Berburu Bahan Murah di Sentra Kain Cigondewah

Sentra Kain Cigondewah

Sentra Kain Cigondewah | Foto : www.bandungtourism.com

Sentra kain Cigondewah, bisa dikatakan sebagai salah satu alternatif wisata belanja di Bandung. Yang ditawarkan di kawasan ini, sudah pasti kain-kain berharga murah. Meski keberadaannya saat ini lebih banyak dimanfaatkan oleh industri konveksi, baik untuk memenuhi kebutuhan kain di kota Bandung sendiri mau pun di kota lainnya. Namun tak jarang juga banyak wisatawan yang sengaja berbelanja di kawasan ini.

Berburu Bahan Murah di Sentra Kain Cigondewah

Apa Yang Ditawarkan Cigondewah

Kain sebagai komoditas utama yang ditawarkan di kawasan ini, memang sangat memikat pengunjung sebab harganya yang jauh di banding harga pasaran. Harga tersebut sangat wajar mengingat kain yang ada di sini umumnya kain-kain bakas. Bekas yang dimaksud bukanlah bekas pakai atau bekas konveksi, meski pun tak jarang juga ditemukan kain-kain seperti ini. Namun, kebanyakan toko kain, umumnya toko-toko besar memperoleh kain sisa produksi dari pabrik. Kain sisa seperti ini biasanya adalah kain katun, combed, kardet, PE yang dikenal juga sebagai bahan kaos (T-Shirt). Atau kain-kain sweater seperti polar, emen (terry) dan pliss, kain untuk jaket seperti parasit, balon dan sebagainya.

Di samping kain bekas produksi dan bekas konveksi, pengusaha kain di lokasi sentra kain Cigondewah ini pun memperoleh kain dengan cara order pabrik. Cara seperti ini sebenarnya strategi pengusaha untuk menekan harga, sebab pengusaha bisa menentukan sendiri bahan, ketebalan kain atau gramasi hingga jumlah ordernya. Kasus seperti ini lebih banyak ditemui pada toko-toko yang menjual bahan kaos.

Di samping bahan kaos, beberapa toko pun menawarkan kain bahan sprei beserta produk jadinya, kain bahan celana mulai dari jeans, drill hingga santung, berbagai bahan kemeja hingga bahan kebaya seperti kain tile. Semua kain yang dibeli per roll atau eceran (potongan) dihitung dengan ukuran kilo. Artinya berapa meter pun kebutuhan kain kita, kain yang terpotong tetap harus ditimbang untuk menentukan nilai jual.

Selain kain, kawasan ini pun terkenal dengan peralatan konveksinya. Mulai dari benang jahit, kancing, sletting (zipper), plastik packing, tali sepatu hingga label.

Permasalahan Wisata

Sebagai kawasan yang memiliki potensi wisata belanja, masih banyak permasalahan yang sebenarnya bisa ditanggulangi baik secara swadaya mau pun swasembada. Satu masalah utama yang ada di kawasan ini adalah minimnya lahan parkir, terutama bagi pengunjung yang menggunakan mobil. Hal ini tidak sebenarnya hanya dirasakan oleh wisatawan, namun bagi para produsen konveksi yang memiliki kepentingan di kawasan ini.

Akses kendaraan umum yang memasuki kawasan ini juga cukup susah. Di samping itu, satu hal yang lebih utama adalah kurangnya (bisa disebut tidak ada) fasilitas yang berhubungan dengan kebutuhan biologis, mulai dari makan hingga wc umum. Dari beragam permasalahan tersebut, berburu kain dan bahan konveksi di sentra kain Cigondewah, adalah salah satu atraksi wisata belanja bagi mereka yang memiliki minat dalam urusan produksi dan konveksi.

One Response

  1. Syafii August 3, 2017

Leave a Reply