8 Kuliner Hitam Bandung Ini Rasanya Gak Se-Ngeri Rupanya!

Kuliner-Hitam-Bandung

Kuliner Hitam di Bandung yang Sedang Hits | Foto: pergidulu(dot)com

Kota Bandung memang terkenal dengan kreatifitas masyarakatnya dalam menciptakan menu kuliner terbaru. Warga Bandung memang lihai meramu segala jenis makanan tradisional menjadi lebih modern dan trendy.

8 Kuliner Hitam Bandung Ini Bikin Ketagihan!

Setelah beberapa bulan lalu muncul berbagai makanan bercitarasa green tea. Kini muncul kuliner hitam Bandung yang unik dan menarik. Tapi tenang, warna hitam pada makanan-makanan ini bukan berasal dari pewarna makanan ataupun pewarna berbahan kimia lainnya. Warna hitam pekat pada makanan tersebut diperolah dari tinta cumi, coklat, kopi dan arang.

Arang? Yaps, sebagian besar masyarakat Indonesia mempercayai jika arang memiliki khasiat untuk kesehatan, lho. Oleh karena itu, beberapa kuliner hitam Bandung ini menggunakan arang sebagai alternatif pewarnanya.

Lalu, apa saja kuliner hitam Bandung yang sedang trend dan disukai para muda-mudi Bandung ini? Simak uraian berikut ini;

1. Nasi Kalong

Nasi-Kalong

Nasi Kalong Bandung | Foto: wisataomar(dot)blogspot(dot)com

Kuliner hitam Bandung yang pertama adalah Nasi Kalong. Sebenarnya jika dilihat dari warnanya nasi ini tidak berwarna hitam pekat, tapi berwarna ungu gelap. Warna tersebut dari percampuran antara nasi merah yang diolah dengan bumbu kluwek hitam dan bumbu rempah lainnya. Namun, masyarakat Bandung menyebutnya nasi hitam, mungkin karena warnanya yang gelap kali ya.

Nasi hitam di warung Nasi Kalong ini disajikan dengan berbagai lauk pauk yang bisa kita pilih sendiri sesuai keinginan. Ada lebih dari 20 jenis lauk pauk yang tersedia di meja prasmanan. Dari banyaknya pilihan lauk yg tersedia, ada menu yang wajib di coba, yaitu tumis buncis bakar dan ayam goreng. Kedua makanan itu terkenal kelezatannya bila dikombinasikan dengan nasi hitam panas.

Memang menu sangat sederhana tidak istimewa, tapi begitu suapan pertama masuk mulut ada sensasi yang luar biasa. Menu makanan ini menjadi menu favorit yang selalu dipilih para pengunjung Warung Nasi Kalong ini.

Nasi-Kalong-2

Nasi Kalong Ramai Tiap Malam | Foto: hdimagegallery(dot)net

Warung Nasi Kalong ini buka setiap malam dari pukul 19.00 hingga pukul 03.00 subuh. Hal inilah yang menjadikan tempat makan ini dinamakan Nasi Kalong. Tempat makan di Bandung ini berlokasi di Jalan RE. Martadinata (Jalan Riau) No 102, Bandung.

2. Mie Hitam – Mamayu Bakso

Mie-Hitam

Mie Hitam Bandung | Foto: instagram24(dot)com

Mie merupakan salah satu makanan yang tidak pernah bosan kita makan. Kini mie hadir dalam berbagai versi dan rasa, kita bisa memilih sesuai dengan selera.

Jika di Jakarta mie hitam terkenal karena diolah dengan menggunakan tinta yang berasal dari cumi.

Nah, kuliner hitam ini juga hadir di Bandung, namun diolah dengan cara yang berbeda. Warna hitam pekat pada mienya juga bukan berasal dari tinta cumi atau pewarna makanan.

Salah satu kuliner hitam Bandung ini diolah berbagai bumbu rahasia si empunya. Warna hitam mie tersebut berasal dari arang bambu, lho. Tapi jangan khawatir sejak zaman dahulu arang bambu memang sering digunakan sebagai bahan pelengkap makanan serta berkhasiat untuk pengobatan.

Mie hitam dengan rasa asin memang menjadi favorit, tekstur mie hitamnya yang kenyal dengan bumbu yang pas membuat kelezatan mie ini bertambah. Bukan hanya itu, mie hitam ini disajikan dengan potongan ayam dan jamur, tak lupa mie ini juga dilengkapi dengan kuah kaldu sapi yang sangat gurih.

Mie-hitam-2

Mie Hitam di Mamayu Bakso Jalan Pasundan Bandung | Foto: duniakulinerbandung(dot)com

Bagi Anda yang ingin mencicipi salah satu kuliner Bandung ini datang lah ke Mamayu Mie Bakso. Tempat makanan ini beralamat di Jalan Pasundan No. 66, Bandung. Selain itu, Mamayu Bakso juga membuka konter makanan di Food Lot Pasar Modern Batununggal.

3. Martabak Mr. Black

Martabak-Mr-Black

Martabak Hitam Mr. Black Bandung | Foto: pergidulu(dot)com

Kuliner hitam di Bandung selanjutnya adalah Martabak Mr. Black. Ya, jika dilihat dari namanya kita bisa menjamin bahwa martabak yang ditawarkan pasti berwarna hitam. Martabak ini hadir di Bandung sudah lama sebetulnya dan menjadi favorit masyarakat Bandung.

Martabak di tempat ini memang dibuat berbeda dengan martabak pada umumnya, berbagai warna dan rasa dari martabak bisa kita dapatkan di Mr. Black ini. Jika warna hitam pada mie Mamayu berasal dari arang bambu, nah warna hitam martabak ini berasal dari coklat dan kopi.

Menu-Andalan-Mr-Black

Salah Satu Menu Martabak Mr. Black | Foto: www(dot)qraved(dot)com

Martabak Mr. Black ini memang menawarkan berbagai versi martabak, dari mulai martabak dengan adonan rasa kopi, rasa coklat, rasa green tea, dan masih banyak lagi. Memang hanya adonan martabaknya saja yang dibuat unik, topping martabaknya sama dengan martabak lain, seperti keju, pisang, kacang, jagung, dan lain-lain.

Menu yang menjadi andalan martabak Mr. Black adalah Original Choclate Cheese Capuccino. Ya, rasa coklat dan cappuccinonya benar-benar menyatu ditambah lagi dengan taburan keju yang gurih, menambah kelezatan martabak ini

Martabak-Mr-Black-2

Gerobak Martabak Mr. Black Tersebar Dimana-mana | Foto: id(dot)openrice(dot)com

Harga yang dibanderol Martabak Mr. Black ini juga tak membuat kantong Anda kering. Harga per satu loyang martabaknya dibanderol Rp28.000 hingga Rp31.000 saja.

Martabak Mr. Black ini berjualan dengan menggunakan gerobak, kita bisa menemukan Mr. Black ini dimana-mana. Salah satu cabang Mr. Black ini berada di Jalan Terusan Jakarta, Antapani, Bandung (depan Borma Antapani).

4. Nasi Goreng Hitam – Warung Legoh

Nasi-Goreng-Hitam

Nasi Goreng Hitam Bandung | Foto: id(dot)openrice(dot)com

Sama dengan Nasi Kalong dan Martabak Mr. Black, keberadaan nasi goreng hitam ini sudah lama hadir di Bandung. Tak seperti Nasi Kalong, nasi goreng ini benar-benar berwarna hitam pekat. Warna hitamnya didapatkan dari tinta cumi.

Nasi goreng hitam ini disajikan sangat sederhana tanpa banyak topping atau pelengkap di piringnya. Hanya tersaji satu buah telor ceplok dengan irisan cabe rawit dan potongan cumi saja. Rasa pedas dari cabe rawit dipadukan dengan lezatnya potongan cumi dan telor ceplok menjadikan menu ini sebagai menu favorit para pengunjung yang datang.

Salah satu kuliner hitam Bandung ini bisa kita temukan di Warung Legoh. Warung ini berlokasi di Jalan Sultan Agung No. 9. Anda tidak akan sulit menemukan warung ini, karena tempatnya bersebelahan dengan deretan distro terkenal di Bandung.

5. Burger Hitam

Burger-Hitam-Bandung

Burger Hitam Bandung | Foto: www(dot)tripadvisor(dot)com

Seiring dengan maraknya kuliner di Bandung memaksa masyarakat untuk ikut menciptakan inovasi makanan serba hitam lainnya. Salah satu inovasi kuliner hitam Bandung adalah burger hitam. Burger hitam ini bisa kita dapatkan di Burgerocks yang berlokasi di Jalan Riau No. 18. Kedai burger ini berupa Counainer besar yang tepat berada di depan sebuah FO ternama di Bandung.

Di Burgerocks ini kita bisa memilih berbagai varian burger hitam yang diberi nama unik, seperti Smoky Bandits, GodFather, Trinity, Chumbawamba, Amighty , Double Almighty, dan Triple-X. Selain burger, tempat ini juga menawarkan hotdog dengan menggunakan roti hitam juga.

Burger-Hitam-Bandung-2

Burger Hitam di Burgerocks Bandung | Foto: eatinguntildiee(dot)blogspot(dot)com

Harga burger hitam di Burgerocks ini dibanderol mulai Rp30.000 hingga Rp86.000. Bukan hanya di Burgerocks saja kita bisa mendapatkan burger hitam. Tempat-tempat di Bandung yang menjual burger hitam, diantaranya Sonoma Resto di Jalan Bengawan No. 33 dan Black Burger di Jalan Dipatiur (Sebrang Kampus Unpad).

6. Ice Cream Hitam

Ice-Cream-Hitam-Koyuki

Ice Cream Hitam Koyuki Bandung | Foto: www(dot)online-instagram(dot)com

Kuliner hitam Bandung yang sedang hits dikalangan anak muda Bandung ini bernama Koyuki Japanese Ice Cream. Jika kebanyakan ice cream berwarna putih, coklat, pink, dan warna cerah lainnya yang berasal dari buah-buahan, ice cream yang satu ini memiliki warna hitam pekat yang unik.

Warna hitam ice cream ini berasal dari Charcoal atau arang bambu. Ice cream ini memang benar-benar hitam gelap, namun saat dimakan rasanya tak sengeri warnanya, lho. Koyuki ice cream ini bisa kita temukan di pusat perbelanjaan Riau Junction, di Jalan RE. Martadinata.

Koyuki ice cream ini menawarkan dua pilihan rasa, yaitu ice cream hitam Charcoal dan ice cream rasa green tea. Harga ice cream hitam ini hanya Rp10.000 per cone atau cup. Ice cream ini disajikan dengan beberapa topping, yaitu pastry kue kering dan marshmellow.

7. Roti Hitam

Roti-Hitam-Bandung

Roti Hitam Bandung | Foto: instagram(dot)com

Kuliner hitam Bandung yang satu ini berasal dari dunia bakery. Roti yang biasanya berwarna kuning atau coklat, kini disajikan dengan warna yang berbeda, yaitu hitam pekat. Yaps, roti hitam ini memang unik dan lain dari biasanya membuat banyak orang penasawan ingin mencicipinya.

Pertama kali roti hitam ini diproduksi oleh sebuah pabrik roti yang beralamat di Jalan Kopo No. 118 (Dekat Rs. Emanuel), Rotindo. Roti hitam yang dibuat Rotindo ini dihadirkan dalam berbagai jenis, mulai dari roti tawar biasa, roti isi, burger bun dan bread cone hitam. Semua rotinya memang berwarna hitam. Untuk rasanya sendiri tak jauh berbeda dengan roti pada umumnya, yang membedakan hanya warnanya saja.

Selain Rotindo, di Bandung juga ada beberapa toko roti yang menjual salah satu kuliner hitam Bandung ini, diantaranya Baker Street di Jalan Cimandiri No. 18.

8. Pizza Hitam

Pizza-Hitam

Pizza Hitam di Eatalia Bandung | Foto: pergidulu(dot)com

Setelah roti dan burger menjadi hitam, kini giliran pizza yang berubah warna menjadi hitam pekat. Sebuah restoran di Bandung yang memang menawarkan berbagai menu Italia membuat sebuah inovasi baru, yaitu pizza hitam.

Eatalia-Bandung

Menu Pizza Hitam di Eatalia Bandung | Foto: facebook(dot)com

Pizza hitam tersebut diberi nama Charcoal Pizza. Ya, sesuai namanya warna hitam pada pizza tersebut memang berasal dari Charcoal atau arang bambu. Pizza ini memang sama dengan pizza kebanyakan, hanya penggunaan rotinya saja yang berbeda.

Satu Loyang pizza hitam di harga sebesar Rp78.000 per Loyang. Bagi Anda yang ingin mencicipi pizza hitam ini langsung saja berkunjung ke Eatalia Resto di Jalan Lengkong Besar No. 45.

Itulah ke-8 kuliner hitam Bandung yang lagi hits dikalangan anak mudanya. Meskipun warnanya hitam semua makanan di atas memiliki citarasa yang lezat, lho. Jadi kapan Anda akan mencicipi salah satunya?

Baca Juga: Maknyosss! 8 Kuliner Cirebon Ini Bikin Lidah Bergoyang

Add Comment