Jalan Utama di Kota Bandung yang Wajib Diketahui

Jalan Utama di Kota Bandung

Jalan Utama di Kota Bandung | Foto : www.panoramio.com

Jalan utama di Kota Bandung adalah pengetahuan yangwajib diketahui bagi siapa saja yang memiliki niat berwisata di Bandung tanpa guide atau agen wisata. Pengetahuan ini penting sebab tak jarang, banyak wisatawan yang mengeluhkan jalanan Bandung yang berbelit, banyak persimpangan higga akhirnya merasa tersesat.

Jalan Utama di Kota Bandung yang Wajib Diketahui

Di Kota Bandung sendiri, kemungkinan untuk tersesat hingga keluar kota sangatlah kecil, sebab setiap jalan yang ada di Kota ini akan terhubung langsung dengan Jalan Provinsi di yang mengelilingi Kota Bandung. Lalu, apa saja jalan utama di kota Bandung yang wajib diketahui?

Jl. Soekarno Hatta

Jalan ni merupakan jalan provinsi terpanjang yang melintasi Kota Bandung dari ujung timur di Bunderan Cibiru sebagai batas Kabupaten dan Kota, hingga ke ujung Barat di Perempatan Holis sebagai batas antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Jalan ini bisa disebut sebagai nadi utama kota Bandung yang memiliki banyak cabang dan terhubung pada jalan utama lainnya. Jika dilihat melalui peta, maka jalan utama di Bandung akan selalu terhubung dengan jalan Soekarno Hatta.

Jalan Ahmad Yani

Adalah jalan tengah yang membelah langsung kota Bandung dari Cicaheum hingga pusat kota (Alun-alun). Menyusuri jalan ini dengan garis lurus, kita akan selalu terhubung ke jalan Soekarno Hatta. Jika menysuri jalan ini dari Cicaheum, kita mungkin akan tersesat di wilayah Cicadas terutama setelah belokan ke arah Kiara Condong. Dari belokan ini, jika diteruskan (tidak belok di jalan Jakarta/perempatan antapani), pengguna jalan akan bertemu kembali dengan Jalan Soekarno Hatta.

Dari arah Alun-alun, terutama setelah simpang lima (kosambi) sebagai akses utama atau pintu masuk jalan ini dari arah barat, mengikuti jalan ini akan berakhir di jalan PH.H. Mustofa (jalan Suci) yang ditandai dengan perempatan Cicaheum. Jika berbelok ke kiri di setiap persimpangan yang ditemui, kita akan terhubung ke jalan utama lainnya yaitu jalan Ir. H. Juanda (Dago).

Jalan WR. Supratman

Lebih dikenal dengan jalan Supratman adalah jalan yang menghubungkan Ahmad Yani, Jalan Jakarta untuk mencapai Gasibu atau gedung Sate, jalan ini berakhir di perempatan Dago.

Jalan Ph. H. Mustofa

Jalan utama di Kota Bandung lainnnya dikenal sebagai jalan suci yang konon berasal dari singkatan Cicaheum Surapati adalah jalan lintas paling mudah yang menghubungkan antara Cicaheum dan Gasibu juga Gedung Sate. Jalan ini berakhir di Jalan Cikapayang atau perempatan Dago. Sebelum cikapayang, jalan ini terhubung langsung dengan Jembatan Pasopati yang sebagai jalan lintas menuju gerbang tol Pasteur.

Leave a Reply