Universitas Nurtanio Bandung, Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Bandung

Universitas Nurtanio Bandung

Universitas Nurtanio Bandung | Foto : hoteldekatkampus. (com)

Universitas Nurtanio Bandung, memang tak setenar universitas atau perguruan tinggi lain yang ada di Kota Bandung. Hal ini berlaku bukan hanya bagi warga di luar Bandung, bahkan warga Bandung sendiri. Kenyataan yang tak bisa ditutupi, memang masih banyak warga bandung yang kurang bahkan tidak mengetahui keberadaan Universitas yang telah ada sejak 1991 ini.

Status dan Sejarah Singkat

Berdasarkan statusnya, Universitas Nurtanio Bandung yang merupakan universitas swasta di kota Bandung, baru resmi didirikan pada tanggal 8 September 1999 oleh Kepala Staf TNI AU setelah dikukuhkan dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No: 125/D/O/VII/1999.

Status Universitas Nurtanio Bandung

Status Universitas Nurtanio Bandung | Foto : panoramio. (com)

Namun demikian, universitas ini ternyata memiliki sejarah yang jauh lebih panjang ketimbang tanggal pemgukuhannya sebagai salah satu Universitas swasta di Kota Bandung.

Sebelum menjadi Universitas Nurtanio, perguruan tinggi swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Adi Upaya (TNI AU) ini, terdiri dari dua perguruan tinggi yang berbeda. Yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Angkasa yang berkedudukan di Lanud Sulaiman dan Akademi Aeronautika Dirgantara bandung yang berkedudukan di Lanud Husein Sastranegara. STIA Angkasa, bahkan telah berdiri sejak 1967 sementara AADB telah berdiri sejak 1991.

Penggabungan dua perguruan tinggi menjadi universitas ini, secara langsung membagi universitas ini menjadi dua kampus yang masing masing berada di Lanud (pangkalan udara).

Program Studi

Program Studi Universitas Nurtanio

Program Studi Universitas Nurtanio | Foto : teknikdanmanajemenpembekalan. (blogspot.com)

Program studi yang bisa ditempuh di Universitas ini dimulai dari program non diploma, diploma setara D1 dan D3, program Sarjana atau Strata 1 (S-1) hingga pasca sarjana (S-2).

Universitas Nurtanio sendiri, setidaknya terbagi dalam 4 fakultas, yaitu:

1. Fakultas Teknik yang terdiri dari Teknil Penerbangan, Teknik Elektro dan Teknik Industri untuk program S-1. Dan program Diploma-3 untuk Rangka Pesawat, Motor Pesawat, Listrik Pesawat, Teknik dan Manajemen Perbealan dan Avionika. Fakultas ini pun memberikan pelatihan untuk program non diploma yang bernama Unnur Aero Maintenance Training Center (UAMTC)

Fakultas Ekonomi di Universitas Nurtanio Bandung

Fakultas Ekonomi di Universitas Nurtanio Bandung | Foto : www.crwflags. (com)

2. Fakultas Ekonomi yang terdiri dari Manajemen, Bisnis Marketing dan Perhotelan.

3. Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika yang terdiri dari Computing and Software Development, Interactive Media danFashion Design

4. FakultasIlmu Sosial danPolitik yang terdiri dari Administrasi Logistik untuk program D-3, Ilmu Administrasi Niaga dan Ilmu Administrasi Negara untuk program s-1 danIlmu Administrasi Publik untuk program Pasca Sarjana.

Tertarik untuk sekolah di universitas ini atau ingin mengetahui lebih lanjut seperti apa universitas Nurtanio Bandung ini?

Leave a Reply