Peringatan Tahunan Konferensi Asia Afrika Di Bandung

Peringatan Di Museum Konferensi Asia Afrika

Peringatan Di Museum Konferensi Asia Afrika | Foto : http://bdguptodate.com

Peringatan tahunan konferensi asia afrika (KAA), adalah agenda tahunan yang senantiasa diselenggarakan di museum KAA Bandung. Kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh semua negara peserta KAA. Adanya peringatan tahunan KAA, akan kembali mengenangkan semangat untuk terciptanya perdamaian.

Peringatan Tahunan Konferensi Asia Afrika Di Bandung

Agenda Peringatan Tahunan KAA

Peringatan Konferensi Asia Afrika

Peringatan Konferensi Asia Afrika | Foto : http://static.republika.co.id

KAA yang telah terjadi di tahun 1955, ternyata membawa dampak bagi kemerdekaan bangsa-bangsa di Asia Afrika. Oleh sebab itu, maka tidak berlebihan jika konferensi bersejarah tersebut diperingati setiap tahun pada tanggal 18 sampai 24 April. Tempat perhelatan tahunan tersebut, sudah tentu diadakan di museum KAA dan gedung merdeka.

Pada acara peringatan tahunan, senantiasa dilakukan beragam acara. Mulai dari bedah buku, seminar, pameran, hingga bazzar beragam barang cinderamata dan makanan. Setiap kegiatan atau klub yang tergabung dalam SMKAA (Sahabat Museum KAA), juga akan melakukan unjuk kebolehan atau berpameran budaya. Tentu saja acara ini diperuntukkan bagi semua orang dan gratis, kecuali jika membeli makanan atau cinderamata tentu saja harus membayar.

Peringatan tahunan Konferensi Asia Afrika setiap tahunnya tidak pernah sama. Seperti pada tahun 2005, dibuatlah gong perdamaian yang permukaannya ditempeli bendera-bendera negara anggota KAA, serta diluncurkan prangko 50 tahun KAA. Di tahun 2012, peringatan lebih difokuskan pada festival budaya, selama 7 hari penuh. Peringatan di tahun 2013 hampir mirip dengan 2012, tentunya disesuaiakn dengan isu terkini.

Rencanaya di tahun 2014, akan diwarnai dengan penerbitan buku yang berjudul “KAA Di Mata Pelakunya”. Dalam buku ini akan dibahas banyak hal mengenai KAA, berdasarkan wawancara dengan pelaku konferensi masa itu. Saat ini, buku tersebut masih dalam proses pembuatan dengan mencari para narasumber sejarah KAA. Selain peluncuran buku, tentunya acara lain tetap diadakan. Salah satu kegiatan yang dijadwalkan akan melibatkan semua sekolah yang berada di lingkungan museum KAA.

Meski acara pada bulan April 2014, belum terlaksana namun pihak pengelola sudah demikian cermatnya membuat rencana untuk tahun 2015. Di tahun tersebut akan diluncurkan kembali buku yang juga berkaitan dengan peristiwa KAA, namun dari sisi para wartawan kala itu. Sehingga bukunya akan dilengkapi gambar-gambar pemotretan KAA tahun 1955. Pokoknya tidak bakalan bosan mengikuti rangkaian peringatan KAA, sebab selalu ada yang baru.

Bagi wisatawan yang ingin melihat perhelatan akbar tahunan tersebut, maka sebaiknya menjadwalkan kepergian ke Bandung pada bulan april, terutama pertengahan. Anda punya rencana pergi ke Bandung tahun ini? Mengapa tidak menjadwalkan untuk pergi ke peringatan tahunan konferensi Asia Afrika di MKAA.

Leave a Reply