Berbagai Produk Andalan dan Rancangan dari PT Pindad

PT Pindad

PT Pindad | Foto : swu.ac.id

PT Pindad merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi barang untuk militer dan komersial di Indonesia. Perusahaan ini berawal dari bengkel peralatan militer di Surabaya pada tahun 1808 yang dinamakan Artillerie Constructie Winkel (ACW). Bengkel ini berubah menjadi sebuah pabrik dan kemudian pindah ke Bandung pada tahun 1923.

Pabrik ini diserahkan Belanda kepada Indonesia dan kemudian dinamakan Pabrik Senjata Dna Mesia. Sejak saat itu, PT. Pindad menjadi BUMN strategis Indonesia. Perusahaan ini menjadi salah satu kebanggaan Indonesia, walaupun sempat tenggelam semenjak krisi menyerang tahun 1998. PT.

Berbagai Produk Andalan dan Rancangan dari PT Pindad

Pindad sudah menghasilkan banyak produk andalan dan rancangan, berikut ini diantaranya :

1. Rantis Komodo

Produk kendaraan tempur ringan ini telah dikembangkan sejak tahun 2010. Desain dan konsep kendaraan ini mengacup pada Humvee, kendaraan perang buatan Amerika Serikat, dan Sherpa dari Perancis. Komodo mulai dikenalkan pada publik pada tahun 2012. Kendaraan ini memiliki harga dua hingga tiga miliar rupiah per unit. Kendaraan ini telah diproduksi lima unit dan dipakai oleh Kopassus dan Brimob.

Salah satu varian Komodo adalah Battering Ram, yang dipakai untuk anti teror dan pertempuran khusus. Kendaraan ini bisa merobohkan tembok setebal 30 cm dan bisa dipakai untuk malam hari dengan fasilitas kamera night vision. Selain daya gempurnya, kendaraan yang diproduksi oleh PT Pindad ini dilengkapi dengan peralatan komunikasi dan elektronik yang canggih. Beberapa varian dari Komodo adalah : Command, APC, Ambulance, Recon, Cannon Towing, Rocket Launcher, dan Battering Ram.

2. Panser Anoa

Panser Anoa

Panser Anoa | Foto : berita-hankam.blogspot.com

Anoa merupaka panser andalan Pindad yang telah diproduksi hingga 200 unit. Kendaraan ini memiliki tujuh varian dengan acuan utama adalah panser VAB asal Perancis. Kendaraan tempur ini juga dilirik oleh negara lain, seperti Malaysia dan Singapura. Anoa dibanderol sekitar Rp 8 miliar per unit. Beberapa produk varian dari Anoa adalah : APC, ambulance, komodo, logistik munisi, logistik BBM, dan mortir 80 carrier.

3. Police Water Canon

Kendaraan ini banyak dipakai polisi untuk menangani kerusahaan. Mobil ini bisa menembakkan air hingga 70 meter. Kendaraan ini dilengkapi dengan alat penyemprot busa anti api, gas air mata, serta kamera khusus. Negara tetangga yang memakai kendaraan ini adalah Timor Leste.

4. Tank Tempur

Tank Tempur

Tank Tempur | Foto : jakartagreater.com

Pindad sudah mulai merancang tank ringan yang mengacu pada jenis Scorpion. Untuk jenis medium, Pindad juga telah merancang tank dengan acuan dari jenis Marder asal Jerman. Rencananya tank ringan dan medium ini dilengkapi dengan persenjataan dan meriam untuk tank berat seperti Leopard.

5. Senapan Serbu SS1

SS1 merupakan senapan serbu yang mendapatkan lisensi dari FN FNC asal Belgia. Senapan ini diproduksi sejak tahun 1988 dan sudah lama dipakai di TNI dan Polri. Senapan ini juga telah diekspor ke berbagai negara. Senapan ini memiliki enam varian, yaitu SS1-V1, SS1-V2, SS1-V4, SS1-V5, SS1-RM, dan SS1-M1.

6. Senapan Serbu SS2

Senapan Serbu SS2

Senapan Serbu SS2 | Foto : militernasional.blogspot.com

Senapan andalan PT Pindad ini sudah diproduksi sejak tahun 2006. Senapan hasil pengembangan SS1 pertama kali dipakai oleh Kopassus. Senapan dengan harga mulai delapan juta rupiah per unit ini mengandalkan akurasi dan daya tahan. SS2 memiliki empat varian, yaitu SS2-V1, SS2-V2, SS2-V4, dan SS2-V5.

7. Senapan Sniper

Senapan sniper juga merupakan salah satu produk andalan Pindad. Senapan sniper yang diproduksi Pindad memiliki nama SPR-1, SPR-2, dan SPR-3. Senapan ini sudah dipakai oleh Kopassus. Konon senapan ini bisa menembak tepat hingga jarak dua kilometer.

8. Senapan Anti Teror PM2

Senapan Anti Teror PM2

Senapan Anti Teror PM2 | Foto : www.skyscrapercity.com

PM2 adalah senapan anti teror yang mengacu pada H&K MP5. Senapan ini memiliki konsep hand machine gun yang bisa menembak tepat hingga jarak 75 meter. Pindad memproduksi dua jenis senapan ini, yaitu PM2-V1 dan PM2-V2.

9. Senapan Mesin

Senapan mesin produksi Pindad dinamakan SM2-V1, SM2-V2, dan SM-3. Tiga senapan mesin ini mampu menembak hingga jarak di atas satu kilometer.

10. Meriam

Meriam

Meriam | Foto : beritahankam.blogspot.com

Pindad telah memproduksi beberapa senjata berat seperti meriam. Salah satu meriam yang dibuat Pindad adlaah ME-105 mm Howitzer. Meriam ini bisa melontarkan amunisi hingga jarak 10,5 kilometer. Selain meriam, Pindad juga memproduksi penembak mortir untuk operasi khusus seperti Mo-2 60mm LR, Mo-3 81mm SB, dan Mo-1 60 mm Commando.

Itulah sepuluh produk dan rancangan buata PT Pindad.

Leave a Reply