Curug Nangka Bogor, Keindahan Air Terjun yang Selalu Mengalir Bahkan di Musim Kemarau

36 Likes comments off
Curug Nangka Bogor

Curug Nangka Bogor merupakan salah satu pilihan menarik untuk dikunjungi. Keindahan air terjun ini sangat memukau. Selain itu, perjalanan menuju lokasi juga menawarkan berbagai tantangan yang harus dilalui dari awal hingga akhir. Pesona Curug Nangka sangat cocok bagi para petualang yang mencari pengalaman yang mendebarkan.

Bogor dikenal sebagai salah satu kota yang paling menawan dan eksotis. Suhunya yang sejuk dan nyaman membuat setiap orang betah berlama-lama di sini. Ditambah lagi, tempat ini memiliki daya tarik yang tak bisa dipungkiri. Menjelajahi kawasan wisata yang masih asri dan alami adalah pengalaman yang sangat menyenangkan.

Inilah lokasi terindah yang dapat ditemukan di Bogor, terletak di lereng Gunung Salak. Namanya adalah Curug Nangka, yang diambil dari pohon nangka yang tumbuh di sekitar area tersebut.

Menurut cerita, dahulu di dekat air terjun terdapat buah nangka yang tak pernah habis, dan asal usulnya masih menjadi misteri. Seiring berjalannya waktu, pohon itu menghilang tanpa jejak, namun masyarakat tetap menggunakan nama Curug Nangka untuk merujuk ke tempat ini.

Alamat Lokasi Curug Nangka Bogor

Lokasi Curug Nangka terletak di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk mencapai air terjun ini, disarankan menggunakan transportasi umum. Bagi yang datang dari luar Bogor, bisa naik KRL menuju Bogor.

Setibanya di stasiun, perjalanan dilanjutkan ke Bogor Trade Mall yang terletak tepat di depan stasiun, dengan memanfaatkan jembatan penyeberangan.

Dari Bogor Trade Mall, gunakan angkot nomor 03 menuju Ciapus. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 hingga 45 menit, dengan jarak kurang lebih 10 km dan tarif sekitar 10 ribu rupiah. Turunlah di pertigaan Ciapus.

Setelah itu, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan BFC berwarna biru menuju Curug Nangka, dan turun di depan The Highland Park Resort. Selanjutnya, bisa naik angkot hijau yang membawa langsung ke Curug Nangka dengan biaya sekitar 15 ribu rupiah.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan Curug Nangka Bogor ini, pengunjung akan dikenakan biaya di loket pertama sebesar 7.500 rupiah dan di loket kedua sebesar 12.500 rupiah. Dengan demikian, total biaya yang perlu dibayar adalah 20.000 rupiah.

Harga ini terbilang sangat terjangkau untuk pesona yang bisa dinikmati di lokasi ini. Jika ditambahkan dengan biaya transportasi, maka total pengeluaran minimal yang harus disiapkan adalah sekitar 50 ribu rupiah.

Daya Tarik

Selain keindahan alamnya. Curug Nangka Bogor ini juga menyimpan beberapa hal menarik. Diantaranya seperti berikut ini.

1. Air yang Tidak Akan Pernah Habis

Curug Nangka memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Debit airnya terus mengalir dengan konsisten, bahkan saat musim kemarau. Di sekitar kawasan ini terdapat berbagai vegetasi yang menambah keindahan alami.

Selain itu, pengunjung perlu melewati sebuah sungai kecil untuk mencapai lokasi ini. Sungai ini merupakan satu-satunya jalur menuju air terjun. Aliran airnya tenang dan sejuk, sehingga mudah untuk dilintasi.

2. Cerita Mitos

Ada sebuah mitos menarik yang menyelimuti kawasan ini. Jika seorang pengunjung tidak terjatuh selama perjalanan menuju curug, itu dianggap sebagai pertanda baik bahwa mereka adalah pecinta alam sejati yang akan senantiasa menjaga kelestarian alam.

Namun, bagi yang terjatuh atau terkena air, tidak perlu khawatir karena itu tidak mencerminkan karakter seseorang, melainkan mungkin hanya kurang beruntung.

Misteri lainnya berkaitan dengan batu karang yang dialiri air dan menyerupai anjing bulldog. Menurut kuncen curug, batu karang ini merupakan sosok Tumang, yang konon adalah ayah dari legenda Sangkuriang yang terkenal di tanah Sunda.

Demikianlah sedikit informasi tentang Curug Nangka Bogor. Objek wisata alam ini merupakan sebuah lokasi yang memukau, di mana keindahannya dapat memikat hati setiap pengunjung yang datang ke tempat ini.

You might like