Kopi Gesang, Cafe Bandung Utara Yang Sangat Khas

Cafe Bandung Utara

Cafe Bandung Utara | Foto : www.infobdg.com

Kopi Gesang, itulah nama cafe Bandung Utara yang mempunyai tampilan sangat khas dan unik. Penamaan Gesang sendiri akan mengingkatkan kita pada nama seorang tokoh pencipta sebuah lagu keroncong legendaris berjudul Bengawan Solo. Namun nama Gesang di sini punya makna yang agak berbeda meski tetap bisa dikatakan sama.

Kopi Gesang, Cafe Bandung Utara Yang Sangat Khas

Keunikan Layanan Kedai Gesang

Kedai Kopi di Bandung

Kedai Kopi di Bandung | Foto : bandung.panduanwisata.com

Sebenarnya Gesang merupakan sebuah kata yang mengandung arti hidup. Oleh kedai atau café tersebut, kata ini lalu diwujudkan dalam satu sajian minuman kopi yang dihidangkan dengan cara yang sangat unik.

Ketika disajikan pada pengunjung, minuman kopi yang telah ditaruh dalam gelas akan disertai dengan batu arang yang masih dalam keadaan menyala atau berbentuk bara. Selanjutnya ketika berada di hadapan pemesan, pelayan akan memasukan bara tersebut ke dalam minuman kopi dan akan menimbulkan sensasi tersendiri.

Kopi Gesang Bandung

Kopi Gesang Bandung | Foto : www.made-in-china.com

Saat dimasukan, bara tersebut akan mengeluarkan suara khas joss….!. Namun bukan di situ saja letak keunikannya. Aroma dan rasa kopi akan menjadi lebih hangat dan nikmat ketika diminum. Selain itu memunculkan ciri yang sangat berbeda dibanding coffee shop lainnya, penyajian kopi bersama batu arang atau bara yang masih menyala ini juga punya tujuan yang lebih khusus.

Kopi Joss

Kopi Joss | Foto : myhotelmyresort.com

Penggunaan batu arang membuat kandungan kafein yang ada di kopi jadi terikat dalam arang itu, sehingga tidak menimbulkan efek merugikan bagi kesehatan. Selain itu ampas maupun tingkat keasaman kopi bisa jauh berkurang.

Jenis Kopi yang Disajikan dan Harganya

Jenis Kopi

Jenis Kopi | Foto : www.okefood.com

Sesuai dengan namanya, Coffe shop atau cafe Bandung Utara yang ada di Jalan Cemara 58B ini menyediakan minuman kopi sebagai bentuk layanan utamanya. Kopi yang ditawarkan terdiri dari 14 macam yang berasal dari jenis Robusta dan Arabika.

Semuanya merupakan produk asli negeri sendiri dan berasal dari beberapa daerah yang berlainan seperti Jawa, Ternate, Bali, Aceh, Lampung, Bengkulu dan lainnya. Jadi masing-masing punya aroma serta cita rasa yang berbeda-beda meski cara penyajiannya tetap sama-sama nikmat.

Aroma Kopi

Aroma Kopi | Foto : nekopibali.blogspot.com

Untuk masalah harga, terbilang sangat murah hanya 15 ribu rupiah satu per satu gelas minuman. Hanya saja harga ini hanya berlaku untuk pengunjung yang berjenis kelamin pria. Sementara itu untuk pelanggan wanita akan mendapat penawaran harga yang lebih murah yaitu 10 ribu rupiah.

Lalu untuk yang datang berpasangan atau couple, dipatok dengan harga 23 rupiah per dua gelas. Dengan menikmati minuman kopi di cafe Bandung utara ini, secara tidak langsung kita juga ikut melestarikan budaya warisan leluhur bangsa Indonesia.

Leave a Reply