Ini Dia Beragam Nama Julukan Bandung yang Harus Diketahui

Nama Julukan Bandung

Nama Julukan Bandung | Foto : dejulogy.wordpress.com

Berbicara tentang Bandung memang tak akan ada habisnya, termasuk juga membicarakan nama julukan Bandung yang didapat dari beragam masalah dan peristiwa. Sebagai kota, nama julukan yang disematkan pada Bandung tentunya menjadi citra atau sudut pandang masyarakat terhadap kota ini. Seperti apa nama atau julukan yang disematkan pada kota Bandung tersebut? Mari kita simak ulasan berikut.

Bandung Kota Kembang

Bandung Kota Kembang

Bandung Kota Kembang | Foto : fandy-hutari.blogspot.com

Bandung Kota Kembang, julukan ini telah lama disematkan pada kota Bandung yang di masa lalu memang dipenuhi dengan bunga-bunga atau kembang. Julukan seperti ini bukan tanpa alasan, alasan yang paling tepat kiranya berkaitan dengan banyaknya pembangunan taman di kota Bandung di awal perkembangannya di masa kolonial dulu.

Hal ini wajar, mengingat Bandung di masa lalu memang dibangun untuk menjadi kota peristirahatan para Gubernur Jendral Hindia Belanda. Sebagai kota peristirahatan, tentunya keadaan kota harus dibuat seindah dan senyaman mungkin. Itu juga sebabnya mengapa banyak taman-taman kecil di Kota Bandung.

Di samping itu, ada juga yang mengasosiasikan kembang menjadi nama julukan Bandung dengan kecantikan gadis-gadis Bandung. Hal ini pun tentunya disertai dengan alasan yang kuat, bahwa gadis Bandung memang terkenal dengan kecantikannya. Bukan hanya di tanah Parahyangan, namun juga di Pulau Jawa.

Parisj Van Java

Bandung Parisj Van Java

Bandung Parisj Van Java | Foto : www.deal.com.sg

Kota Paris di Pulau Jawa, kesannya mungkin terlalu berlebihan. Namun jika menelusuri sejarah masa lalu, penamaan ini sangat beralasan. Alasan yang paling kuat bukan hanya pada kesamaan iklim, tata kota, model/bentuk kota atau arsitektur seperti halnya konsep sister city saat ini. Namun, lebih pada sejarah bahwa Bandung di masa lalu berperan juga sebagai pusat perkembangan mode/fashion dunia. Berdasarkan banyak literatur, apa yang menjadi trend di Paris saat itu, dengan segera akan menjadi trend juga di kota Bandung.

Bandung Kota Macet

Bandung Kota Macet

Bandung Kota Macet | Foto : bandung.bisnis.com

Julukan ini hadir di era millenium. Alasan utamanya adalah jalanan Bandung yang selalu macet terutama saat jam berangkat dan pulang kerja atau di akhir pekan. Di sisi lain, ada juga yang menyebut bahwa Keadaan seperti ini bisa digunakan sebagai parameter pengukur tingkat kesejahteraan masyarakat yang ditandai dengan banyaknya kepemilikan kendaraan baik sepeda motor atau mobil.

Bandung Kota Sampah

Sampah di Bandung

Sampah di Bandung | Foto : www.kaskus.co.id

Warga Bandung memang tak bisa dan tak boleh menutup mata pada stigma ini. Julukan ini mulai hadir di awal millenium dengan menumpuknya sampah di setiap sudut kota. Satu pemicu yang paling utama atas stigma ini adalah longsornya Leuwi Gajah sebagai Tempat pembuangan akhir sampah Bandung. Longsornya TPA ini, secara langsung berdampak pada penutupan Leuwi Gajah yang menyebabkan sampah-sampah di kota Bandung dibiarkan begitu saja. Di samping itu, peningkatan sampah di kota Bandung didongkrak juga dengan meningkatnya arus wisatawan yang masuk ke Kota ini. Sebuah kewajaran juga jika masalah ini berkaitan dengan julukan bandung sebagai kota wisata.

Bandung Kota Tentara

Bandung Kota Tentara

Bandung Kota Tentara | Foto : www.tempo.co

Nama Julukan Bandung ini kiranya hanya diberikan oleh beberapa orang yang jeli memperhatikan kota Bandung. Hal ini memang sesuai fakta, bahwa Bandung memang dipenuhi oleh kompleks tentara, mulai dari gerbang masuk, pesisir hingga di tengah kota. Tertarik untuk membuktian? Datang saja ke Bandung lalu catat berapa banyak kompleks dan markas tentara yang ada di kota Bandung.

Leave a Reply