Wisata Alam dan Edukasi di Bukit Baros Sukabumi

32 Likes comments off
Wisata Bukit Baros Sukabumi

Sebandung.com – Sukabumi memang tidak semegah dan seramai kota besar di sekitarnya, seperi Bandung dan Bogor. Namun, Sukabumi ternyata menyimpan banyak pesona wisata alam yang layak dikunjungi. Sukabumi merupakan wilayah yang wisata alamnya lengkap, baik itu di Kota Sukabumi maupun Kabupaten Sukabumi. Ada wisata alam pantai yang terkenal yaitu wisata Pantai Pelabuhan Ratu dan Karang Hawu. Yang terkini dan kekinian ada wisata alam Geopark yang sudah terkenal keindahannya sampai mancanegara. Untuk wilayah pegunungan ada wisata kemping di Situ Gunung yang terkenal dengan jembatan gantungnya dan Pondok Halimun yang terkenal dengan alamnya yang hijau dan sejuk.

Untuk warga Kota Sukabumi yang ingin rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari dan menghabiskan waktu bersama keluarga bisa mengunjungi tempat wisata Selabintana. Di sana ada fasilitas kolam renang dan area hijau berbukit yang indah. Cocok untuk acara bersama keluarga maupun acara outbound instansi.

Ternyata tidak hanya itu, Sukabumi masih menyimpan beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga yaitu salah satunya Bukit Baros yang terletak di Desa Sagaran, Kebonpedes.

Wisata Bukit Baros Sukabumi
Tangkapan layar Youtube @wahasofficial

Akses Menuju Lokasi

Jika wisatawan yang akan berkunjung ke Bukit Baros dari arah Bandung, bisa langsung melewati bundaran Sukaraja dan masuk ke arah terminal Sukaraja. Lalu bertemu dengan pertigaan dan mengambil jalan yang ke arah kanan menuju Cirenghas. Ikuti terus jalan melewati Polsek Kebonpedes dan kemudian masuk ke Desa Sagaran. Nanti akan ada plang petunjuk arah Wisata Bukit Baros.

Ikuti jalan menuju area wisata dan melewati jalan yang di sisi kiri dan kanannya ada pohon-pohon kelapa sawit. Nanti akan disambut oleh pos penjaga dan di sana bisa membeli tiket masuk per orang 25.000. Untuk menuju lokasi bisa menggunakan kendaraan pribadi, taksi online, ataupun ojek. Jalanan cukup bagus dan rata. Sinyal pun bagus sehingga tidak akan kesulitan jika menggunakan taksi online menuju lokasi.

Ada Apa Saja di Wisata Alam Bukit Baros?

Pengunjung akan disambut area hijau hutan pinus yang indah seluas 27 hektar. Di sela-selanpepohonan terdapat banyakfasilitas permainan untuk anak seperti ayunan anak, hammock, permainan jaring, bahkan spot-spot foto yang instragamable. Banyak keluarga yang menggelar tikar dan bersantap di sana sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan hijau yang menyejukkan mata.

Menyusuri area Bukit Baros memang tidak membosankan, di sana terdapat kastil yang bida dinaiki dan dijadikan spot foto yang menarik. Berdiri di atas kastil yang berada di tengah hutan pinus menjadi pengalaman menarik bagi pengunjung.

Jika pengunjung terus menelusuri jalanan akan tiba di sebuah area tempat makan yang menyajikan aneka hidangan khas Sunda. Di sana juga terdapat aneka camilan dari susu seperti yoghurt, keju, stik keju, dan lain-lain. Di belakang area makan juga terdapat kolam renang anak dan taman yang dilengkapi kolam renang, gazebo, saung-saung, dan taman indah dengan hammock untuk beristirahat. Anak-anak sangat senang menghabiskan waktu di area ini apalagi bermain air di kolam renang yang aman untuk anak.

Pabrik Keju Legendaris

Siapa sangka di Sukabumi terdapat pabrik keju yang legendaris. Ternyata, sebelum dibuka sebsgsi tempat wisata, di Bukit Baros ini terdapat pabrik keju yang sudah terkenal yaitu PT Bukit Baros Cempaka. Wisata Bukit Baros juga membuka paket wisata One Day Trip. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam di Bukit Baros, bersantai besama keluarga, juga mengunjungi Pabrik Pengolahan Keju.

Pengunjung dapat langsung melihat pembuatan keju mozarella, demo pembuatan teh, dan berkunjung ke Pabrik Keju.

Berwisata ke Bukit Baros tidak hanya bisa menikmati keindahan alam tapi juga bisa mendapatkan wisata edukasi tentang pembuatan keju. Paket wisata lengkap untuk keluarga, bukan? Jadi buat wisatawan dari luar Sukabumi, jangan sungkan untuk berkunjung ke Bukti Baros dan menikmati pesona Wisata Bukit Baros, Sukabumi.

Penulis: Rani Yulianty

You might like