Curug Leuwi Hejo Bogor, Menikmati Kesegaran Air Jernih dan Keindahan Alam

39 Likes comments off
Curug Leuwi Hejo Bogor

Curug Leuwi Hejo Bogor merupakan salah satu destinasi wisata air yang terletak di daerah Gunung Cipancar, Sentul. Sumber air yang mengalir di sini berasal dari Sungai Cileungsi, dan kejernihannya sangat mengesankan.

Di area ini, terdapat beberapa air terjun yang bisa dikunjungi, termasuk Curug Barong, Curug Putri Kencana, Leuwi Lieuk, serta Curug Leuwi Hejo.

Karena semua air terjun berada dalam satu jalur, pengunjung bisa menentukan air terjun mana yang ingin dieksplorasi terlebih dahulu.

Curug Leuwi Hejo terletak di bagian paling depan, sehingga sebelum melanjutkan ke air terjun lainnya, kamu akan melewati Curug Leuwi Hejo terlebih dahulu.

Berikut informasi tentang Curug Leuwi Hejo Bogor yang dapat menjadi referensi sebelum pergi ke sana.

Lokasi Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo terletak di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

Lokasinya berada di kawasan Gunung Pancar Sentul, yang juga mencakup Curug Barong, Leuwi Cepeut, dan Leuwi Lieuk.

Untuk menuju lokasi Curug Leuwi Hejo pengunjung bisa menjangkaunya dengan kendaraan motor atau mobil.

Jam Buka dan Harga Tiket

Curug Leuwi Hejo beroperasi setiap hari, dari Senin sampai Minggu, mulai pukul 07.00 pagi hingga 17.00 sore.

Untuk memasuki gerbang utama, pengunjung dikenakan biaya Rp. 15.000 per orang dan Rp. 10.000 untuk kendaraan motor. Sementara itu, tiket masuk ke area Curug Leuwi Hejo sendiri dikenakan retribusi sebesar Rp. 25.000 per orang.

Jalur Trekking

Setelah kendaraan diparkir, perjalanan menuju Curug Leuwi Hejo belum selesai. Pengunjung masih perlu berjalan kaki melewati jalur dengan pemandangan alam yang memukau.

Awalnya, trekking dimulai dengan melewati perkampungan warga, kemudian berlanjut melalui jalan setapak yang dikelilingi oleh pemandangan gunung dan pepohonan hijau.

Waktu tempuh sekitar 15 hingga 20 menit, tergantung pada kecepatan berjalan. Disarankan untuk memakai alas kaki yang nyaman dan tidak licin agar langkah lebih aman dan nyaman.

Aktivitas Wisata yang Dapat Dilakukan

Ada berbagai macam aktivitas menarik yang bisa dinikmati saat berada di Curug Leuwi Hejo Bogor. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Berenang dan Main Air

Aktivitas seru pertama yang perlu dilakukan adalah merasakan langsung segarnya air di Curug Leuwi Hejo yang berwarna hijau dan sangat jernih.

Tetapi, tetap harus waspada karena kedalaman air di sini bervariasi, dengan beberapa bagian mencapai 2 hingga 3 meter.

Meskipun Curug Leuwi Hejo tidak terlalu tinggi, air yang mengalir cukup deras dan jernih. Rasanya sangat menyegarkan ketika menceburkan diri ke dalam kolam berwarna hijau ini.

Bagi yang kurang mahir berenang, bisa memilih untuk duduk di bebatuan di sekitar kolam sambil menikmati sensasi menyegarkan dari air yang mengalir.

2. Menikmati Keindahan Alam Sekitar

Lingkungan di sekitar Curug Leuwi Hejo masih dipenuhi pemandangan yang menenangkan. Pengunjung bisa duduk di bawah pepohonan yang rindang, sembari menikmati keindahan alam yang ada.

Suara gemericik air menambah suasana menjadi semakin damai. Destinasi wisata alam ini letaknya tidak terlalu jauh dari Ibukota, tetapi mampu memberikan rasa tenang dan menjauhkan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

3. Body Jumping

Selain berenang dan menikmati segarnya air di Curug Leuwi Hejo, cobalah menambah keseruan dengan melakukan body jumping atau melompat dari tebing yang ada di sekitarnya.

Namun, pastikan untuk tetap berhati-hati saat melakukannya. Jangan sampai momen seru ini berubah menjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Itulah sedikit informasi tentang Curug Leuwi Hejo Bogor. Jadi bagi warga Bogor dan sekitarnya jika ingin merasakan kesegaran sambil memanjakan mata dengan pemandangan alam, bisa datang ke objek wisata yang satu ini.

You might like