Kelestarian Hutan Babakan Siliwangi Bandung

Hutan Babakan Siliwangi Bandung

Hutan Babakan Siliwangi Bandung | Foto : www.infobdg.com

Hutan Babakan Siliwangi Bandung. Hutan memiliki peranan penting bagi Kelangsungan hidup manusia. Banyak peran penting dari hutan untuk kehidupan, seperti penghasil oksigen, tempat berlangsungnya kehidupan flora dan fauna, dan masih banyak lagi. Dengan adanya hutan, pasokan air disaat musim kemarau pun tidak akan mengalami kekeringan.

Namun, sejak tahun 1985 hingga 1997, Indonesia nyatanya telah banyak kehilangan hutan-hutan yang ada di sekitar. Bahkan, berdasarkan perhitungan badan kehutanan, Indonesia setiap tahunnya kehilangan hutan seluas 1,5 juta hektar. Sebagian besar pengurangan lahan hutan ini diakibatkan oleh adanya campur tangan manusia.

Tidak banyak memang orang yang masih peduli akan kelestarian hutan. Tapi beruntung, masyarakat Bandung masih peduli akan kelestarian hutan yang ada di sekitarnya. Di antara banyaknya mall dan tempat-tempat wisata di Kota Bandung, ada banyak masyarakat yang memilih berwisata di hutan-hutan kota di kota kembang ini, seperti di Hutan Babakan Siliwangi Bandung.

Pengunjung yang kerap datang ke hutan kota ini mengatakan, keberadaan hutan kota ini cukup penting peranannya. Selain sebagai paru-paru Kota Bandung, Hutan Kota Babakan Siliwangi Bandung ini juga menjadi salah satu alternatif wisata Bandung yang variatif.

Tentu hal tersebut juga membutuhkan perawatan serta kesadaran dari para pengunjung Baksil (Babakan Siliwangi) sendiri. Sejumlah permasalahn kerap mewarnai kelestarian hutan kota tersebut, salah satunya sampah. Banyaknya sampah yang bercecer di kawasan hutan kota ini membuat pemandangan buruk dari hutan tersebut. Selain itu, banyaknya tangan-tangan jahil yang mencorat-coret, merusak fasilitas yang ada di Hutan Kota Babakan Siliwangi ini menjadi suatu permasalahan yang perlu diperhatikan oleh seluruh masyarakat.

Hutan kota yang memiliki luas 3,8 hektar ini terletak di jantung Kota Bandung. Sejak zaman Belanda, kawasan Babak Siliwangi ini dikenal sebagai kawasan hijau Kota Bandung. Bahkan, di zaman penjajahan Jepang, kawasan ini sempat direncanakan akan dibangun sebuah museum, namun tidak sempat terealisasikan.

Kini, Hutan Babakan Siliwangi Bandung menjadi salah satu wisata hutan kota yang mudah diakses oleh para pengunjung. Selain sebagai paru-paru kota, Hutan Babakan Siliwangi ini menjadi sebuah tempat yang menyenangkan untuk berekreasi dengan nuansa berbeda sambil menghirup udara segar di tengah Kota Bandung.

Leave a Reply