5 Objek Wisata di Sukabumi yang Belum Banyak Diketahui dan Cocok untuk Healing

45 Likes comments off
Objek Wisata di Sukabumi

Lokasinya yang dekat dengan Bogor menjadikan objek wisata di Sukabumi sebagai pilihan menarik untuk menghilangkan penat dan menghabiskan waktu liburan. Terletak di sekitar Gunung Gede Pangrango dan Pantai Pelabuhan Ratu, kabupaten di Jawa Barat ini menawarkan beragam objek wisata yang seru untuk dijelajahi.

Selain gunung dan pantai, Sukabumi juga menawarkan destinasi wisata lain yang mungkin belum banyak diketahui. Tempat-tempat ini menyimpan keindahan dan sejarah yang tidak kalah menarik dibandingkan objek wisata terkenal. Rasa penasaran pasti muncul, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Goa Buniayu

Objek wisata di Sukabumi yang masih jarang diketahui oleh banyak orang adalah Goa Buniayu, juga dikenal sebagai Goa Siluman. Nama “siluman” diberikan oleh penduduk setempat dan beberapa penjelajah yang telah mengunjungi goa ini. Untuk merasakan keindahan alam di goa ini, pengunjung perlu membayar tiket sebesar Rp 15.000,-.

Goa Buniayu menawarkan keindahan alam yang memukau. Di dalam goa, pengunjung dapat menikmati pemandangan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi seluruh dinding goa. Selain itu, terdapat juga formasi alami seperti flow stone, canopy, gourdam, serta berbagai pemandangan khas goa lainnya yang masih terjaga keasliannya dan belum banyak tersentuh.

2. Kampung Adat Ciptagelar

Untuk merasakan pengalaman liburan yang unik, memasukkan Kampung Adat Ciptagelar ke dalam daftar destinasi bisa menjadi pilihan tepat. Tempat ini cocok bagi mereka yang ingin mendalami budaya Sunda, karena kampung ini masih memegang teguh adat dan budaya leluhur.

Terletak di Desa Sirnaresmi, Cisolok, Sukabumi, Kampung Adat Ciptagelar menawarkan pemandangan yang indah dengan rumah adat yang masih terjaga dengan baik. Tiket masuk ke kampung ini sebesar Rp 5.000,-. Jika beruntung, wisatawan dapat menyaksikan upacara adat Seren Taun yang diadakan setahun sekali.

3. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh menjadi salah satu objek wisata di Sukabumi yang menarik perhatian. Terletak di kecamatan Ciemas dan Ujung Genteng, kawasan ini memiliki luas 126.000 hektare dan mencakup delapan desa. Di dalamnya terdapat banyak curug, bukit, dan pantai yang mempesona, serta penangkaran tukik.

Untuk mencapai Geopark Ciletuh dari Jakarta, bisa melalui tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Ciawi, Bogor, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Sukabumi. Jika menggunakan sepeda motor, rute yang dapat diambil adalah jalan raya Cihideung-Cigombong. Tidak ada biaya masuk yang dikenakan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan kawasan ini.

4. Pantai Cimaja

Meskipun mungkin kurang dikenal oleh penduduk lokal, pantai ini telah menjadi destinasi populer di kalangan peselancar internasional. Dengan ombak yang mencapai ketinggian hingga 4 meter, Pantai Cimaja menjadi pilihan favorit bagi peselancar pemula maupun profesional.

Terletak di desa Cimaja, Cikakak, Sukabumi, Pantai Cimaja menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Dengan harga tiket masuk hanya Rp 5.000,- pada hari biasa, tidak perlu bepergian jauh untuk menikmati pantai dengan pasir putih lembut dan deretan batu karang yang menghiasi sepanjang pantai.

5. Pasir Datar

Terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, Pasir Datar menawarkan sebuah destinasi wisata di Sukabumi yang ideal untuk melepas lelah. Di sini, terdapat kebun-kebun milik warga yang membentang di bukit dan dataran tinggi, menciptakan pemandangan yang memukau. Hamparan pohon pinus yang mengelilingi area ini menambah keindahan serta menyegarkan udara di sekitarnya.

Pasir Datar berada di Desa Pasir Datar, Caringin, Sukabumi. Dari pusat kota, perjalanan dengan kendaraan hanya memakan waktu sekitar satu jam. Tempat ini tidak memungut biaya masuk karena kebun-kebun tersebut adalah milik warga setempat. Meskipun gratis, penting bagi pengunjung untuk meminta izin terlebih dahulu dan menjaga tanaman selama berada di sana.

Itulah daftar objek wisata di Sukabumi yang mungkin belum banyak diketahui dan cocok untuk tempat healing. Terdapat banyak lokasi indah yang cocok sebagai tempat rehat dari keramaian kota. Udara segar dan pemandangan hijau mampu memberikan ketenangan sejenak bagi mata.

You might like