Yuk Jadi Jadul Di Festival Bandung Baheula!

Festival Bandung Baheula

Festival Bandung Baheula | Foto : www.wego.co.id

Jadi jadul di festival Bandung baheula, memang benar adanya. Dalam festival yang rencananya akan ada setiap tahun ini, disajikan beragam kejaman dahuluan. Ada barang jaman dahulu, foto jaman dahulu dan sebagainya. Pokonya bandung lengkap dengan kekinian dan kejadulan.

Yuk Jadi Jadul Di Festival Bandung Baheula!

Festival Bandung Baheula

Festival Bandung baheula adalah salah satu festival unik di bandung. Selain menawarkan sesuatu yang beda, tentunya tujuan utamanya adalah menghadirkan bandung di masa lalu. Festival ini selalu diadakan di Kota Baru Parahyangan, pada sekitar bulan april. Baru dua kali diadakan, namun minat masyarakat baik dari bandung sendiri dan luar bandung cukup bagus.

Mendadak jadi jadul di festival Bandung baheula, didukung dengan hadirnya beragam barang tua yang unik. Barang tersebut terdiri atas: proyektor, sepeda pertama di Kota Bandung, baju pengantar pos, mobil Ford 1928, dan lain sebagianya. Barang-barang ini dipinjamkan oleh 30 kolektor. Memang barang bernilai sejarah tidak ada yang diberikan Cuma-Cuma.

Semuanya memiliki nilai tinggi, ditinjau dari harga dan sejarah yang terkandung di dalamnya. Selain koleksi barang, dipamerkan pula foto-foto lama kota bandung antara tahun 1928 hingga 1940. Artinya dalam kurun waktu, masih banyak kompeni yang menghuni bandung. Barang-barang tersebut dipajang dalam sebuah lorong, yang disebut dengan “Lorong Jaman Baheula”. Pengunjung seakan mengunjungi lorong waktu yang berbeda.

Dari pagelaran tersebut tentu akan membuat bandung tampil dalam wajahnya yang lebih muda dan sederhana. Wajah sekarang lebih tua namun modern dan mewah.

Selain pameran barang-barang langka bersejarah, untuk menarik minat kaum muda maka diadakan pula konser musik. Musisi yang mengisi acara bandung baheula di antaranya Bimbo, Mat Bibel, 4Peniti, dan Time Bomb Blues. Selain grup musik, selalu ditampilkan pula grup angklung, dan Keroncong “The Oxygen”. Tema lagu-lagunya juga harus antara tahun 40 sampai 80-an. Selain konser dan pameran, tentu saja selalu ada makanan di festival ini. Jadi jangan khawatir kelaparan seperti jaman jepang menjajah Indonesia.

Tujuan utama dari pengadaan festival ini adalah agar peninggalan budaya di Bandung tetap dipelihara dengan baik. Para pemuda juga diharapkan ambil bagian setelah melihat beragam barang jadul tersebut. Konsepnya adalah pendidikan, sejarah dan rekreasi. Dengan penerapan hal tersebut, maka bandung menjadi kota sadar budaya dan sejarah akan terwujud.

Jadi jadul di festival Bandung baheula? Siapa takut? Budaya dan sejarah yang dihargai akan membuat masyarakat berperadaban tinggi.

Leave a Reply