Suka Naik Pesawat? Yuk Cari Tahu tentang Landasan Udara di Bandung!

Landasan Udara di Kota Bandung

Landasan Udara di Kota Bandung | Foto : brillianisa.blogspot.com

Landasan udara di Bandung, mungkin akan menjadi hal penting dalam kaca mata transportasi. Terutama di era modern ini, di mana transportasi udara telah mengalami kemajuan yang sangat pesat dari berbagai segi.

Termasuk di dalamnya tiket pesawat yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan masa lalu. Keadaan seperti ini, tentunya membuat transportasi udara semakin diminati sebagai moda transportasi yang cepat. Atas dasar ini juga landasan udara bisa dianggap sebagai salah satu sarana vital bagi perkembangan kota.

Landasan Udara di Bandung

Landasan Udara di Bandung | Foto : bagusrully.wordpress.com

Sebagai kota kecil yang dikelilingi gunung, Bandung menjadi unik karena keberadaan landasan udaranya. Jika kebanyakan landasan udara berada tak jauh dari pantai atau laut sebagai evakuasi alami, maka landasan udara di Bandung berada di antara pegunungan. Hal ini sedikitnya berpengaruh pada aktivitas penerbangan.

Keunikan lain dari landasan udara yang ada di Kota Kembang ini adalah letaknya yang berada di tengah-tengah aktivitas peduduk. Bayangkan saja Bandara yang dikelilingi oleh beragam fasilitas seperti pemukiman, pekantoran hingga komersil. Letaknya yang seperti inilah yang justru memberikan keunikan tersendiri.  Untuk lebih mengenal apa dan seperti apa landasan udara di kota yang unik ini, berikut adalah ulasannya.

1. Landasan Udara Hussein Sastranegara

Landasan Udara Hussein Sastranegara

Landasan Udara Hussein Sastranegara | Foto : industri.kontan.co.id

Lebih dikenal sebagai Bandara Hussein Sastranegara yang berfungsi sebagai landasan udara pesawat komersil dengan skala internasional. Kendati berskala internasional, landasan pacunya terbilang pendek. Pendeknya landasan pacu tersebut, membuat pesawat harus langsung memacu gas dan mengangkat hidung saat lepas landas.

Pengalaman seperti ini mungkin tak akan didapat dari landasan udara lain yang memiliki landasan pacu lebih panjang, di mana pesawat akan merayap perlahan sebelum mencapai kecepatan maksimal untuk bisa terbang.

2. Landasan Udara Sulaiman

Landasan Udara Sulaiman

Landasan Udara Sulaiman | Foto : aprizallumowa.blogspot.com

Biasa disebut sebagai Lanud Sulaiman, berada di wilayah Kopo, Bandung. Lanud Sulaiman dikenal juga sebagai Lanud militer dan berada di kompleks TNI AU. Karenanya, landasan udara ini lebih ditujukan untuk aktifitas kedirgantaraan yang berbau militer, semisal latihan terbang, latihan terjun payung dan seterusnya.

Dua landasan udara di Bandung tersebut, merupakan potensi besar yang dimiliki Ibu Kota Jawa Barat ini. Karenanya wajar jika pembangunan dan perkembangan Kota Bandung bisa dikatakan lebih maju dari wilayah lainnya yang ada di Jawa Barat. Bagaimana pun, keberadaan bandara atau landasan udara selalu memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di satu tempat.

Leave a Reply