Pantai Cicaladi Sukabumi, Melihat Pemandangan Pantai yang Beda Dari Biasanya

39 Likes comments off
Pantai Cicaladi Sukabumi

Pantai Cicaladi Sukabumi mungkin belum familiar bagi banyak orang. Tidak seperti Pantai Karang Bolong yang lebih dikenal dan berada di dekatnya, pantai ini belum begitu terkenal. Pantai Cicaladi memiliki keunikan tersendiri, di mana lautan terletak di bawah tebing batu, berbeda dengan pantai-pantai lain pada umumnya.

Pantai ini berbentuk teluk yang dikelilingi oleh beberapa pulau kecil atau tebing yang terpisah. Secara lebih rinci, pantai ini dikelilingi tebing di setiap sisinya. Nama Pantai Cicaladi di Sukabumi berasal dari tebing batu yang berlubang di sekitar pantai, yang menjadi habitat burung pelatuk.

Masyarakat setempat menyebut burung pelatuk sebagai Caladi. Oleh karena itu, pantai ini dinamakan Pantai Cicaladi. Berikut ini adalah ulasan tentang Pantai Cicaladi yang bisa menjadi referensi untuk liburan akhir pekan atau liburan mendatang.

Lokasi Objek Wisata Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi terletak di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tidak jauh dari Pantai Karang Bolong Sukabumi.

Wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Cicaladi dapat mengarahkan kendaraan mereka ke Desa Sukatani di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lokasi pantai ini cukup dekat dengan Pantai Karang Bolong di Sukabumi, sehingga memungkinkan untuk mengunjungi kedua pantai tersebut dalam satu perjalanan.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tidak ada biaya tiket masuk untuk Pantai Cicaladi karena pengelolaannya oleh pemerintah setempat belum optimal. Pantai Cicaladi buka setiap hari, dari Senin hingga Minggu, selama 24 jam penuh. Namun, karena jalan menuju pantai dan area pantainya masih kurang penerangan, disarankan untuk tidak datang pada sore hari.

Fasilitas yang Tersedia

Pantai Cicaladi masih mempertahankan keasliannya yang sangat alami dan belum banyak diperbaiki oleh pemerintah setempat. Karena itu, fasilitas yang tersedia di sekitar pantai juga masih terbatas, seperti mushola untuk keperluan ibadah, saung atau gazebo sebagai tempat berteduh, serta warung makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Daya Tarik Wisata Pantai Cicaladi Sukabumi

Pantai Cicaladi menawarkan sejumlah daya tarik yang memikat wisatawan untuk datang berkunjung. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pemandangan Alam Yang Berbeda Dari Pantai Pada Umumnya

Pantai Cicaladi menawarkan pemandangan alam yang unik dibandingkan pantai-pantai lain, yang biasanya menampilkan hamparan pasir luas dan keseruan bermain air laut. Di Pantai Cicaladi, pemandangannya didominasi oleh tebing karang yang terus-menerus diterjang oleh ombak.

Ombaknya sangat kuat, terutama saat air laut pasang. Pasir putih di Pantai Cicaladi hanya menempati sebagian kecil dari keseluruhan area, sementara tebing batu yang ada terpisah satu sama lain dan dihubungkan oleh jembatan bambu sederhana.

Untuk menyeberangi jembatan sepanjang 35 meter ini, diperlukan keberanian besar, karena di bawahnya terlihat jelas ombak yang deras dan terus-menerus datang bergulung. Jembatan bambu ini menghubungkan satu daratan dengan daratan lainnya.

2. Berbagai Macam Kegiatan Bisa Dilakukan

Pantai Cicaladi Sukabumi belum menjadi destinasi yang ramai wisatawan, namun ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dinikmati di sana, seperti menikmati alam, memancing, dan camping.

Camping di Pantai Cicaladi menawarkan pengalaman luar biasa, dengan deburan ombak yang menemani sepanjang malam. Pada pagi dan sore hari, pengunjung bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset yang mempesona.

Itulah review singkat Pantai Cicaladi Sukabumi. Keindahan Pantai Cicaladi mulai dari tebing batunya yang eksotis, ombak yang kuat, hingga hamparan rerumputan hijau, layak diabadikan dalam foto dan video sebagai kenangan tak terlupakan.

You might like