Cafe Arisan Bandung, Antara Gaya Hidup dan Eksistensi

Cafe Arisan Bandung

Cafe Arisan Bandung | Foto : www.bandungview.info

Pada umumnya, setiap cafe di Bandung bisa dimanfaatkan sebagai cafe arisan Bandung. maksudnya adalah, cafe dijadikan sarana pertemuan untuk ke.giatan arisan. Arisan sendiri dalam tataran ilmu sosial adalah bentuk hubungan paguyuban, di mana setiap anggota dalam kelompok terikat oleh sistem dan nilai yang berlaku. Denan kata lain setiap anggota kelompok umumnya memiliki visi yang sama.

Dalam arisan, banyak sekali visi yang bisa dilihat, semisal perekatan tali silaturahmi, solidaritas dan sebagainya. Di samping juga menjadi sarana aktualisasi diri. Dengan arisan anggota kelompok bisa saling menukar informasi, tentang segala hal. Bahkan, lewat arisan juga banyak kegiatan-kegiatan bertema sosial yang terbentuk.

Cafe Arisan Bandung, Antara Gaya Hidup dan Eksistensi

Di masa lalu, arisan hanya dianggap sebagai metode tradisional untuk menabung dan membantu sesama. Di masa kini, arisan lebih merujuk pada eksistensi dalam pergaulan. Salah satu upaya untuk mewujudkan eksistensi tersebut adalah mengunjungi cafe. Siapa pun tahu, bahwa mengunjungi cafe telah menjadi bagian dari budaya populer yang berhubungan dengan eksistensi pergaulan. Singkatnya, mengunjungi cafe sudah dianggap sebagai gaya hidup. Hal ini berlaku untuk semua golongan, baik umur mau pun golongan ekonomi.

Kategori Cafe Yang Sering Digunakan

Cafe arisan Bandung yang banyak dituju sebagai sarana dalam kegiatan ini sebenarnya sangat banyak dan sangat umum. Artinya seperti pada ulasan di atas, hampir semua cafe bisa dimanfaatkan sebagai tempat arisan. Namun, penggemar arisan biasanya memilih tempat tertentu yang dianggap nyaman dan memberikan kesan tidak terlalu formal. Suasana formal atau tidaknya cafe, biasanya menjadi patokan utama dalam penentuan tempat. Suasana formal atau semi formal tentu akan memberikan kesan ketertutupan atau keterbatasan. Sementara acara arisan, lebih identik dengan kesan keceriaan, senda gurau dan keramaian.

Di samping itu, jumlah peserta arisan tentunya menjadi pertimbangan utama. Sebab tak sedikit juga cafe yang enggan menampung terlalu banyak pengunjung dalam satu kelompok. Hal tersebut, tentunya berkaitan dengan ketersediaan tempat di cafe yang bersangkutan.

Beberapa cafe yang biasa dijadikan tempat untuk kegiatan ini antara lain, Boober Cafe, Ngopi Doeloe, Rumah Mertua, Kongkow Cafe, Kafe Asix dan masih banyak lagi cafe lainnya. Namun demikian, cafe yang telah disebutkan tersebut menjadi tempat yang sangat direkomendasikan, sebab pengelola dan pengunjung lain, umumnya tak terlalu perduli pada kegiatan yang kita lakukan. Sehingga kesan bebas akan memberikan kenyamanan tersendiri dalam melakukan kegiatan arisan.
Itulah sekilas tentang cafe arisan Bandung yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply