Gunung Bongkok Purwakarta, Spot Sempurna Untuk Menantikan Keindahan Sunrise

27 Likes comments off
Gunung Bongkok Purwakarta

Purwakarta sebuah kabupaten yang termasuk wilayah administrasi Provinsi Jawa Barat, memiliki banyak lokasi wisata yang layak dikunjungi. Tidak hanya terpusat di kota, destinasi-destinasi wisata ini tersebar hampir di seluruh wilayah. Gunung Bongkok Purwakarta merupakan salah satu tempat wisata yang direkomendasikan.

Dengan ketinggian 975 meter di atas permukaan laut, Gunung Bongkok menjadi pilihan favorit untuk pendakian, terutama bagi para pendaki pemula karena tidak terlalu tinggi.
Artikel ini akan menyajikan informasi mengenai Gunung Bongkok sebagai referensi awal untuk memilih destinasi hiking di Purwakarta, Jawa Barat.

Lokasi Gunung Bongkok

Gunung Bongkok berlokasi dekat dengan Pasar Plered, tepatnya di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Destinasi wisata ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, tetapi juga menjadi tempat favorit bagi para penggemar hiking.

Perjalanan menuju Gunung Bongkok di Purwakarta dapat dilakukan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat hingga mencapai area parkir Gunung Bongkok.

Letak Gunung Bongkok juga sangat dekat dengan destinasi wisata Sasak Panyawangan, hanya berjarak kurang dari 1 km dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 3 menit.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk masuk ke Gunung Bongkok di Purwakarta, pengunjung dikenakan tiket seharga Rp. 12.000 per orang, tidak termasuk biaya parkir. Tempat wisata ini buka setiap hari dan beroperasi selama 24 jam penuh, sehingga pengunjung memiliki fleksibilitas waktu untuk menikmati keindahan alamnya kapan saja mereka mau.

Daya Tarik Objek Wisata Gunung Bongkok Purwakarta

Mayoritas pengunjung Gunung Bongkok adalah para pendaki yang datang untuk melakukan hiking. Di samping itu, mereka juga dapat menikmati keindahan sunrise dari puncak gunung.

Perjalanan ke puncak memang agak lama dan cukup melelahkan. Namun ketika sudah sampai, dijamin semua rasa lelah tersebut akan hilang dengan indahnya daya tarik Gunung Bongkok seperti berikut ini:

1. Spot Puncak Watu Tumpuk

Salah satu daya tarik utama Gunung Bongkok adalah Watu Tumpuk, atau Batu Tumpuk. Spot ini menampilkan formasi bebatuan besar yang terletak di puncak Gunung Bongkok, pada ketinggian 975 meter di atas permukaan laut.

Dengan ketinggiannya itu, Watu Tumpuk menjadi pilihan terbaik untuk menyaksikan keindahan alam Purwakarta, termasuk panorama gunung-gunung lain yang terkenal di daerah ini, seperti Gunung Lembu dan Gunung Parang.

2. Tempat yang Recommended Untuk Camping dan Menunggu Sunrise

Bagi para pengunjung yang berencana berkemah di Gunung Bongkok, penting untuk diketahui bahwa terdapat lokasi khusus untuk berkemah di kawasan tersebut. Lokasinya terletak setelah Pos II, sebelum mencapai spot Watu Tumpuk.

Selain itu, Gunung Bongkok di Purwakarta menawarkan pengalaman unik dalam berburu sunrise, yang tentu saja dapat dinikmati oleh para pengunjung yang melakukan aktivitas camping.

Area terbaik untuk berkemah di Gunung Bongkok adalah di area camp datar II, yang menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa seringkali ada serbuan monyet yang dapat mengganggu dengan mencuri makanan dan barang bawaan pengunjung yang berkemah di Gunung Bongkok. Oleh karena itu dihimbau agar selalu menjaga barang bawaan dengan baik.

Itulah tadi sedikit informasi tentang Gunung Bongkok Purwakarta. Jadi bagi yang ingin menikmati sunrise di Purwakarta, tempat wisata alam yang satu ini bisa menjadi pilihan yang bagus.

Perjalanan menuju puncak Gunung Bongkok pun terbilang menyenangkan. Suasana sepanjang perjalanan tidak terlalu panas, dengan banyaknya pepohonan yang menambahkan kesan sejuk dan teduh.

You might like