Mau Sekolah di Kota Bandung? Simak Dulu Ulasan Berikut

Sekolah di Bandung

Sekolah di Bandung | Foto : banpt. (blogspot.com)

Sekolah di Kota Bandung, kiranya tetap menjadi primadona tersendiri, baik warga di sekitar kota Bandung hingga warga di ujung Indonesia bagian timur, yaitu warga Papua. Fenomena seperti ini, sebenarnya telah terjadi sejak lama. Salah satu bukti yang tak bisa dipungkiri adalah lahirnya banyak tokoh pergerakan dan pembangunan yang mengenyam pendidikannya di kota Bandung. Bahkan presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno pun, mendapatkan gelarnya di sekolah teknik Bandung yang saat ini dikenal sebagai ITB.

Sejarah pendidikan di Bandung, tentunya tak hanya bisa dilihat para alumni yang kini digelari sebagai tokoh besar. Namun satu hal yang masih bisa dibanggakan oleh warga Bandung adalah keberadaan institut Pasteur di masa lalu.

Institute Pasteur Bandung

Institute Pasteur Bandung | Foto : chasspain. (wordpress. com)

Berdirinya institut pasteur jelas menunjukkan bahwa Bandung merupakan kota pendidikan kesehatan terbesar. Alasannya jelas, bahwa institut pasteur tidak sembarangan bisa didirikan. Konon, institut ini hanya bisa didirikan satu untuk setiap negara. Itu berarti, Bandung adalah satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki Institut Pasteur.

Hal itu pun terbukti dengan keberadaan Jalan pasteur di kota bandung sebagai bukti otentik dan syarat utama dari keberadaan dan pendirian Institut ini. Sayangnya, Institut Pasteur di kota Bandung hanya meninggalkan sejarah berupa gedung yang kini menjadi gedung BioFarma.

Gedung Institute Pasteur Bandung Saat ini

Gedung Institute Pasteur Bandung Saat ini | Foto : id.wikipedia. (org)

Terlepas dari sejarah, kota Bandung akan selalu dianggap sebagai salah satu kota Pelajar terbesar di Indonesia. Bukti lain yang bisa digunakan sebagai parameter selain mobilitas warga untuk sekolah di kota Bandung adalah banyak berdirinya institut dan Universitas di kota ini.

Sebagai informasi, Bandung memiliki 5 perguruan tinggi negeri. Jumlah ini tentu saja bisa dianggap sebagai jumlah yang banyak jika dibandingkan dengan kota lain yang umumnya hanya memiliki 1 atau dua perguruan tinggi negeri saja. Perguruan tinggi negeri yang dimaksud adalah:

Perguruan Tinggi Negeri di Bandung

Perguruan Tinggi Negeri di Bandung | Foto : www.galdikaz. (blogspot.com)

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Padjadjaran
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  4. Institut Agama Islam Nasional
  5. Universitas Terbuka
Perguruan Tinggi Negeri ITB

Perguruan Tinggi Negeri ITB | Foto : asopusitemus.wordpress.com

Selain Institut dan atau universitas negeri di atas, di Bandung pun banyak berdiri perguruan tinggi swasta setingkat akademi, institut atau universitas. Beberapa di antaranya yang bisa dianggap sebagai legenda perguruan tinggi swasta di bandung adalah:

Maranatha Bandung University

Maranatha Bandung University | Foto : panoramio. (com)

  1. Universitas Maranatha
  2. Universitas Parahyangan
  3. Universitas Pasundan
  4. ITENAS (Institut Teknologi Nasional)
  5. UNINUS (Universitas Islam Nusantara)
  6. STSI (Sekolah Tinggi Seni dan Tari Indonesia)
  7. Universitas Widyatama yang dulu terkenal dengan STIEB
  8. STT TELKOM
  9. dan puluhan perguruan tinggi lainnya.

Sekolah di Kota Bandung ini hanya sebagian kecil dari banyaknya sekolah-sekolah yang ada di Bandung.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply