Yuk Kenali 8 Kuliner Bogor Yang Bisa Bikin Ngiler Dan Bisa Goyang Ngebor!

Kota Bogor

Kota Bogor | Foto : www(dot)bukuwisata(dot)com

Bogor merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal sebagai kota hujan. Berada di selatan Kota Jakarta, Bogor seringkali menjadi tujuan wisata bagi kalangan masyarakat ibukota. Selain karena memiliki tempat wisata yang cukup beragam, dan suasananya yang nyaman, kota hujan ini juga memiliki makanan yang khas. Banyak kuliner Bogor yang lezat dan juga sayang untuk dilewatkan. Beberapa di antaranya bahkan sering dijadikan buah tangan bagi wisatawan dari kota lainnya.

Berikut ini beberapa makanan khas Kota Bogor;

1. Toge Goreng

Toge Goreng Khas Bogor

Toge Goreng Khas Bogor | Foto : windamaki(dot)wordpress(dot)com

Toge goreng merupakan salah satu makanan khas Kota Bogor yang hingga saat ini masih banyak penggemarnya. Salah satu makanan khas Bogor ini memang jarang sekali ditemukan di kota-kota lain. Meskipun namanya toge goreng, namun cara pengolahannya sama sekali tidak melalui proses penggorengan.

Cara membuat makanan khas Bogor ini adalah dengan merebus toge yang kemudian dicampur dengan mie telor berwarna kuning dan irisan tahu goreng. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu kuah kacang yang berbahan dasar tauco, oncom, dan kecap manis.

2. Bapatong

Bapatong Khas Bogor

Bapatong Khas Bogor | Foto : anekatempatwisata(dot)com

Bapatong merupakan singkatan dari bakso kupat gentong. Seperti singkatannya, bapatong ini makanan yang mencampurkan ketiga bahan utama, yaitu ketupat dan bakso dengan potongan daging yang disiram dengan kuah bakso dari kaldu sapi. Di Bogor sendiri, bapatong ini bisa ditemui di Jl. Pangrangi No. 1, Bogor.

3. Laksa Bogor

Laksa Bogor

Laksa Bogor | Foto : www(dot)asiafinest(dot)com

Laksa Bogor adalah salah satu laksa terkenal di Indonesia selain laksa Betawi. Laksa sendiri merupakan penganan berkuah yang dalam Bahasa Sansakerta berarti banyak. Banyak disini merunut pada penggunaan bumbu yang banyak jenisnya, sehingga jadilah nama laksa ini dipilih untuk makanan berkuah yang bisa ditemui dibeberapa kota lainnya juga.

Berbeda dengan laksa dari daerah lain, laksa Bogor tidak menggunakan mie sebagai bahan utamanya. Mie diganti dengan lontong bihun. Keunikan dari laksa Bogor ini adalah campuran oncom yang tidak akan ditemukan pada laksa sejeninya. Laksa Bogor yang terdiri atas ketupat, toge rebus, kemangi segar, tahu goreng, dan telor rebus yang disiram dengan kuah khas laksa Bogor. Tidak sampai disitu, laksa Bogor ini kemudian diberi taburan serundeng gurih yang menambah citarasa yang khas.

4. Doclang

Doclang Bogor

Doclang Bogor | Foto : wahabisyash(dot)blogspot(dot)com

Doclang merupakan kuliner Bogor yang mirip dengan kupat tahu dan lontong sayur. Yang membuat doclang ini istimewa adalah pesor atau ketupat yang dibungkus dengan daun patat yang hanya ada di kaki Gunung Salak, Bogor. Doclang merupakan penganan berat yang terdiri atas irisan pesor, tahu goreng, kentang rebus, dan telur rebus yang disiram dengan bumbu kacang cair serta kecap.

Untuk menambah kenikmatannya, doclang sering ditambah dengan emping tangkil atau kerupuk. Bagi sebagian penjual doclang yang menjaga kelestarian kuliner Bogor yang satu ini, kecap yang digunakan merupakan kecap cap Zebra. Kecap ini merupakan kecap yang dibuat oleh masyarakat Bogor dan memiliki keunikan dan rasa yang khas.

5. Cungkring

Cungkring Khas Bogor

Cungkring Khas Bogor | Foto : citizen6(dot)liputan6(dot)com

Cungkring merupakan penganan khas Bogor yang terbuat dari kikil sapi. Seperti halnya sate, cungkring menyajikan kikil sapi berbumbu kuning serta disiram dengan bumbu kacang bercitarasa manis. Kikil sapi yang dijadikan cungkring ini biasanya menggunakan kikil bagian kepala. Cungkring biasanya disajikan dengan nasi ketan putih, oncom, atau tempe goreng yang dicampur dengan kelapa parut.

6. Pepes Sagu

Pepes Sagu Khas Bogor

Pepes Sagu Khas Bogor | Foto : www(dot)konfrontasi(dot)com

Di Bogor ada penganan khas yang hanya bisa ditemukan di Jl. Suryakencana, Bogor. Pepes sagu pisang ini merupakan olahan tepung sagu yang lembut ditambah dengan pisang yang legit. Ada ragam pepes sagu yang ditawarkan ditempat ini, di antaranya pepes sagu pisang keju, pepes sagu keju, hingga pepes sagu nangka.

7. Es Pala

Es Pala Khas Bogor

Es Pala Khas Bogor | Foto : www(dot)heibogor(dot)com

Es pala merupakan satu dari sekian banyaknya kuliner Bogor yang menjadi ikon oleh-oleh dari kota hujan tersebut. Es pala sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dan banyak diminati oleh kalangan Belanda pada saat itu. Es pala sendiri merupakan olahan buah pala yang diiris tipis kemudian diberi gula dan sedikit garam. Semua bahan tersebut kemudian direbus dan disajikan saat dingin. Selain lezat, es pala ini ternyata memiliki manfaat lebih, seperti mengatasi insomnia, melancarkan pencernaan, mengurangi nyeri datang bulan pada wanita, serta mengatasi rasa mual.

8. Asinan Bogor

Asinan Bogor

Asinan Bogor | Foto : www(dot)indonesiakaya(dot)com

Kuliner khas Bogor yang menjadi ikon dan salah satu makanan wajib ketika berada di Bogor adalah asinan. Asinan Bogor merupakan penganan hasil dari pencampuran budaya Tionghoa dan Bogor yang sudah ada sejak beratus tahun yang lalu. Ada beberapa jenis asinan Bogor yang bisa dipilih, yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan campuran yang terdiri atas buah dan sayuran.

Dalam pembuatannya, asinan Bogor ini menggunakan sayuran dan buah-buahan segar yang disiram dengan kuah asam bercitarasa pedas dan gurih. Biasanya, masyarakat Bogor menikmati asinan ini dengan kerupuk kuning dan kacang tanah, sehingga mampu memberikan citarasa yang berbeda.

Isian Asinan Bogor

Isian Asinan Bogor | Foto : www(dot)infojajan(dot)com

8 kuliner Bogor ini bisa Anda jadikan buah tangan atau oleh-oleh untuk kerabat yang berada di luar kota. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Tempat Wisata di Bandung Barat yang Punya Keunikan

One Response

Add Comment