Mesjid Terapung di Kota Bandung Akan Segera Hadir

Mesjid Terapung di Kota Bandung

Mesjid Terapung di Kota Bandung | Foto : regional.kompas.com

Mesjid terapung di Kota Bandung, istilah ini mungkin akan mengingatkan kita pada pasar terapung (floating market) yang ada di Lembang. Istilah terapung pun, pastinya mengarahkan kerangka pemikiran pada bangunan yang mengambang atau mengapung di atas danau.

Namun, seperti diketahui danau yang ada di kota Bandung telah habis sepenuhnya. Terlebih, lahan kosong di Kota Bandung, saat ini sangat sulit ditemukan. karenanya, untuk membuat danau buatan pun kiranya akan sangat sulit. Maka, pertanyaan terbesar yang kemudian keluar, kira-kira di mana letak mesjid terapung ini?

Danau Buatan dan Mesjid Terapung

Danau Buatan untuk Mesjid Terapung

Danau Buatan untuk Mesjid Terapung | Foto : klik-galamedia.com

Berdasarkan rencana, Pemerintahan kota dan pemerintahan Provinsi Jawa Barat, telah mencanangkan Gede Bage sebagai pusat pertumbuhan kota Bandung di masa mendatang. Bukan hanya pusat pertumbuhan, namun Gedebage benar-benar akan menjadi pusat kota Bandung beberapa tahun ke depan.

Dalam kerjasamanya, Pemkot dan Pemprov telah menyepakati untuk membuat danau buatan di kawasan Bandung Timur itu. DSi danau buatan inilah, mesjid terapung di Kota Bandung akan berdiri dan menjadi ikon sekaligus mesjid terbesar di pusat kota Bandung masa depan ini.

Rancangan Mesjid

Rancangan Mesjid Terapung

Rancangan Mesjid Terapung | Foto : www.tumblr.com

Sebagai arsitektur terkenal, Ridwan Kamil yang juga menjabat sebagai walikota Bandung ini telah meluncurkan dua buah gambar mesjid. Kedua gambar tersebut telah dipublish ke media-media sosial beberapa bulan ke belakang untuk dinilai warga Bandung.

Gambaran yang terdri dari satu rancangan tersebut, memperlihatkan penampakkan mesjid yang terihat dari dua arah. Satu arah menunjukkan mesjid yang ada di atas air, satunya lagi menunjukkan penampakkan mesjid yang terlihat dari halamannya.

Kubah Mesjid Terapung Bandung

Kubah Mesjid Terapung Bandung | Foto : klik-galamedia.com

Dari kedua gambar tersebut, terlihat bahwa mesjid terapung ini bentuknya mirip kubah dedesain modern. Halaman mesjid yang sangat luas dan lapang pun seolah memang ditujukan sebagai area ibadah jika sewaktu-waktu mesjid tak mampu menampung umat. Keadaan seperti ini, sudah biasa terjadi pada peribadatan di hari jum’at atau bulan ramadhan dan hari raya.

Apa pun itu, keberadaan mesjid terapung di kota Bandung tetap harus didukung hingga direalisasikannya nanti. Bagaimana pun mesjid terapung ini mungkin merupakan satu-satunya yang ada di Jawa Barat. Karenanya keberadaan mesjid ini bagi Kota Bandung, tentunya akan mempercantik wajah kota sekaligus memberikan kebanggaan bagi warganya. Namun, yang lebih utama dari semua itu, keberadaan mesjid yang bisa dibanggakan ini, diharap bisa menambah keimanan bagi segenap warga Bandung.

Leave a Reply