Yuk Berburu Barang Keramik Antik nan Menarik di Studio 181

Studio 181

Studio 181 | Foto : infopublik.kominfo.go.id

Bandung dikenal sebagai kota kreatif. Selalu ada inovasi baru, terutama di bidang fashion, kuliner, dan musik. Salah satu tempat kreasi menarik adalah Studio 181. Studio ini merupakan salah satu tempat menemukan berbagai kerajinan keramik yang menarik. Tempat di Jalan Pramuka ini menjual berbagai koleksi karya seni, yang kebanyakan dari bahan kermaik.

Yuk Berburu Barang Keramik Antik nan Menarik di Studio 181

Studio ini nampak seperti rumah biasa. Namun setelah masuk ke dalam, kita akan melihat berbagai koleksi barang menarik dari keramik. Berbagai barang dari keramik yang ada di studio ini adalah aneka aksesoris, cinderamata, table ware, lukisan, interior keramik, dan peralatan spa. Keramik yang dibuat disini kebanyakan terinspirasi dari batik Sunda atau dari alam. Barang yang dibuat di studio keramik ini juga berusaha untuk tidak ketinggalan zaman tanpa meninggalkan ciri khasnya.

Studio keramik ini sering mengadakan dan mengikuti berbagai pameran. Pameran ini memang dijadikan kesempatan untuk mengenalkan produk kepada publik. Salah satu pameran nasional yang pernah diikuti oleh tempat kerajinan keramik Bandung adalah Ina Craft. Saat ini, pembeli barang keramik di studio sudah mulai banyak. Beberapa pembeli datang dari luar negeri seperti Jakarta dan Medan, bahkan ada yang dari Malaysia. Barang keramik di tempat ini dijual dengan harga bervariasi, mulai dari lima ribu sampai satu juta rupiah.

Barang yang banyak dibeli di Studio 181 adalah piring, gelas, aksesoris, dan lukisan. Selain berbelanja dan melihat-lihat barang keramik, pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan keramik. Pengerjaan keramik memang dikerjakan di bagian belakang studio. Pembuatan keramik memang tidak mudah dan sebenjar. Pembuatan barang kerajinan dari keramik melewati beberapa tahap sehingga prosesnya tidak sebentar.

Proses pertama dari pembatan ini adalah mengolah tanah. Tanah ini kemudian dibentuk dengan cara diputar atau dicetak. Setelah bentuk sudah jadi maka barang ini akan dikeringkan dan dibakar. Karena itu, jika ada pembeli yang memesan barang dengan desain khusus maka butuh waktu untuk pengerjaannya. Biasanya barang dari keramik ini bisa selesai dalam waktu dua minggu. Pembuatan memang bisa lama karena seringkali ada beberapa pesanan barang sekaligus.

Pembuatan barang keramik juga disesuaikan dengan penggunaannya. Untuk barang yang dipakai untuk kegiatan sehari-hari seperti table ware biasanya dibuat dengan dibakar dalam suhu lebih tinggi. Tanah yang dipakai untuk membuat barang ini biasanya memakai tanah stoneware. Untuk barang hiasan biasanya dibakar dengan suhu lebih rendah dengan bahan tanah merah. Kita bisa mengunjungi Studio 181 jika ingin mengetahui proses pembuatan lebih lanjut.

Leave a Reply