Manfaatkan Turunnya Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Jarak Jauh

Kereta Api Ekonomi

Kereta Api Ekonomi | Foto : beritatrans.com

Bagi Anda penggemar traveling murah jarak jauh, maka kabar ini tentu menggembirakan. Harga tiket kereta api ekonomi jarak jauh mulai tanggal 1 April 2014 akan turun. Penurunan ini tidak tanggung-tanggung. Rata-rata harga tiket akan turun hingga 50 persen. Semua harga tiket ini berlaku sejak tanggal 1 April 2014.

Manfaatkan Turunnya Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Jarak Jauh

Penurunan harga tiket ini merupakan keputusan antara PT. Kereta Api Indonesia dengan pemerintah. Penunuran harga tiket ekonomi ini terkait dengan kewajiban pelayanan publik oleh PT. KAI. Diharapkan dengan PSO (public service obligation) sebesar Rp 1,224 triliun, tanggungan beban biaya operasional transportasi oleh penumpang bisa menurun. Subsidi sebesar itu tidak hanya untuk daerah Jawa Barat, namun seluruh Indonesia. Untuk Daerah Operasi II Bandung sendiri siberikan subsidi tarif untuk layanan kereta api ekonomi jarak jauh sebesar Rp 37 miliar.

Penurunan harga tiket ini memang hanya untuk kereta ekonomi jarak jauh dan jarak menengah. Beberapa kereta api yang mendapat subsidi ini adalah kereta api Pasundan dan Kahuripan. Pasundan menempuh rute Stasiun Kiaracondong ke Stasiun Gubeng Surabaya. Sedangkan kereta Kahuripan menempuh jalur Kiaracondong ke Kediri. Tarif kereta Pasundan yang saat ini seharga 110 ribu akan turun menjadi Rp 55 ribu saja. Sedangkan harga tiket Kahuripan saat ini adalah Rp 105 ribu dan akan turun menjadi seharga Rp 50 ribu.

Tarif kereta ekonomi jarak sedang juga akan turun. Kereta api Kutojaya Selatan dengan rute Kiaracondong ke Kutoarjo merupakan salah satunya. Harga tiket Kutojaya selatan awalnya adalah Rp 60 ribu dan akan menjadi Rp 35 ribu setelah menerima subsidi.

Namun untuk kereta ekonomi komuter yang berada di wilayah Daerah Operasi II tidak mengalami penurunan tarif. Hal ini dikarenakan sejak tanggal 1 Januari 2014, PT. Kereta Api Indonesia telah memberikan subsidi kepada kereta komunter. Karena itu, harga tiket yang ada sudah menerima subsidi. Beberapa kereta api ini adalah Cimalayan Ekspress yang menempuh rute Purwakarta-Jakarta, kereta konomi lokal Purwakarta Cibatu, kereta Bandung Raya ekonomi, dan kereta api Jatiluhur yang menempuh rute Purwakarta-Jakarta. Semua tarif untuk kereta-kereta itu berkisar antara Rp 1.500-3.000.

Dengan penurunan harga tiket kereta api ekonomi ini, diharapkan warga lebih memanfaatkan angkutan umum dibandingkan dengan kendaraan pribadi. Bagi pemesan yang telah membeli tiket untuk keberangkatan tanggal 1 April 2014 dengan harga lama bisa meminta kembali kelebihan pembayaran. Kelebihan pembayaran ini akan dikembalikan di tempat tujuan yang tertera di tiket.

Leave a Reply