Jangan Datang ke 5 Tempat Wisata di Tasikmalaya Ini!

www.wisatagunung.com

Keindahan alam Gunung Galunggung Tasikmalaya. | Sumber: www.wisatagunung.com

Tasikmalaya merupakan sebuah wilayah di Priangan Timur yang terletak antara Garut dan Ciamis. Selain dikenal sebagai Kota Santri, Tasikmalaya juga memiliki destinasi wisata yang beragam. Ada wisata alam, wisata religi, juga wisata sejarah. Untuk wisata alam sendiri, di Tasikmalaya terdapat banyak tempat yang sangat indah, mulai dari pantai, air terjun, dan pegunungan. Berikut ulasan mengenai beberapa tempat wisata di Tasikmalaya.
1. Pantai Cipatujah

www.disparbud.jabarprov.go.id

Pemandangan Pantai Cipatujah, Tasikmalaya | Sumber: www.disparbud.jabarprov.go.id

Pantai Cipatujah merupakan salah satu tempat wisata di Tasikmalaya yang kaya dengan terumbu karang. Pantai ini termasuk yang terbesar di pantai selatan. Luasnya mencapai 115 hektare. Letak Pantai Cipatujah berada sekitar 74 km dari pusat Kota Tasik ke arah selatan.
Selain keindahan alamnya, Pantai Cipatujah memiliki pasir besi yang sangat baik untuk aktivitas rekreasi. Di pantai itu juga terdapat banyak ikan yang bertelur dan berkembang biak, sehingga baik untuk mata pencaharian nelayan.
2. Gunung Galunggung

www.wisatagunung.com

Kawah Galunggung. Salah satu daya tarik Gunung Galungguing. | Sumber: www.wisatagunung.com

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi aktif yang berada di ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut. Gunung yang memiliki luas sekitar 120 hektare itu dikelola oleh Perum Perhutani. Letaknya sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya.
Selain keindahan pemandangannya, ada beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan oleh Gunung Galunggung. Salah satunya danau yang terletak dalam kawahnya. Danau tersebut berair dingin dan tidak mengeluarkan bau belerang. Ada juga air terjun yang turun dari salah satu bukit di Gunung Galunggung. Seolah-olah air turun dari langit. Di sekitar Gunung Galunggung terdapat wisata pemandian air panas, lengkap dengan fasilitas kolam renang dan bak rendam air panas.
3. Kapung Naga

travel.kompas.com

Rumah adat masyarakat Kampung Naga. | Sumber: www.travel.kompas.com

Kampung Naga termasuk salah satu tempat wisata di Tasikmalaya yang sangat eksotis. Letaknya berada sekitar 30 km dari Kota Tasikmalaya. Tepatnya di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.
Kampung ini dihuni oleh masyarakat yang memegang teguh adat leluhurnya. Adat yang dimaksud adalah adat Sunda. Hal unik dari Kampung Naga bisa dilihat dari susunan bangunan yang seragam, mulai dari arah menghadapnya, potongan, dan bahan bangunannya.
Kampung Naga memiliki pemandangan yang sangat indah dari jauh. Ini karena letaknya yang berada dilembah subur. Belum lagi dialiri oleh Sungai Ciwulan, yang bermata air di Gunung Cikuray, Garut.
4. Curug Dendeng

www.indonesia-tourism.com

Curug Dengdeng yang terdiri dari tiga tingkat. | Sumber: www.indonesia-tourism.com

Curug Dengdeng terletak tak jauh dari pantai selatan. Tepatnya, di Desa Cikawung Gading, Kampung Caringin, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasik. Jarak menuju ke sana sekitar 90 km dari pusat Kota Tasikmalaya dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.
Ada tiga tingkat air terjun di Curug Dengdeng. Air terjun paling tinggi mencapai 13 m ketinggiannya. Dari titik ini Anda bisa meliha pemandangan Sungai Cikembang. Sementara air terjun yang lainnya ada yang mencapai 11 m dan 9 m ketinggiannya. Sebagai tempat wisata di Tasikmalaya, keindahan alam Curug Dengdeng sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.
5. Situ Gede

www.youtube.com

Pemandangan Situ Gede dari atas: | Sumber: www.youtube.com

Satu lagi tempat wisata di Tasikmalaya yang perlu kamu ketahui adalah Situ Gede. Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan luas sekitar 47 hektare. Kedalaman air Situ Gede antara 1,5 hingga 6 meter.
Kawsan wisata Situ Gede terletak sekitar 5 km dari pusat Kota Tasikmalaya ke arah barat. Tepatnya di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Sebagai objek wisata, Situ Gede memiliki fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya mushola, taman, jogging track, penyewaan rakit dan perahu, serta tolilet.

Add Comment