Masjid Perahu Cicurug, Bentuk Bangunan Unik Plus Ada Waterboomnya

35 Likes comments off
Masjid Perahu Cicurug

Masjid Perahu Cicurug, juga dikenal sebagai Masjid Sri Soewarto, kini tengah menjadi sorotan di Sukabumi, Jawa Barat. Bentuknya yang unik dan berbeda dari masjid pada umumnya membuatnya menarik perhatian banyak orang.

Masjid Sri Soewarto ini baru saja diresmikan pada bulan Desember 2023. Dengan dominasi warna ungu, masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Ungu.

Meski bentuk masjid yang menyerupai perahu tidak hanya ada di Sukabumi – ada juga Masjid Perahu di Cilacap dan Jakarta – Masjid Perahu Cicurug memiliki keunikan tersendiri yang menjadikannya populer dan ramai dikunjungi.

Berikut ini adalah ulasan tentang Masjid Perahu Cicurug, yang bisa dijadikan referensi untuk wisata religi sekaligus wisata keluarga pada akhir pekan atau liburan mendatang.

Lokasi dan Tiket Masuk

Seperti namanya, tentu Masjid unik yang satu ini letaknya ada di daerah Cicurug. Lebih tepatnya lokasi Masjid Perahu Cicurug terletak di jalan alternatif Purwasari, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Ungu. Harga tiket masuk waterboom Masjid Ungu adalah Rp. 25.000,- pada hari kerja, sedangkan untuk waterboom Masjid Perahu Cicurug, tiket masuknya Rp. 35.000,- pada akhir pekan.

Sewa ban single dikenakan biaya Rp. 40.000,- dan untuk ban double harganya Rp. 50.000,-. Biaya parkir untuk motor adalah Rp. 5.000,-, sementara untuk mobil dikenakan Rp. 10.000,-. Anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis.

Hal yang Menjadi Daya Tarik

Dari namanya saja Masjid ini sudah membuat penasaran. Memang itulah yang menjadi daya tarik utama tempat wisata religi ini. Selain itu disini juga ada waterboom. Nah untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini:

1. Desain Bangunannya Unik, Menyerupai Perahu

Masjid Sri Soewarto, yang lebih dikenal sebagai Masjid Perahu Cicurug, didirikan pada tahun 2019 dan resmi dibuka pada 23 Desember 2023. Masjid ini memiliki desain yang sangat khas dan mencolok dengan memilih bentuk perahu sebagai elemen utamanya.

Masjid Perahu Cicurug berfungsi seperti masjid pada umumnya dan terdiri dari tiga lantai dengan kubah emas di bagian atasnya, yang sekilas mirip dengan kubah Masjid Al-Aqso di Palestina. Pengunjung dapat naik ke atas menara Masjid Ungu ini menggunakan lift.

Keunikan bentuknya menarik banyak pengunjung untuk berfoto terlebih dahulu sebelum menjelajahi lebih jauh Masjid Perahu ini.

2. Terdapat Waterboom

Inilah yang menjadi pembeda dan daya tarik kedua dari Masjid Perahu Cicurug. Mungkin akan timbul pertanyaan, mengapa sebuah masjid memiliki tiket masuk?

Tiket masuk yang disebutkan sebenarnya adalah tiket untuk mengakses area waterboom di kompleks Masjid ini. Pemilik masjid berusaha menggabungkan wisata religi dengan wisata keluarga dalam satu lokasi.

Waterboom Masjid Perahu Cicurug menawarkan berbagai jenis kolam renang yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pengunjung.

Terdapat kolam renang untuk dewasa yang memungkinkan para pengunjung menikmati berenang dengan kedalaman yang lebih sesuai.

Selain itu, disediakan pula kolam khusus anak-anak yang aman dan menyenangkan bagi mereka. Tidak ketinggalan, ada kolam arus yang menawarkan pengalaman berenang yang lebih dinamis dengan aliran air yang terus bergerak.

Sebagai tambahan, terdapat juga kolam terapi ikan yang memberikan pengalaman unik di mana pengunjung bisa merasakan sensasi terapi dengan ikan-ikan kecil yang membantu membersihkan kulit.

Menariknya, setiap kolam di Waterboom ini dilengkapi dengan penutup di bagian atasnya. Penutup ini menciptakan suasana semi-outdoor yang memberikan kenyamanan ekstra, terutama saat cuaca tidak bersahabat.

Baik ketika hujan turun ataupun saat matahari sedang terik, pengunjung tetap bisa berenang dengan nyaman tanpa khawatir akan kondisi cuaca.

Jadi itulah sedikit review tentang Masjid Perahu yang ada di Cicurug. Karena keunikan desain bangunannya Masjid ini sempat viral. Apalagi di sebelahnya ada waterboom, tentu sama sekali berbeda dengan Masjid-masjid lain.

You might like