Pantai Karang Hawu, Pantai dengan Bentuk Batuan Karang Unik Dibalut Mitos Nyi Roro Kidul

26 Likes comments off
Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu merupakan bagian dari rangkaian pantai di kawasan Pantai Pelabuhan Ratu. Kini, pantai ini tampil dengan tampilan baru yang lebih segar, dilengkapi dengan berbagai spot foto ikonik yang menarik.

Pantai ini adalah salah satu pantai terkenal di Sukabumi. Yang membuatnya terkenal adalah adanya tebing-tebing indah yang menjorok ke laut. Pantai ini menawarkan banyak spot foto menarik, sehingga menjadi destinasi liburan favorit bagi wisatawan lokal dan dari luar daerah.

Lokasi Objek Wisata

Pantai Karang Hawu terletak di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, tepatnya di Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Objek wisata alam berupa pantai ini sangat mudah dijangkau, karena lokasinya yang sudah dikenal luas dan terletak tepat di pinggir jalan raya.

Akses menuju pantai ini bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, roda empat, bahkan bus. Dari pusat kota Sukabumi, jaraknya sekitar 73 km, dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 2 hingga 3 jam.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk masuk ke lokasi Pantai ini tidak dikenakan biaya tiket, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir. Pantai ini buka setiap hari, dari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Daya Tarik Wisata

Tentunya destinasi wisata yang ada di Sukabumi ini memiliki daya tarik yang membuatnya layak untuk dikunjungi. Nah sebelum kesini ada baiknya untuk mengetahui dahulu apa saja hal-hal menarik yang ada di Pantai Karang Hawu seperti berikut ini:

1. Bentuk Batuan Karang yang Unik

Pantai ini dikenal dengan nama Karang Hawu, yang berasal dari bentuk formasi batu karang di kawasan tersebut. Bentuk batu karang yang menyerupai hawu, atau tungku pembakaran tradisional, menjadi inspirasi bagi penamaan pantai ini.

2. Deburan Ombak Kencang Namun Suaranya Menenangkan

Ombak di pantai ini  yang cukup kuat, tetapi suara gemuruhnya memberikan efek menenangkan. Tanpa disadari, suara ombak ini dapat menciptakan perasaan tenang dan membantu melupakan kegelisahan yang ada.

3. Suasana yang Bikin Betah

Pantai Karang Hawu saat ini terlihat memukau setelah beberapa perbaikan dilakukan di berbagai sisi. Perbaikan mencakup area gerbang masuk, landmark, dan penambahan beberapa spot foto menarik.

Meskipun ombaknya cukup ganas, pengunjung cenderung menikmati keindahan pantai dari tepiannya, membiarkan rambut terkibas oleh angin laut yang segar merupakan hal yang sangat merefresh pikiran dari kepenatan.

4. 7 Sumur

Di pantai ini terdapat beberapa cekungan yang dikelilingi oleh batu karang, dikenal sebagai 7 Sumur.

Bentuknya menyerupai sumur dengan lingkaran yang memanjang ke bawah, dan air di dalamnya cenderung payau karena tercampur dengan air hujan.

Lokasi ini telah lama dipercaya sebagai tempat penyembuhan baik untuk penyakit medis maupun non-medis, serta tempat untuk memohon pertemuan dengan jodoh.

Saat berada di sekitar 7 Sumur Pantai Karang Hawu, perlu berhati-hati karena pijakan hanya terdiri dari batu-batu karang di sekitarnya.

5. Petilasan Nyi Roro Kidul

Setelah menikmati keindahan pantainya, pengunjung dapat melanjutkan petualangan dengan mengunjungi Petilasan Nyi Roro Kidul yang terletak di Gunung Kramat Winarum. Di sebelahnya terdapat makam Syekh Hasan Ali, seorang ulama besar dari Sukabumi.

Lokasi petilasan ini tidak terlalu jauh dari pantai, cukup dengan mencari gapura hijau yang mempunyai tangga dari semen.

Itulah sedikit informasi tentang Pantai Karang Hawu, salah satu pantai unik yang letaknya berada di Kabupaten Sukabumi. Pantai ini dipercaya masih menjadi wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul.

Mitos larangan memakai baju berwarna hijau pun di pantai ini juga dipercaya berlaku karena warna hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

You might like