Bus Sekolah Gratis sebagai Salah Satu Program Pemerintah Kota Bandung

Bus Sekolah Gratis

Bus Sekolah Gratis | Foto : www.skyscrapercity.com

Bandung Juara! Itulah slogan Kota Bandung baru yang dipimpin oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Oded M Danial. Banyak sekali perubahan di Kota Bandung setelah dipimpin oleh Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung tersebut. Berbagai program Pemerintah Kota Bandung banyak dijalankan dan menjadikan Kota Bandung yang baru dan juara.

Bus Sekolah Gratis sebagai Salah Satu Program Pemerintah Kota Bandung

Salah satu program dari Pemerintah Kota Bandung yang cukup dikenal adalah program bus gratis untuk para pelajar SD, SMP, dan SMA sederajat dimana saja. Pada awalnya, program ini hanya berlaku setiap Hari Senin untuk pelajar ke segala jurusan. Namun, karena program ini terus digerakkan dan banyaknya investor yang kemudian tertarik dengan adanya program ini maka bus sekolah gratis ini berlaku juga pada Hari Kamis.

Program Pemerintah Kota Bandung yang mengusung bus sekolah gratis ini seluruhnya berasal dari dana CSR (Corporate Social Responsibilty). Hal ini tentu membantu dalam pengembangan infrastuktur dan pembangunan kenyamnan di Kota Bandung dan juga meringankan pengeluaran APBD Kota Bandung.

Sebelumnya, program bus sekolah gratis ini didanai oleh Baitul Maal Muamalat dan PT Agung Podomoro Land yang bekerjasama dengan Perum Damri. Kerjasama yang terjalin tersebut berlaku untuk bus sekolah gratis pada Hari Senin. Sedangkan untuk program bus sekolah gratis Hari Kamis berasal dari bantuan PT Istana Grup.

Program Pemerintah Kota Bandung yang menggratiskan pelajar SD, SMP, dan SMA sederajat ini disambut antusias oleh warga Bandung. Khususnya bagi pelajar yang setiap kali menggunakan Bus Damri sebagai alat transportasi mengantarkannya menuju sekolah. Selain menghemat pengeluaran, program pemerintah ini juga membantu mengurangi kemacetan.

Kemacetan yang saat ini menjadi suatu permasalahan di Kota Bandung, sedikitnya dapat terurai oleh adanya program bus sekolah gratis dari Pemerintah Kota Bandung. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dengan penghematan bagi para pelajar.

Lebih jelas Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menjelaskan bahwa program bus sekolah gratis ini telah banyak menginspirasi kota-kota lain di Indonesia lainnya, seperti Prabumulih dan kota-kota lain di Sulawesi. Hal ini tentu saja menjadi hal yang baik bagi kemajuan program-program pemerintah yang ada di Indonesia.

Untuk kedepannya, Wali Kota Bandung berharap program ini dapat terlaksana tidak hanya pada Hari Senin dan Kamis, tetapi juga setiap hari. Untuk itu, Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menghimbau kepada perusahaan-perusahaan di Kota Bandung membantu mewujudkan bus sekolah gratis setiap hari dengan dana CSR-nya.

Itulah sekilas tentang program Pemerintah Kota Bandung yang mengusung bus sekolah gratis di Hari Senin dan Kamis. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini membuat semua pihak mau mewujudkan slogan baru Bandung sebagai Kota Juara.

Leave a Reply