Bersiaplah! Pusat Kota Bandung Akan Dipindah Ke Bandung Timur

Pusat Kota Bandung

Pusat Kota Bandung | Foto : bandung.bisnis.com

Pusat kota Bandung akan dipindah ke Bandung Timur, benarkah demikian? Jika pertanyaan ini ditujukan pada warga bandung, mungkin sebagian besar akan langsung menyangkalnya. Beragam alasan pun mungkin akan dikemukakan dalam penyangkalan tersebut. Namun, jika ditujukan pada Pemerintah Kota Bandung, maka pertanyaan tersebut seketika akan berubah menjadi pernyataan.

Alasan utamanya, tentu saja berkaitan dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kota Bandung yang didalamnya memuat rencana pemindahan Pusat Kota ke Bandung Timur. Ada pun wilayah yang direncanakan sebagai pemindahan Pusat Kota ini adalah Gedebage.

www.kaskus.co.id

www.kaskus.co.id | Foto : kaskus.co.id

Dalam kacamata pemerintahan, rencana pemindahan ini bisa dianggap sebagai langkah strategis untuk memeratakan pembangunan. Kenyataan yang ada saat ini, pembangunan yang terjadi memang selalu memusat.Dengan kata lain, hanya pusat kotalah yang lebih besar merasakan dampak dari pembangunan tersebut. Untuk itulah, wacana pusat Kota Bandung akan dipindah ke Bandung Timur saat ini terus digadang-gadangkan.

Ketimpangan pembangunan seperti ini, tentunya akan lebih banyak memancing mobilitas penduduk dari area pesisir untuk masuk ke pusat kota. Sebagaimana diketahui, wilayah pusat lebih banyak dikunjungi sebagai area komersil.

Salah satu Sudut Pusat Kota Bandung

Salah satu Sudut Pusat Kota Bandung | Foto : infopublik.kominfo.go.id

Dengan kata lain, penduduk yang masuk ke pusat kota, biasanya akan banyak mengeluarkan pendapatannya untuk belanja. Dalam kacamata ekonomi, keadaan seperti ini akan berdampak pada tingginya peredaran atau perputaran uang. Yang pada taham selanjutnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di pusat kota.

Keadaan seperti ini tentu saja bukan hanya menunjukkan ketidakmerataan pembangunan. Seperti yang telah diulas di atas, ketimpangan ekonomi pun kiranya akan terasa semakin jelas. Jika hal tersebut terus dibiarkan, tanpa disadari akan terjadi pengelompokkan kelas pada masyarakat Bandung.

Salah Satu Tempat Berkegiatan Ekonomi di Gedebage Bandung

Salah Satu Tempat Berkegiatan Ekonomi di Gedebage Bandung | Foto : zulwiyozaputra.wordpress.com

Dalam tataran ekonomi saat ini yang cenderung bersifat kapitalis, pengelompokkan seperti ini tentunya akan membahayakan. Bukan tak mungkin jika di kemudian hari kelas-kelas elit atau sejahtera akan mengeksploitasi kelas di bawahnya.

Lebih parah lagi jika pengelompokan seperti ini dikaitkan dengan wilayah di mana wilayah yang lebih maju akan mengeksploitasi wiayah di bawahnya. Jika hal ini terjadi, maka kecemburuan sosial hingga perpecahan kiranya akan menjadi masalah yang sangat serius.

Lalu, kapan pusat kota Bandung akan dipindah ke Bandung Timur? Berdasarkan rencana tahun 2015 ke depan, akan dibangun beragam sarana dan prasarana, termasuk pekantoran di wilayah Gedebage.

Leave a Reply