Curug Cikaso Sukabumi, Kemegahan 3 Air Terjun Berjejer dengan Suasana Asri

21 Likes comments off
Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso Sukabumi adalah destinasi wisata yang sangat memukau dan menjadi salah satu primadona di selatan Kabupaten Sukabumi. Dahulu, air terjun ini dikenal dengan nama Curug Luhur. Namun, seiring waktu, nama tersebut berubah menjadi Curug Cikaso karena aliran airnya yang berasal dari anak Sungai Cikaso.

Saat berada di Sukabumi, sempatkanlah untuk mengunjungi Curug Cikaso. Nikmati kesejukan alam dan suara gemericik air yang menenangkan di tempat ini. Mengunjungi Curug Cikaso merupakan pengalaman yang menyenangkan, sebab perjalanan menuju air terjun ini tidak memerlukan trekking yang panjang dan melelahkan.

Lokasi Objek Wisata Curug Cikaso

Curug Cikaso beralamat di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terletak di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi.

Jarak dari Kota Sukabumi ke Curug Cikaso sekitar 87 kilometer, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3,5 jam perjalanan.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Terdapat beberapa rincian biaya yang perlu dikeluarkan saat mengunjungi Curug Cikaso. Untuk parkir mobil, dikenakan tarif Rp 15.000, sedangkan parkir motor dikenakan biaya Rp 10.000. Tiket masuk untuk dewasa adalah Rp 12.000, sementara untuk anak-anak dikenakan Rp 7.000.

Selain itu, sewa perahu dengan kapasitas maksimal delapan orang  dengan harga Rp 65.000 untuk perjalanan pulang pergi. Untuk menghemat biaya, disarankan bergabung dengan pengunjung lain jika datang dalam kelompok yang kurang dari delapan orang.

Curug Cikaso beroperasi setiap hari dari Senin hingga Minggu, mulai pagi hingga sore. Waktu yang paling ideal untuk berkunjung adalah di pagi hari, saat cuaca masih segar dan sejuk.

Daya Tarik Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso menarik perhatian para wisatawan dengan berbagai daya tariknya. Adapun beberapa daya tariknya adalah seperti yang akan disebutkan berikut di bawah ini:

1. Kemegahan 3 Air Terjun yang Berjejer

Curug Cikaso terdiri dari tiga aliran air terjun yang mengalir melalui tebing tinggi, dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan hijau yang subur. Air terjun ini terlihat sangat megah, dengan aliran air yang deras dan sangat jernih.

Tingginya mencapai sekitar 80 meter, sementara lebar tebingnya mencapai 100 meter. Di sekitar aliran Curug Cikaso, terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas dengan kedalaman sekitar 15 meter.

Mengingat derasnya aliran air, pengunjung dilarang berenang di dekat air terjun. Namun, bermain air di pinggiran kolam masih diperbolehkan. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan Curug Cikaso selama berkunjung.

2. Suasana Alam yang Masih Asri

Salah satu daya tarik utama Curug Cikaso Sukabumi adalah keindahan alamnya yang memukau dan masih sangat alami. Ciri khasnya adalah pepohonan yang rindang di sekitar air terjun, menambah kesan asri dan alami pada tempat ini.

Udara di sekitar Curug Cikaso masih terasa segar dan menyejukkan, menciptakan suasana yang cocok untuk duduk-duduk santai menikmati keindahannya. Terdapat banyak area di sekitar air terjun yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan yang cantik dari Curug Cikaso.

3. Mitos Curug Cikaso

Keindahan aliran air Curug Cikaso terkait erat dengan cerita mistis yang telah menjadi bagian dari mitos yang dikenal hingga saat ini. Mitos ini mengisahkan tentang tiga aliran air yang memiliki nama masing-masing Curug Aseupan di sebelah kiri, Curug Meong di tengah, dan Curug Aki di sebelah kanan.

Setiap aliran air dipercaya memiliki penunggunya yang berbeda. Nyi Blorong tinggal di Curug Aseupan, Eyang Santang di Curug Meong, dan Prabu Siliwangi di Curug Aki.

Meskipun kebenaran mitos ini belum terbukti secara ilmiah, kisah-kisah ini telah dikenal dan dihargai oleh masyarakat sejak lama, mengingatkan kita untuk selalu menghormati dan menghargai warisan budaya yang ada di tempat-tempat yang kita kunjungi.

Demikianlah sedikit review tentang Curug Cikaso Sukabumi. Keindahan air terjun yang megah dan jernih dibalut suasana alam yang alami tentu sangat menjadikan tempat ini sebagai rekomendasi tempat wisata healing.

You might like