10 Tempat Wisata Kuliner Bandung Kawasan Dago yang Romantis dan Eksotis

Wisata Kuliner Bandung Kawasan Dago

Wisata Kuliner Bandung Kawasan Dago | Foto : a-kuliner(dot)blogspot(dot)com

Tempat wisata kuliner Bandung yang berada di kawasan Dago memang banyak menarik perhatian. Tidak hanya memberikan menu makanan yang lezat, wisata kuliner di kawasan Dago ini juga meyuguhkan tempat yang indah dan juga romantis.

Seperti yang sudah banyak diketahui, Dago merupakan kawasan di Bandung yang banyak dituju oleh wisatawan. Selain memiliki beberapa tempat belanja dan memburu wisata kuliner, Dago juga banyak menyuguhkan wisata alam dengan pemandangan sangat bagus. Tidak heran jika saat ini banyak tempat makan yang terkenal di kawasan Dago.

Berikut ini 10 tempat wisata kuliner di Kawasan Dago Bandung;

1. Congo Café and Gallery

Congo Café and Gallery

Congo Café and Gallery | Foto : mirayamira(dot)wordpress(dot)com

Congo Café and Gallery berada di Jl. Rancakendal Luhur No. 8, Dago Pakar. Di tempat ini Anda tidak hanya bisa menikmati sajian makanan yang tentunya menggugah selera, tetapi juga menikmati gallery seni yang terbuat dari kayu-kayu antik, seperti kayu jati dan jenis-jenis kayu lainnya. Tempat wisata kuliner ini cukup besar dengan lahan parkir yang juga cukup luas. Bagi pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, dapat memarkirkan kendaraannya secara aman dan gratis.

Menu di Congo Cafe

Menu di Congo Cafe | Foto : ziggy1st(dot)wordpress(dot)com

Menyajikan menu-menu makanan yang menggugah selera, tidak berarti pengelola menarifkan tinggi harga setiap menunya. Menu yang disediakan di tempat makan ini dibandrol dari harga mulai Rp. 15.000. bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam dan makanan yang enak, Congo Café and Gallery ini buka setiap hari pada pkl 10.00 hingga 23.00 WIB.

2. Boemi Joglo

Boemi Joglo Dago Bandung

Boemi Joglo Dago Bandung | Foto : adeknakemal(dot)blogspot(dot)com

Boemi Joglo merupakan tempat makan yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana tradisional dan alami. Di Boemi Joglo, pengunjungnya diharuskan menaiki beberapa anak tangga untuk mencapai tempat makan.

Ketika mencapai tempatnya, Anda akan diberi pilihan untuk bisa menikmati menu makanan Khas Jawa Barat. Anda bisa memilih makan di saung, di dalam rumah, tenda payung, atau bisa juga di balkon. Semua tempat tersebut sangatlah nyaman digunakan. Anda juga bisa langsung menikmati Kota Bandung dari tempat ini.

Perjalanan Menuju Boemi Joglo Bandung

Perjalanan Menuju Boemi Joglo Bandung | Foto : id(dot)openrice(dot)com

Untuk hidangan makanan, menu yang disajikan pun tidak jauh dari konsep dekorasi Boemi Joglo, yaitu khas Jawa Barat dan tradisional. Ada nasi liwet yang disajikan dalam berbagai variasi dengan wangi khas dari nasi liwet yang menggugah selera.

Selain itu, ada juga sate maranggi yang gurih dan menggoyang lidah. Pengunjung tidak perlu khawatir soal harga, di tempat makan ini, menu makanan dibandrol dari harga mulai Rp 20.000 untuk makanan berat, Rp 1.500 untuk makanan ringan atau camilan,  dan Rp 3.500 untuk menu minuman.

Nasi Liwet Komplit Boemi Joglo

Nasi Liwet Komplit Boemi Joglo | Foto : www(dot)tripadvisor(dot)com

Bagi Anda yang ingin mencoba datang dan menikmati suasana dan kelezatan di tempat wisata kuliner Bandung ini, bisa langsung datang ke Jl. Rancakendal Luhur No. 17, Dago Pakar Bandung.

3. Kopi Ireng

Kopi Ireng Bandung

Kopi Ireng Bandung | Foto : bandung(dot)panduanwisata(dot)com

Kopi Ireng merupakan surga bagi Anda pecinta kopi. Tempat ini menyediakan berbagai macam kopi yang disajikan oleh peracik kopi handal, bernama Karneli Sadikin. Tentu, bagi pecinta kopi, nama Karneli Sadikin sudah tidak asing lagi sebagai seorang yang ahli meracik kopi.

Menu Di Kopi Ireng

Menu Di Kopi Ireng | Foto : www(dot)streetdirectory(dot)co(dot)id

Tidak hanya kopi, ada menu-menu makanan juga yang bisa Anda coba di tempat wisata kuliner ini. Mulai dari makanan camilan hingga menu makanan berat tersedia di Kopi Ireng. Bagi Anda yang ingin mencicipi kopi dengan suasana alam dan pemandangan Bandung yang menakjubkan, kunjungi tempat wisata kuliner ini di Jl. Bukit Pakar Timur No. 1, Dago Pakar, Bandung.

4. Stone Café

Stone Cafe Bandung

Stone Cafe Bandung | Foto : www(dot)tripadvisor(dot)co.id

Stone café adalah salah satu pilihan restoran yang terletak di kawasan Dago Pakar, Bandung. Restoran yang mengusung konsep Eropa Klasik ini menghadirkan suasana alam pedesaan yang menyenangkan untuk pengunjung. Banyak batu-batu kali menghiasi dinding-dinding kafe. Inilah yang membuat pengelola café memberi nama “stone” pada café tersebut.

Terletak di Jl. Rancakendal Luhur No. 5, Dago Pakar Bandung, Stone Café memang memberikan suasana rileks, nyaman, dan natural kepada pengunjungnya. Di kafe ini pengunjung bisa memilih tempat untuk bisa menikmati makanan yang disajikan.

Menu Di Stone Cafe Bandung

Menu Di Stone Cafe Bandung | Foto : www(dot)steppingstonecafe(dot)com

Pengunjung bisa menikmati hidangan di dalam ruangan, disebuah gazebo besar yang merupakan bangunan utama yang terdiri atas tiga lantai. Ada juga gazebo-gazebo kecil berada diluar bangunan utama (outdoor) dengan konsep lesehan yang dilengkapi dengan bantal-bahtal kecil untuk pengunjung.

Untuk pilihan menu, pengunjung bisa menikmati berbagai menu pilihan, mulai dari menu utama, menu pendamping, hingga minuman. Harganya pun cukup terjangkau, untuk makanan range harga dimulai dari Rp 35.000 hingga Rp. 100.000, sedangkan untuk minuman, dibandrol dengan harga mulai Rp 10.000.

5. The Valley Bistro Café

Suasana Romantis di The Valley Bandung

Suasana Romantis di The Valley Bandung | Foto : indonesiasupertraveller(dot)blogspot(dot)com

The Valley Bistro Café merupakan sebuah penginapan sekaligus restoran yang banyak dikunjungi wisatawan asing maupun lokal. Berada di Jl. Lembah Pakar Timur No. 28, The Valley Bistro Café ini berdiri sebagai sebuah penginapan yang dilengkapi dengan 37 kamar deluxe dan 5 villa eksklusif, serta sebuah dua resto pilihan, Bistro Café dan Suki Garden.

Restoran ini menyediakan berbagai pilihan menu makanan, baik makanan internasional maupun lokal yang tentunya banyak digemari oleh pengunjung. Menu-menu pilihan, seperti aneka menu steak, cream soup, sate, olahan daging, dan lain sebagainya menjadi favorit banyak pengunjung. Menu makanan tersebut bisa dinikmati dengan rate harga mulai dari Rp. 30.000.

Menu di The Valley Bandung

Menu di The Valley Bandung | Foto : www(dot)jakarta100bars(dot)com

Tidak hanya dari segi makanannya, restoran ini juga banyak disukai wisatawan. Pemandangan dan pilihan tempat yang disediakan juga menjadi sebuah kelebihan dari restoran yang berada di Dago Pakar. Pengunjung bisa memilih, outdoor maupun indoor yang sama-sama memberikan nuansa romantis dan alami.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati nuansa alami dan romantis di The Valley Bistro Cafe, tidak perlu mengkhawatirkan soal rute jalan. Tempat ini bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi dengan mudah. Pengunjung hanya perlu mengikuti arah menuju Terminal Dago kemudian dilanjutkan lagi ke Jl. Kanayakan atau Bukit Pakar Timur. Dari jalan tersebut, pengunjung dapat dengan mudah menjangkau The Valley Bistro Café Bandung. Pengunjung juga bisa memesan tempat atau booking di line telepon (022) 253 1052.

6. Lisung Café

Lisung Cafe Bandung

Lisung Cafe Bandung | Foto : apenanddiary(dot)blogspot(dot)com

Butuh referensi wisata kuliner Bandung romantis dan alami? Lisung Café jawabannya. Lisung Café merupakan sebuah resto dengan nuansa alam yang terletak di Jl. Dago Pakar Timur No. 111, Bandung. Kebanyakan dari pengunjung di kafe ini merupakan sepasang muda-mudi. Tapi, bukan berarti tempat ini hanya untuk pasangan kekasih. Banyak juga yang menjadikan tempat ini sebagai tempat makan bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja sekalipun.

Sebagai tambahan informasi, Lisung merupakan sepasang alat yang biasa digunakan untuk menumbuk padi. Sepasang alat ini bekerja satu sama lain, artinya jika tidak ada satu alat maka alat tersebut tidak bisa digunakan. Inilah simbolisasi dari kafe ini yang membuat banyak pasangan berkunjung ke tempat tersebut.

Makan di Lisung Bandung

Makan di Lisung Bandung | Foto : kuliner(dot)panduanwisata(dot)com

Untuk menambah suasana romantis dan hangat, Lisung Café ini menyediakan berbagai macam menu yang tentunya menggugah selera. Berbagai menu makanan, mulai dari menu western, menu tradisional, atau kombinasi keduanya banyak difavoritkan oleh pengunjung. Harganya pun cukup terjangkau, menu makanan yang tersedia di tempat ini dibandrol mulai dari harga Rp. 20.000.

Yang unik dari tempat makan ini dibanding tempat lain adalah adanya tempat Lovelock. Lovelock di Lisung Café tidak kalah dengan lovelock yang terletak di Paris, Cologne, Praha, Seoul, atau tempat lovelock lainnya. Lisung Café juga menyediakan tempat lovelock yang menarik dan banyak disukai pengunjung.

Klotok Lisung Cafe Bandung

Klotok atau Lovelock Lisung Cafe Bandung | Foto : lisung-bandung(dot)blogspot(dot)com

Jika di tempat lain lovelock disimbolkan dengan gembok tanpa kunci maka di Lisung Café terdapat kelotok sapi atau bel yang diikatkan dileher sapi yang didalamnya bisa diberi gembok. Di kelotok tersebut pengunjung bisa menuliskan namanya dengan pasangan dengan gembok yang menjadi sebuah pengikatnya.

Penasaran dengan tempat yang satu ini? Segera kunjungi tempat tersebut.

7. Rumah Payung Café And Resto

Rumah Payung Cafe & Resto

Rumah Payung Cafe & Resto | Foto : kuliner(dot)panduanwisata(dot)com

Satu lagi tempat yang juga memberikan nuansa romantis pada pengunjung, yaitu Rumah Payung Café and Resto. Disini pengunjung disuguhi dengan suasana alam yang tentunya menambah nuansa romantis yang lebih dari sekadar candle light dinner atau bunga mawar merah yang menjadi simbol keromantisan.

Terdapat dua pilihan tempat yang bisa pengunjung pilih untuk menikmati hidangan yang dipesan, yaitu indoor maupun outdoor. Di tempat ini juga pengunjung bisa menikmati joglo-joglo yang tersedia di beberapa tempat di kawasan rumah makan tersebut.

Joglo-joglo Di Rumah Payung

Joglo-joglo Di Rumah Payung | Foto : giedazzling(dot)blogspot(dot)com

Tidak hanya sebagai tempat pelengkap, joglo-joglo ini juga bisa dibeli, karena joglo tersebut dibuat dengan system knockdown atau bongkar pasang, sehingga bila ada pengunjung yang ingin memilikinya, joglo ini dapat dibeli pada pengelola.

Menu di Rumah Payung Cafe & Resto Bandung

Menu di Rumah Payung Cafe & Resto Bandung | Foto : id(dot)openrice(dot)com

Untuk pilihan menu, café yang satu ini memberikan layanan yang baik untuk pengunjungnya. Terdapat banyak pilihan menu yang disediakan oleh pengelola resto ini, mulai dari menu western, tradisional, hingga kombinasi keduanya. Harganya pun cukup terjangkau, untuk menu appetizer, harga di banderol mulai dari Rp 4.000, untuk main course dibanderol mulai dari Rp 11.000, baverages dibandrol mulai dari Rp 4.000, dan untuk dessert sendiri, mulai dari harga Rp 13.000.

Penasaran dengan tempat yang satu ini? Segera kunjungi Rumah Payung Café and resto di alamat Jl. Terusan Ranca Kendal No. 99 Bandung.

8. Sierra Café and Lounge

Sierra Café Bandung

Sierra Café Bandung | Foto : www(dot)indotravelers(dot)com

Berada di Jl. Bukit Dago Pakar Timur No. 33, tempat makan romantis dengan suguhan pemandangan alam Bandung yang menggugah selera membuat Sierra Café and Lounge tidak pernah sepi pengunjung. Di malam hari, terutama pada hari libur, Sierra Café memang banyak dipenuhi oleh pasangan-pasangan muda ataupun keluarga.

Jika dilihat dari luar, tempat makan yang satu ini memang terkesan sangat formal. Dengan bangunan yang terdiri atas tiga lantai maka siapa pun pengunjung tentu akan sangat merasa nyaman dengan hal tersebut. Namun, bagi anak muda yang ingin menikmati kafe bernuansa lounge, disini juga tersedia sofa-sofa yang tentunya sangat digemari oleh kalangan anak muda.

Pemandangan di Sierra Café Bandung

Pemandangan di Sierra Café Bandung | Foto : www(dot)roberni(dot)com

Ada banyak menu makanan yang tersaji di rumah makan romantis ini. Aneka menu western, Asia, hingga Indonesia tersedia di Sierra Café and Lounge tersebut. Semua menu yang tersaji memang sedikit lebih mahal dibanding tempat lain. Rata-rata menu makanan yang dihidangkan dibandrol dengan harga mulai Rp 40.000.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata kuliner Bandung romantis Sierra Lounge Anda Café ini buka dari Hari Senin sampai Jumat pukul 11.00 hingga 23.00 dan Sabtu buka pukul 11.00 sampai 23.30 WIB.

9. Roemah Kopi

Roemah Kopi Bandung

Roemah Kopi Bandung | Foto : baroezyjourney(dot)blogspot(dot)com

Kafe yang bernama Roemah Kopi ini terletak di Jl. Terusan Rancakendal No. 9 Dago Atas, Bandung. Roemah Kopi merupakan tempat ngopi yang asyik dan nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong. Kafe yang mengusung konsep interior rumah klasik Indonesia ini memang tidak seperti kafe biasanya. Roemah Kopi sendiri merupakan rumah hunian biasa yang disulap menjadi sebuah kafe dan tempat nongkrong membuat pengunjung merasa seperti rumah sendiri.

Beberapa Menu Kopi Di Roemah Kopi Bandung

Beberapa Menu Kopi Di Roemah Kopi Bandung | Foto : intisari-online(dot)com

Disini, terdapat berbagai macam menu kopi yang menjadi menu andalannya. Seperti namanya, Roemah Kopi ini menyediakan berbagai macam minuman kopi di Indonesia, seperti Kopi Toraja, Kopi Lampung, Kopi Luwak, dan kopi khas Indonesia lainnya. Selain itu, ada juga minuman yang diluar dari menu kopi, seperti aneka juice, coffee mix, dan lain sebagainya.

Bagi pengunjung yang ingin mengisi perut, Roemah Kopi juga menyediakan berbagai macam menu makanan, seperti nasi goreng, nasi asap, aneka olahan daging, menu seafood, western, dan masih banyak lagi. Semua menu makanan dan minuman di tempat ini dibandrol dari harga mulai Rp 12.000.

Menu Di Roemah Kopi Bandung

Menu Di Roemah Kopi Bandung | Foto : www(dot)gigastic(dot)com

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi romantic dan berbeda dari tempat ini, Roemah Kopi buka mulai pkl 11.00 hingga pkl 23.00. Ketika malam, pengunjung sebaiknya membawa jaket atau sweater untuk menghangatkan badan, karena cuaca dingin di kawasan ini memang sangat terasa dingin ketika malam tiba.

10. Café D’Pakar

Café D’Pakar

Café D’Pakar | Foto : www(dot)erzonia(dot)com

Café romantic dan eksotis lainnya adalah Café D’Pakar Bandung. Café ini memang belum lama dibuka dan masih terbilang café baru. Namun, meskipun begitu bukan berarti café tersebut sepi pengunjung. Setiap harinya selalu banyak pengunjung yang datang dan memenuhi tempat tersebut.

Tempatnya yang terletak tidak jauh dari Tahura Dago, membuat pemandangan sekitar Café D’Pakar sangat sejuk dan masih alami. Café yang satu ini memiliki pilihan tempat bagi pengunjungnya untuk menikmati hidangan yang dipesan, yaitu outdoor maupun indoor.

Suasana Outdoor di Cafe D'Pakar Bandung

Suasana di Cafe D’Pakar Bandung | Foto : roi-radio(dot)com

Untuk menikmati tempat outdoor, pengunjung diharuskan memesan menu makanan minimal Rp 25.000 per orang dengan kapasitas 6 orang. Untuk ruangan indoor sendiri, pengelola Café D’Pakar ini menginginkan tempatnya tersebut bebas dari asap rokok. Jika pengunjung ingin merokok, dihimbau untuk berada di luar ruangan dan tidak membuang sampah rokok dimana saja.

Menu Cafe D'Pakar Bandung

Menu Cafe D’Pakar Bandung | Foto : bandung(dot)panduanwisata(dot)id

Untuk menu makanan, Café D’ Pakar ini membandrol semua menunya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp. 30.000. Banyak menu makanan yang tersedia, seperti Mie Rebus, Pisang Keju, Roti Bakar, Kentang, Nasi Ayam Penyet, Nasi Goreng, dan lainnya. Untuk menu minuman sendiri, harganya dibandrol mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 17.000.

Lokasi Cafe D'Pakar Bandung

Lokasi Cafe D’Pakar Bandung | Foto : bandungfoodsociety(dot)wordpress(dot)com

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam yang romantic dan eksotis Cef D’Pakar, bisa mengikuti arah ke Tahura atau Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Dago Pakar Bandung. Dari gerbang Tahura, lanjutkan perjalanan hingga menemukan jalan bercabang, kemudian pilih jalan kea rah kanan.

Setelah mengikuti arah jalan tersebut, pengunjung akan melewati komplek perumahan yang nantinya akan mengantarkan pengunjung ke wilayah perhutanan. Tidak jauh dari kawasan tersebut, ada sebuah rumah dengan pagar terbuka di sebelah kiri, itulah lokasi Café D’Pakar yang romantic dan juga eksotis tersebut.

Cafe D'Pakar Dago Bandung

Cafe D’Pakar Dago Bandung | Foto : ridwanderful.wordpress.com

Penasaran dengan keindahan alam di sekitaran café tersebut? Segera kunjungi café romantic tersebut. Jam buka Café D’Pakar ini buka dari Selasa hingga Jumat pkl 12.00 – 18.00 dan untuk Hari Sabtu Minggu pkl 09.00 – 18.00 WIB.

Beberapa tempat wisata kuliner Bandung di Kawasan Dago yang romantis ini bisa menjadi referensi Anda, semoga bermanfaat.

Add Comment