Dua Terminal Bus Terbesar di Kota Bandung yang Selalu Padat

Terminal Bus

Terminal Bus | Foto : javanews.co

Berbicara mengenai terminal bus di Bandung, tentu hal tersebut tidak terlepas dari lalu lintas Bandung yang padat. Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat yang selalu sibuk. Selalu saja ada orang yang keluar dan masuk kota. Arus pendatang dan orang yang pergi dari Bandung sangat tinggi setiap hari. Untuk menunjang hal ini maka ada banyak pusat transportasi di Bandung.

Dua Terminal Bus Terbesar di Kota Bandung yang Selalu Padat

Salah satu tempat yang selalu dipadati traveler adalah terminal. Bandung memiliki dua terminal besar. Terminal ini berlokasi di barat dan timur kota sehingga bisa melayani transportasi ke timur dan barat. Dua terminal ini merupakan persinggahan bus antar provinsi,antar kota dalam provinsi, atau dalam kota. Dua terminal ini juga selalu dipadati oleh angkot yang mengetem menunggu penumpang. Berikut ini dua terminal terbesar di Kota Bandung itu :

1. Terminal Bus Leuwi Panjang

Terminal Bus Leuwi Panjang

Terminal Bus Leuwi Panjang | Foto : www.kaskus.co.id

Terminal ini berada di daerah Leuwi Panjang, dekat dengan pusat perbelanjaan Cibaduyut. Terminal ini berada di sebelah barat Kota Bandung. Terminal Leuwi Panjang merupakan tempat persinggahan bus yang menuju kota di daerah barat, seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Sukabumi, Cianjur, Lampung, hingga Medan.

Terminal bus ini juga menjadi tempat persinggahan bus dalam kota seperti Damri. Bus Damri yang singgah di Terminal Leuwi Panjang bertujuan ke daerah Dago, Cicaheum, Ledeng, Tanjung Sari, hingga ke Jatinangor. Selain bus, terminal ini juga selalu dipadati angkot yang mengantarkan kita ke berbagai penjuru kota, hingga ke daerah Soreang dan Cimahi. Di sekitar terminal ini juga terdapat berbagai tempat kuliner dan oleh-oleh khas Bandung, selain wisata belanja Cibaduyut.

2. Terminal Bus Cicaheum Bandung

Terminal Bus Cicaheum Bandung

Terminal Bus Cicaheum Bandung | Foto : turingakdp.blogspot.com

Terminal Cicaheum berada di timur Kota Bandung. Kita bisa mencapai terminal ini dengan melewati Jalan Surapati, Jalan Ahmad Yani, Jalan Cicaheum, serta Jalan Antapani. Berlawanan dengan Leuwi Panjang, terminal ini merupakan tempat singgah bus yang mengantarkan penumpang ke daerah timur, seperti Sumedang, Majalengka, Tasikmalaya, Garut, serta kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Terminal ini sangatlah ramai dan selalu dipadati penumpang. Selain banyak bus, tentu saja ada banyak angkot yang menunggu penumpang di Terminal Cicaheum. Kita bisa juga menjumpai bus Damri yang mengantarkan kita ke berbagai tempat di penjuru Kota Bandung. Beberapa daerah yang bisa ditempuh dengan Damri dari Cicaheum adalah Leuwi Panjang, Kebon Kalapa, Cibeureum, dan Cibiru.

Itulah dua terminal bus besar di Kota Bandung. Masih ada terminal-terminal kecil lain yang merupakan persinggahan angkot atau bus Damri seperti Kebon Kalapa atau Ledeng, namun hanya dua ini yang melayani bus-bus besar antar provinsi.

Leave a Reply