Pembangunan Monorel di Bandung Direncanakan Tahun 2015 Mendatang

Pembangunan Monorel

Pembangunan Monorel | Foto : frontroll.com

Rencana pembangunan monorel. Bandung dikenal sebagai kota tujuan wisata yang ada di Jawa Barat. Banyak tempat di Bandung yang bisa dijadikan tujuan wisata mengasyikan bagi para wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota. Hal ini tentu menimbulkan beberapa masalah yang terjadi di Kota Bandung, salah satunya adalah kemacetan.

Bandung yang merupakan tujuan wisata di Jawa Barat, membuat kota ini tidak pernah sepi wisatawan dari luar kota. Banyak wisatawan yang datang ke Bandung menggunakan kendaraan pribadinya, terutama wisatawan dari Jakarta yang hanya dengan menempuh perjalanan 2 jam. Ini yang kemudian menyebabkan beberapa ruas jalan di Kota Bandung menjadi macet.

Kemacetan seolah tidak bisa dipisahkan dari kota yang memiliki tagline Bandung Juara ini. Sejumlah solusi terus digencarkan oleh pihak pemkot yang didukung oleh masyarakat Kota Bandung. Salah satu solusi yang diupayakan dalam waktu dekat ini adalah dibangunnya monorel di Bandung. Rencananya, monorel ini akan mulai dibangun pada awal tahun depan.

Menurut Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, rencana pembangunan monorel di Bandung ini akan diusahakan dilaksanakan di tahun 2015. Emil, sapaan akrab walikota Bandung ini juga menambahkan, pembangunan monorel ini dilaksanakan untuk menjadi solusi kemacetan di Kota Bandung yang semakin hari semakin meningkat.

Rencana pembangunan monorel di Bandung sendiri disambut antusias oleh warga Bandung. Sejumlah warga mengeluhkan banyaknya kendaraan luar kota saat weekend di Kota Bandung turut serta menyebabkan kemacetan di Bandung. Oleh karena itu, dengan adanya rencana pembangunan monorel ini, diharapkan kemacetan akan bisa dikurangi dan wisatawan pun ikut mendukung pengurangan kemacetan di Bandung dengan menggunakan transportasi umum, termasuk monorel ini.

Saat ini, pemerintah Kota Bandung telah melelang pembangunan monorel tahap pertama. Pemenang lelang pembangunan akan dipilih dalam waktu dekat. Menurut Kang Emil, pemenang pelelangan monorel ini dipilih yang memiliki modal dan teknologi canggih supaya target pembangunan monorel ini bisa terlaksana di awal tahun 2015 mendatang.

Hal ini tentu bisa menjadi alternative bagi wisatawan di Kota Bandung. Tidak perlu lagi pusing-pusing mencari alat transportasi yang menyesakkan ketika berwisata di Bandung, monorel akan menambah keseruan ketika berwisata di kota kembang ini.

Leave a Reply