Menikmati Pesona Indahnya Bangunan Masjid Al-Irsyad

Bangunan Masjid Al-Irsyad Bandung

Bangunan Masjid Al-Irsyad Bandung | Foto : jasemarioworld.blogspot.com

Bandung memiliki banyak bangunan yang indah, baik yang klasik maupun yang baru. Salah satu bangunan indah yang berada di Bandung adalah Masjid Al-Irsyad. Masjid ini terletak di Kota Baru Parahyanganm, Kecamatan Bandung Barat. Bangunan ini terpilih sebagai lima besar Building of The Year 2010 oleh National Frame Building Association. Masjid ini masuk ke dalam bangunan indah sedunia dalam kategori religious aschitecture.

Menikmati Pesona Indahnya Bangunan Masjid Al-Irsyad

Masjid ini menjadi satu-satunya bangunan di luar gereja yang terpilih. Masjid yang diarsiteki Walikota Bandung, Ridwan Kamil ini memukau banyak orang, termasuk dari manca negara. Bangunan ini memang tidak seperti masjid pada umumnya yang memiliki ciri khas kubah besar. Bangunan Masjid Al-Irsyad berbentuk kubus dengan warna dasar abu-abu.  Seperti masjid besar pada umumnya, akan terasa nuansa sejuk ketika berada di dalam bangunan. Banguanan yang tinggi dan memiliki banyak saluran udara membuat udara serasa sejuk di dalam.

Bangunan ini memiliki ornamen yang sederhana namun memiliki nilai filosofis yang tinggi. Nilai ini bisa kita lihat mulai dari halaman hingga bagian dalam. Lanskap berbentuk garis melingkar yang mengelilingi Masjid Al-Irsyad merupakan gambaran dari tawaf yang mengelilingi Kabah. Dinding masjid bertuliskan dua kalimat syahadat yang dibentuk kaligrafi tiga dimensi yang dibentuk dengan indah.

Pada sela-sela lubang inilah angin berhembus dan cahaya matahari masuk ke dalam bangunan. Masjid Al-Irsyad memiliki 99 buah lampu yang bertuliskan 99 nama Allah SWT. Mihrab dibiarkan terbuka sehingga kita bisa melihat pegunungan yang indah. Mimbar khatib juga dirancang dengan unik di atas air jernih berisi ikan berwarna-warni. Ada bola besar di atas air yang bertuliskan kaligrafi nama Allah SWT. Pada malam hari, nyala lampu masjid menunjukkan keindahan dan kemegahan bangunan ini.

Masjid ini memiliki luas hingga 1.100 meter persegi dan bisa menampung hingga 1.500 jemaah. Banyak wisatawan luar kota bahkan luar negeri yang menyempatkan berwisata ke Masjid Al-Irsyad. Mereka pada umumnya mengungkapkan kekagumannya pada bangunan. Bangunan yang dibuat pada 7 September 2009 dan selesai 27 Agustus 2010 menjadi salah satu bangunan terkenal dari Bandung. Bandung tidak hanya terkenal dari bangunan-bangunan lama yang kokoh dan megah namun juga bangunan-bangunan baru yang tidak kalah indahnya. Ke depannya, dengan dipimpin Walikota Ridwan Kamil, tentu masih akan ada lagi bangunan indah berdiri di Kota Kembang.

Leave a Reply