Yuk Wisata Edukasi ke Museum Mandala Siliwangi Bandung!

Museum Mandala Siliwangi Bandung

Museum Mandala Siliwangi Bandung | Foto : historicalofbuilding.blogspot.com

Pernahkah Anda berkunjung ke Museum Mandala Siliwangi Bandung? Museum ini merupakan salah satu museum yang membawa pengunjungnya ke zaman kerajaan Padjajaran. Seperti apa museum Mandala Wangsit ini? Mari simak informasinya berikut.

Yuk Wisata Edukasi ke Museum Mandala Siliwangi Bandung!

Arti Kata Wangsit Mandala Siliwangi

Lokasi Museum Mandala Siliwangi Bandung

Lokasi Museum Mandala Siliwangi Bandung | Foto : www.disparbud.jabarprov.go.id

Tahukah Anda arti dari kata Mandala Siliwangi? Mandala diambil dari istilah Mandala Wangsit yaitu sebuah tempat yang dipakai untuk menyimpan petuah, nasihat, atau amanat dari pejuan kepada generasi berikutnya. Amanat ini berupa benda-benda yang telah ditinggalkan.

Siliwangi sendiri adalah seorang raja dari Kerajaan Padjajaran yang mempunyai kekuasaan absolute. Raja Siliwangi ini mempunyai sifat yang berwibawa, arif bijaksanna, dan mampu meluluhkan rakyat maupun musuhnya. Museum Mandala Siliwangi sendiri adalah sebuha museum yang berisi senjata-senjata yang digunakan pada zaman dulu.

Sejarah Museum Wangsit Mandala Siliwangi Bandung

Sejarah Museum Mandala Siliwangi Bandung

Sejarah Museum Mandala Siliwangi Bandung | Foto : portal.mbandung.com

Museum ini berada di sebuah bangunan yang dibuat sekitar tahu 1910-1915 pada masa pemerintahan Belanda. Pada waktu itu, bangunan ini digunakan sebagai tempat tinggal perwira-perwira Belanda. Namun, ketika Indonesia sudah merdeka, bangunan ini digunakan untuk markas Diusisi Siliwangi pada tahun 1949-1950.

Bangunan Bersejarah Museum Mandala Siliwangi Bandung

Bangunan Bersejarah Museum Mandala Siliwangi Bandung | Foto : historicalofbuilding.blogspot.com

Tanggal 23 Mei 1966 kemudian bangunan dengan luas 1.674 meter persegi ini secara resmi dijadikan sebagai Museum Wangsit Mandala Siliwangi. Peresmiannya dilakukan oleh Panglima Divisi Siliwang ke-8 yaitu Kolonel Ibrahim Adjie. Tahun 1979 dibangunlah gedung baru yang mempunyai 2 tingkat. Peresmiannya pada tanggal 10 November 1980 oleh Mayjen Yoha Sugama. Prasastinya ditandatangani oleh presiden pada waktu itu yaitu Soeharto.

Isi dan Lokasi Museum Mandala Siliwangi di Bandung

Koleksi Museum Mandala Siliwangi Bandung

Koleksi Museum Mandala Siliwangi Bandung | Foto : www.jotravelguide.com

Di museum Mandala Siliwangi ini, ada banyak benda bersejarah yang digunakan oleh Kodam Siliwangi. Senjata yang ada di sini antara lain keris, panah, tombak, bom Molotov, hingga senjata-senjata modern seperi panser, meriam, kendaraan yang dilapisi baja, dan sebagainya.

Lokasi Museum Mandala Siliwangi

Lokasi Museum Mandala Siliwangi | Foto : arungi.selatsunda.co.id

Lalu di mana lokasi museum Mandala Siliwangi Bandung ini? Lokasi Museum Mandala Siliwangi ini aa di jalan Lembong, Bandung. Nama jalan Lembong ini dimabil dari nama seorang Letnan yaitu Letkol Lembong. Ia adalah seorang prajurit Siliwangi yang jadi korban peristiwa kudeta APRA (Angkatan Perang Ratu Adil). Sebelum diganti menjadi jalan Lembong, nama jalan ini adalah Oude Hospitaalweg.

Itulah informasi tentang Museum Mandala Siliwangi Bandung. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika berminat ke museum ini, ajaklah anak agar mereka bisa menghargai sejarah. Selamat berkunjung.

Add Comment