Coba Yuk Belanja di Daerah Surapati Bandung!

Belanja di Daerah Surapati Bandung

Belanja di Daerah Surapati Bandung | Foto : bandungraya.blogspot.com

Belanja di daerah Surapati Bandung yang kreatif ini identik dengan kaos dan percetakan. Kawasan ini mulai ada sejak sekitar 30 tahun yang lampau. Saat ini, ada sekitar 300 lebih pengusaha yang bergerak di bidang industri kreatif ini. Masyarakat Bandung pun mengenal kawasan Jalan Surapati sebagai simbol sablon di kota Paris van java.

Coba Yuk Belanja di Daerah Surapati Bandung!

Sudah sejak lama kalau Bandung ini kaya dengan industri kreatifitasnya. Masyarakatnya begitu kreatif dalam memanfaatkan segala hal. Ide-ide apapun bisa menghasilkan uang baik itu berupa barang maupun jasa. Produk fashion dan kuliner memang begitu sering terdengar booming dari kota kembang ini. Dengan daya dukung para stakeholder dalam pengembangan industri kreatif, tidak heran jika banyak para wisatawan untuk berdatangan di kota ini.

Salah satu tujuan kedatangan para wistawan ke kota Bandung yaitu berburu produk sablon dan percetakan. Mereka sengaja datang untuk tujuan belanja di daerah Surapati Bandung demi mendapatkan produk-produk berbau sablon dan segala macam produk hasil percetakan.

Mereka akan mendatangi gerai-gerai maupun kios-kios yang berjajar rapi di sepanjang Jalan Surapati ini. Para pemilik gerai pun tak kalah senang menyambut tamu-tamu wisata dari berbagai daerah untuk mempersilahkan singgah di gerai dan kios mereka. Saat ini ada sekitar 300 gerai yang terdapat di jalan Surapati ini. Panjang jejeran gerai ini sekitar tiga kilometer.

Jalan Surapati adalah jalan penghubung antara bandung bagian barat dengan bagian timur. Jalan ini sebenarnya kategori jalan arteri. Kelebihan dari Jalan Surapati ini yaitu letaknya mudah terjangkau dan dikenal orang. Untuk iklim usaha, tentu lokasi seperti ini sangat strategis. Kini jalan ini bisa dikatakan sebagai salah satu roda penggerak perekonomian Kota Bandung.

Pada tahun 80-an, usaha yang bergerak di bidang sablon masih bisa dihitung jari. Pada saat itu, baru ada satu keluarga yang menekuni usaha sablon. Setelah sekian puluh tahun, ternyata perkembangan usaha sablon di Jalan Surapati ini terus berkembang dengan pesat. Pada tahun 90-an, tercatat ada sekitar 30 orang yang menekuni usaha sablon ini.

Perkembangan pesat ini mampu menarik para pengusaha-pengusaha baru yang ingin mencoba peruntungan mereka. Kedatangan mereka mampu menghantarkan nama jalan surapati sebagai pusat belanja sablon dan percetakan. Hal ini menjadi daya tarik belanja di daerah Surapati Bandung.

Para pengusaha menerima pesanan sablon untuk kaos dan kemeja. Para konsumen yang memesan sablon dalam jumlah banyak biasanya dari para pembuat even seperti komunitas sepeda, senam, gerak jalan dll.

Harga kaos yang dipatok berkisar pada angka Rp 45 ribu sampai dengan Rp 75 ribu rupiah per item. Harga murah seperti ini tentu dapat menjangkau semua kalangan baik dari kelas berpendapatan rendah hingga tinggi. Jadi, jika Anda sedang berkesempatan berwisata ke Bandung, jangan lupakan belanja di daerah Surapati Bandung untuk melengkapi oleh-oleh yang harus dibawa kembali saat pulang.

Leave a Reply