Mengintip Kota Bandung Di ketinggian Menara Mesjid Raya Bandung

Menara Mesjid Raya Bandung

Menara Mesjid Raya Bandung | Foto : infobdg.com

Menara Mesjid Raya Bandung adalah dua menara kembar yang terletak di sisi kiri dan kanan depan mesjid. Atau berada di sudut utara dan selatan arah mata angin. Mesjid Raya Bandung sendiri, dulu dikenal dengan nama Mesjid Agung. Nama itu sebenarnya masih melekat sebagai sebutan warga untuk mesjid kebanggaannya ini.

Memasuki mesjid ini, kita akan disuguhi suasana yang kontras dengan hiruk pikuk atau keramaian di luar. Begitu pun dengan suhunya yang sangat sejuk meski tanpa pendingin ruangan.

Mesjid Raya Bandung

Mesjid Raya Bandung | Foto : bandung.jacktour.com

Di area mesjid, kita pun akan melihat pos penjagaan yang juga berfungsi sebagai tiket box menuju menara. Di pos tersebut, kita diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp. 3000 untuk bisa naik ke puncak menara. Retribusi sebesar ini kiranya wajar, mengingat lift yang digunakan sebagai transportasi utama menuju menara membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi.

Meski lokasinya berada di dalam area mesjid,  menara Mesjid Raya Bandung yang buka setiap hari ini sebenarnya berlaku untuk umum. Hal itu terbukti dari banyaknya turis asing yang berada di puncak menara. Namun demikian ada aturan unik yang diberlakukan.

Kunjungan Menara Mesjid Raya Bandung

Kunjungan Menara Mesjid Raya Bandung | Foto : skyscrapercity.com

Setiap hari Senin-Jumat, menara hanya beroperasi dan melayani kunjungan secara berkelompok atau rombongan. Artinya jika berniat menaiki menara pada hari tersebut tanpa rombongan, pengunjung harus rela menunggu pengunjung yang lain hingga batas yang diberlakukan.

Di atas menara, pengunjung bisa melihat seperti apa panorama kota Bandung yang sebenarnya. gedung-gedung dan pemukiman warga tampak memadati hampir seluruh lahan di kota Bandung. Sejauh mata memandang, hanya bangunan-bangunanlah yang terlihat.

Pemandangan dari Menara Mesjid Raya Bandung

Pemandangan dari Menara Mesjid Raya Bandung | Foto : tribunnews.com

Di sekitaran menara, terlihat jelas bangunan atau pusat-pusat komersil, mulai dari BRI Tower sebagai gedung pencakar langit pertama di Kota Bandung, hingga pertokoan di sebelah selatan atau tepat di samping kanan Mesjid.

Suasana menara sendiri sedikit berbeda dengan suasana mesjid yang sepi, hening dan nyaman sekali pun ramai. Di menara, kesan jaim yang nampak di area peribadatan seolah hilang begitu saja. Canda tawa, hingga ketakjuban adalah suasana yang viasa dilihat di menara Mesjid Raya Bandung. Belum lagi kegiatan selfie yang dilakukan oleh hampir semua pengunjung. Tertarik untuk melihat dan menikmati panorama ketinggian Kota Bandung di tempat ini?

Leave a Reply