai dari Terminal Antapani, melaju ke Jalan Terusan Jakarta menuju Jalan Supratman. Dari Jalan Supratman berbelok ke Taman Pramuka melalui Jalan RE Martadinata (Riau) menuju Jalan Merdeka. Dari Jalan Merdeka BS 01 memasuki Jalan Wastukencana, menyusuri Jalan Pajajaran menuju Cipaganti. Dari Cipaganti BS 01 akan melintasi Setiabudhi sebelum berakhir di Terminal Ledeng.

Bis Sekolah Rute 1 Antapani - Ledeng

Bis Sekolah Rute 1 Antapani – Ledeng | Foto : www.klik-galamedia.com

Sementara dari terminal Ledeng, trayek bus sekolah di Bandung ini akan melalui Jalan Setiabudhi menuju Cihampelas. Dari Cihampelas berbelok ke arah Wastukancana menuju RE Martadinata. Di ujung Jalan RE Martadinata, BS 01 berbelok ke kiri, menelusuri Jalan Ahmad Yani dan berbelok di Jalan Ibrahim Aji (Terusan Kiara Condong). Di perempatan kiara Condong, BS 01 belok ke kiri masuk ke pintu gerbang Antapani di Jalan Terusan Jakarta sebelum berakhir di Terminal Antapani.

Rute kedua yang disebut BS 02, melayani Dago-Leuwi Panjang dan Leuwi Panjang-Dago. Dari Dago, BS 02 berawal di Terminal Dago meluncur ke Jalan Ir. H Juanda dan Merdeka. Dari merdeka, BS 02 berbelok ke jalan Tamblong menuju Lembong, Lengkong Besar, Lengkong Kecil. Dari Lengkong Kecil bus ini melintasi Jalan Ibu Inggit Ganarsih menuju Oto Iskandar Dinata dan bertemu di Jalan Peta sebelum berakhir di Terminal Leuwi Panjang.

Bus Sekolah di Bandung

Bus Sekolah Rute 02 Dago – Leuwipanjang | Foto : www.klik-galamedia.com

Sementara dari Terminal Leuwi Panjang BS 02 akan melalui Jalan Peta dan berbelok di Mohaman Ramdan.dari Mohamad Ramdan BS 01 akan melintasi Karapitan menuju Jalan Sunda, Sumbawa, Belitung, Sumatera, Aceh dan Seram. Lalu melintasi Jalan RE Martadinata dan berbelok di Jalan Ir. H. Juanda menuju Terminal Dago sebagai pemberhentian akhir.

Trayek bus sekolah di Bandung ini hanya berlaku untuk semua pelajar yang menggunakan seragam sekolah. Daya tampungnya maksimal 60 orang dengan perhitungan 30 rang duduk dan 30 lainnya berdiri. Pemkot sendiri bercita-cita bahwa dalam waktu yang dekat 100 bus sekolah bisa melayani pelajar di seluruh kota Bandung. Bukan hanya itu, rencananya bus ini pun akan dipasangi wi-fi sebagai bentuk dari fasilitas sekaligus kreatifitas.

Leave a Reply