Mitos dan Daya Tarik Wisata Pelabuhan Ratu Sukabumi

www.travyde.com

Pemandangan Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi | Foto: www.travyde.com

Siapa yang tak kenal Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi? Pantai ini termasuk pantai teluk yang unik. Pantai Pelabuhan Ratu merupakan paduan antara pantai landai dan pantai curam. Di satu sisi dikelilingi hutan-hutan cagar alam, dan di sisi lainnya terdapat karang-karang terjal yang dihempas gelombang ombak. Legenda Nyi Roro Kidul yang disandingkan dengan Laut Selatan semakin melengkapi daya tarik Pantai Pelabuhan Ratu.

Pada zaman Hindia-Belanda, Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi dikenal dengan sebutan Wijnkoops-Baai. Pelabuhan Ratu merupakan nama kecamatan di Kabupaten Sukabumi, sekaligus menjadi nama ibu kota Kabupaten Sukabumi sendiri. Letaknya berada di sebelah barat daya kawasan kabupaten dan pesisir Samudra Hindia.

Saat ini, Pelabuhan Ratu Sukabumi dikenal sebagai destinasi wisata Pantai Selatan. Jarak dari Kota Sukabumi ke Pelabuhan Ratu berada sekitar 60 km ke sebelah selatan. Deretan karang dan ombak yang kuat menjadi ciri khas Pantai Pelabuhan Ratu.

Destinasi Wisata

Sejak zaman Presiden Soekarno, Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi memiliki daya tarik yang tinggi. Pada tahun 1960, Presiden Soekarno mendirikan tempat peristirahatannya di Tenjo Resmi. Di masa yang sama, Samudra Beach Hotel didirikan. Hotel ini merupakan salah satu yang termewah di zamannya. Konon, untuk membangun hotel ini, negara menggunakan dana rampasan perang dari Jepang. Ada pun tempat lain yang dibangun di era yang sama adalah Bali Beach Hotel, Pusat Perbelanjaan Sarinah, dan Hotel Indonesia.

bandung.panduanwisata.id

Samudra Beach Hotel | Foto: www.bandung.panduanwisata.id

Seiring naiknya popularitas Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, pembangunan hotel dan villa pun kian gencar. Salah satu villa yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Pondok Dewata Resort. Losmen-losmen kecil pun semakin marak dibangun. Harga sewa losmen-losmen ini lebih bersahabat dengan dompet.

Ada beberapa lokasi wisata lain di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, di antaranya Pantai Karang Hawu. Jarak dari Pantai Pelabuhan Ratu ke Karang Hawu sekitar 20 Km. Karang yang menjorok ke laut di pantai ini memiliki lubang di beberapa bagian. Bentuknya menyerupai tungku atau ‘hawu’ dalam Bahasa Sunda. Selain Pantai Karang Hawu ada juga Pantai Tenjo Resmi, Kebon Kelapa, Break Water, Cibangban, Citepus, Cimaja, dan Pantai Cibareno.

bandung.panduanwisata.id (2)

Gerbang Pantai Karang Hawu | Foto: www.bandung.panduanwisata.id

Pantai di kawasan Pelabuhan Ratu setidaknya memiliki 9 titik lokasi untuk berselancar. Di antaranya, Ujung Genteng, Ombak Tujuh, Sunset Beach, Indicator, Karang Haji, Cimaja, Samudra Beach, Karang Sari, dan Batu Guram. Setiap pantai memiliki karakter dan tingkat kesulitan yang berbeda.

bungaayuresort.com

Peselancar di atas ombak | Foto: www.bungaayuresort.com

Selain wisata pantai, di kawasan Pelabuhan Ratu juga terdapat wisata air panas. Letaknya berada di Cisolok, sekitar 17 km dari Pantai Pelabuhan Ratu. Keunikan wisata air panas Cisolok tedapat pada semburan air panas yang keluar dari batu. Ada tiga titik air panas yang suhunya mencapai sekitar 80 derajat celcius.

www.indosata.info

Semburan air panas Cisolok | Foto: www.indosata.info

Mitos dan Tradisi

Bicara tentang Pelabuhan Ratu Sukabumi, rasanya belum lengkap tanpa menyinggung legenda Penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Berdasarkan mitos yang beredar, Nyi Roro Kidul merupakan ratu dari sebuah kerajaan mahluk halus terbesar di Laut Selatan.

wisata.kompasiana.com

Ilustrasi Nyi Roro Kidul | Foto: www.wisata.kompasiana.com

Masyarakat sekitar Pelabuhan Ratu Sukabumi sendiri rutin mengadakan ritual upacara adat setiap bulan april. Ritual itu dikenal juga dengan Hari Nelayan. Tujuannya agar terhindar dari bencana, juga sebagai bentuk syukur atas rezeki yang didapat dari hasil laut. Dalam upacara ini biasanya disiapkan kepala kerbau sebagai sesaji. Nantinya kepala kerbau itu dihanyutkan ke tengah laut sebagai persembahan.

Add Comment