Pantai Santolo Garut – Pantai Cantik Dijamin Tidak Bikin Cemberut!

Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo Garut | Foto : www(dot)youtube(dot)com

Pantai Santolo Garut merupakan salah satu pantai yang sangat menawan di Jawa Barat. Tidak hanya dikenal sebagai kota penghasil dodol lezat, Garut juga memiliki pantai yang keindahannya sudah terkenal hingga kalangan masyarakat luas.

Terletak sekitar 88 km dari Kota Garut, Pantai Santolo sering digunakan sebagai tempat para nelayan tradisional melakukan kegiatan laut yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawannya. Banyak hal menarik ketika para nelayan tradisional setempat berkumpul di bibir pantai dengan melakukan berbagai persiapan melaut dan juga membawa hasil melautnya.

Pantai Santolo

Keindahan Pantai Santolo Garut

Keindahan Pantai Santolo Garut | Foto : www(dot)kompasiana(dot)com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pantai Santolo merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tepatnya di Kecamatan Cikelet, sebelah selatan pusat Kota Garut. Pantai yang satu ini memiliki hamparan pasir putih yang bertekstur kerikil kecil dan lembut. Air laut yang berwarna biru menambah keserasian alam yang nampak indah apalagi pada pagi dan sore hari. Tidak hanya air laut dan pasir putih yang membuat pantai ini begitu istimewa. Roket milik LAPAN atau Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional juga berada di kawasan pantai ini.

Pantai Santolo

Pantai Santolo | Foto : www(dot)sobatpetualang(dot)com

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan di sekitar Pantai Santolo, pengunjung juga bisa menyewa perahu milik penduduk setempat yang disewakan. Perahu sewaan ini bisa membawa pengunjung berkeliling menyusuri sekitar Laut Santolo yang kedalamannya cukup dangkal.

Santolo Garut

Santolo Garut | Foto : www(dot)youtube(dot)com

Pengunjung juga bisa menikmati hasil laut langsung di Pantai Santolo. Kondisi hewan laut yang masih fresh, membuat rasa dari makanan laut ini semakin lezat dan nikmat. Banyak kios-kios yang berjajar di pinggir pantai yang menyuguhkan berbagai macam jenis makanan khas laut. Ada juga kios-kios yang menjajakan cinderamata khas Santolo yang bisa menjadi alternatif buah tangan bagi pengunjung.

Fasilitas Di Pantai Santolo

Perahu Sewaan Milik Penduduk Setempat

Perahu Sewaan Milik Penduduk Setempat | Foto : www(dot)youtube(dot)com

Meskipun Pantai Santolo Garut tidak seramai seperti pantai-pantai Jawa Barat lainnya, di pantai ini juga tersedia penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam disana. Kisaran harga penginapan di sekitar Pantai Santolo ini adalah Rp 75.000 hingga Rp 300.000. Meskipun harganya yang terjangkau, fasilitas di penginapan ini tidak bisa diremehkan begitu saja.

Pantai Di Kabupaten Garut

Pantai Di Kabupaten Garut | Foto : www(dot)pasirpantai(dot)com

Penginapan ini berada tepat di depan Pantai Santolo, sehingga pengunjung akan merasakan deburan ombak  dan bisa langsung melakukan kegiatan pantai di depan penginapan. Fasilitas didalam penginapan pun cukup lengkap, seperti Ac, televisi, ekstra bed, dan fasilitas-fasilitas umum lainnya tersedia di penginapan ini. Ada juga sebuah kedai makan yang memudahkan pengunjung untuk menikmati makanan dengan harga terjangkau dan lezat.

Akses Menuju Pantai Santolo

Rute Menuju Pantai Santolo Garut

Rute Menuju Pantai Santolo Garut | Foto : hardiandepe(dot)wordpress(dot)com

Ada dua alternatif yang bisa dilalui jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan di Pantai Santolo. Rute nomrla bisa melalui jalur Garut. Dari Garut Kota, pengunjung bisa menuju kearah Cikajang kemudian dilanjutkan ke kawasan Cikelet. Dari Cikelet atau persimpangan jalan, ambil jalur ke kana menuju Pantai Santolo. Melalui jalur ini pengunjung hanya tinggal lurus mengikuti jalur, sehingga sampailah di Pantai Santolo.

Rute Bandung Menuju Pantai Santolo Garut

Rute Bandung Menuju Pantai Santolo Garut | Foto : r15bandung(dot)com

Ada juga jalur dari Bandung, pengunjung tinggal melewati jalur Ciwidey yang kemudian dilanjutkan ke arah Cisewu. Dari Cisewu, pengunjung kemudian bisa mengambil jalur ke arah Bungbulang yang akan mengantarkan Anda ke arah Pameungpeuk Garut. Dari Pameungpeuk, pengunjung bisa melalui kalur Cikajang yang selanjutnya bisa melewati jalur menuju Pantai Santolo Garut.

Menuju Pantai Santolo Garut

Menuju Pantai Santolo Garut | Foto : infogarsela(dot)blogspot(dot)com

Kedua jalur ini bisa dilalui oleh kendaraan bermotor, baik itu kendaraan roda dua ataupun roda empat. Bahkan, beberapa kendaraan umum, seperti ELF pun bisa melalui jalur menuju Santolo ini. Penasaran dengan kawasan wisata laut di Jawa Barat ini? segera jadwalkan hari libur Anda.

Baca juga : Ingin Tahu Apa Saja yang Bisa Dilakukan Di Tempat Wisata di Dago Bandung? Disini Tempatnya!!

One Response

Add Comment