Kawasan Kost di Bandung Yang Paling Banyak Diminati

11 Likes Comment
Kawasan Kost di Bandung

Kawasan kost di Bandung bisa juga dikatakan dengan kawasan kotrakkan rumah yang biasa dicari oleh para pelancong, terutama mahasiswa dan pekerja musiman (buruh). Namun demikian, istilah kost lebih identik dengan kontrakan mahasiswa.

Secara umum, definisi kost dibedakan dengan istilah ngontrak. Perbedaannya lebih terlihat pada ruangan yang disewa atau dikontraknya. Ruang yang disewa pada kost lebih merujuk pada kamar tidur meski saat ini telah berkembang dengan fasilitas kamar mandi. Berbeda dengan ngontrak yang umumnya lebih mengarah pada fungsi rumah tinggal dengan adanya ruang tidur, kamar mandi dan dapur.

Kamar Kost di Bandung
Kamar Kost di Bandung | Foto : www.tampakdepanrumahminimalis. (com)

Perbedaan tersebut, secara tegas telah membentuk kawasan tertentu dalam karakteristik khusus. Terutama di wilayah-wilayah yang berada di sekitar kampus. Di wilayah ini, banyak sekali ditemukan rumah-rumah penduduk yang menyewakan kamar-kamar sebagai tempat penginapan.

Bukan hanya itu, banyak juga rumah hunian yang kemudian berubah total menjadi rumah kontrakan dengan kamar sebagai objek sewanya. Bahkan, beberapa wilayah yang telah maju, ditemukan gedung-gedung baru yang khusus disediakan sebagai tempat kost.

Beberapa wilayah kost di Bandung, bisa dengan mudah didapat di daerah berikut.

Rumah Kost di Dipati Ukur Bandung
Rumah Kost di Dipati Ukur Bandung | Foto : kostkontrakanbandung.(blogspot.com)

1. Kubang Selatan dan Sekeloa yang berada di sekitar area Dipati Ukur. Seperti diketahui Jalan Dipati Ukur terkenal dengan kampus UNPAD-nya, di samping itu, masih banyak lagi kampus-kampus lain yang berdiri di jalan ini. kampus lain yang terkenal dan termasuk kampus besar adalah UNKOM Bandung.

Hanya melalui dua kampus ini saja, bisa dilihat seberapa besar warga kampus yang kemudian menempati dan membutuhkan tempat kost. Belum lagi, kedekatan wilayah ini dengan kampus ITB. Karenanya, wajar jika wilayah ini termasuk dalam kawasan kost di Bandung yang cukup besar.

Rumah Kost di Tamansari Bandung
Rumah Kost di Tamansari Bandung | Foto : m.inilah. (com)

2. Wilayah Taman Sari Bawah dengan dua kampus yang tak kalah besarnya. Kampus yang berdiri di wilayah ini adalah Kampus UNPAS dan Kampus UNISBA. Kedua kampus ini, tentunya memiliki ribuan mahasiswa aktif yang juga membutuhkan tempat kost sebagai sarana penginapannya.

3. Wilayah Cikutra yang meliputi area di sekitar Jalan Cikutra, Jalan Suci dan Jalan Katamso. Wilayah ini termasuk dalam wilayah kost terpadat yang menampung ribuan mahasiswa dari tiga perguruan tinggi swasta terbesar di Bandung. Anak kost yang menempati wilayah ini, berasal dari kampus ITENAS, Widyatama dan YPKP atau Universitas Gunadharma.

Tiga wilayah di atas hanya sebagaian kecil kawasan kost di Bandung yang banyak diminati, terutama oleh mahasiswa.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *