Simak Yuk Informasi Mengenai Terminal dan Stasiun Utama di Bandung!

Terminal dan Stasiun Utama di Bandung

Terminal dan Stasiun Utama di Bandung | Foto : wikimapia.org

Mengenal terminal dan stasiun utama di Bandung adalah pengetahuan umum yang seharusnya diketahui jika ingin berwisata secara mandiri ke kota ini. Pernyataan tersebut sangat mendasar, mengingat setiap moda transportasi di Bandung, umumnya berawal dan berakhir di terminal dan atau stasiun.

Simak Yuk Informasi Mengenai Terminal dan Stasiun Utama di Bandung!

Terminal di Kota Bandung

Terminal di kota Bandung sebenarnya sangat banyak, apalagi jika dihitung dengan terminal yang ada di Kabupaten. Meski demikian, pengetahuan tentang terminal ini sangatlah penting, mengingat seseorang bisa saja tersesat dalam perjalanan wisatanya. Kemungkinan terburuk tersebut, kerap membuat terminal dijadikan patokan utama sebagai penentu arah.

Di kota Bandung sendiri ada beberapa terminal utama atau terminal besar yang biasa dijadikan patokan dan menjadi tujuan akhir dari moda transportasi beroda empat. Patokan tersebut berkaitan erat dengan tujuan akhir dari jalur trayek angkot dan bus kota yang biasa digunakan sebagai sarana transportasi wisata dalam kota. Terminal yang dimaksud adalah:

1. Terminal Cicaheum dengan moda trasnportasi bus kota dan angkot. Bus kota yang masuk ke terminal ini adalah Cicaheum-Cibeureum dan Cicaheum-Leuwi Panjang. Sedangkan angkot yang masuk ke terminal ini antara lain Cicaheum-Kebon Kalapa (Abd. Muis via Binong). Angkot ini bisa digunakan untuk menuju Trans Studio Bandung. Cicaheum-Kebon Kalapa (Abd. Muis via Jl. Aceh), bisa digunakan untuk menuju Gor Saparua,  Cicaheum-Ledeng, Cicaheum-Ciroyom. Dan beberapa trayek angkot yang tak pernah masuk ke terminal ini seperti Cicaheum-Cibaduyut dan Cicaheum-Ciwastra.

2. Terminal dan stasiun utama di Bandung lainnya adalah Leuwi Panjang. Leuwi Panjang sebagai terminal utama di kota Bandung. Terminal ini kerap menjadi tujuan utama dari bus-bus AKAP. Moda transportasi dalam kota termasuk Bus Kota, dipisahkan dari terminal utama.

3. Terminal Ledeng sebagai terminal akhir dalam kota sebelum menuju ke arah Lembang atau dari arah Lembang.

4. Terminal Kebon Kalapa (Abdul Muis)

5. Terminal Ciroyom

6. Terminal Dago yang berada di dago atas.

Stasiun Kereta Api

Stasiun kereta api di Bandung yang biasa disinggahi oleh kereta api yang datang dari luar Bandung antara lain:

1. Stasiun Ranca Ekek, sebagai stasiun yang berada di posisi paling timur.

2. Stasiun Kiara Condong untuk perhentian dan pemberangkatan kereta kelas ekonomi.

3. Stasiun Bandung, sebagai stasiun utama kota Bandung.

4. Stasiun Ciroyom yang seringkali digunakan sebagai perhentian dan pemberangkatan kelas ekonomi menuju ke arah Barat, seperti purwakarta dan jakarta.

Dengan mengetahui terminal dan stasiun utama di Bandung tersebut, tak perlu khawatir lagi untuk tersesat saat melakukan perjalanan dengan sarana transportasi umum. Sebab dari stasiun dan terminal tersebut kita bisa menuju ke banyak arah, termasuk kembali ke posisi awal.

Leave a Reply