Menu Minuman Dingin Paling Top di Bandung yang Menyegarkan

Minuman Dingin

Minuman Dingin | Foto : iwanblog(dot)wordpress(dot)com

Menikmati siang yang panas di kota Bandung, belum lengkap tanpa ditemani minuman dingin. Bosan dengan minuman dingin yang itu-itu saja, cobalah beralih pada minuman-minuman segar khas Bandung berikut ini:

1. Es Oyen

Es Oyen Bandung

Es Oyen Bandung | Foto : manies3(dot)rssing(dot)com

Es oyen sama sekali bukan plesetan dari es orange atau es jeruk. Banyak yang bilang, es oyen adalah kembaran es campur. Sebab, es oyen memang menggunakan bahan-bahan yang familiar kita temukan dalam es campur. Contohnya, kelapa muda, alpukat, nangka, kolang-kaling, pacar cina, susu kental manid, dan tentu saja es serut.

Di Bandung, es oyen yang paling popular bisa ditemukan di jalan Sukajadi. Kedai es oyen di Sukajadi sudah berdiri sejak tahun 1945 dan masih bertahan hingga sekarang.

2. Es Cendol Elizabeth

Cendol Elizabeth

Cendol Elizabeth | Foto : sekilas-info(dot)com

Dari nama bolehlah kebarat-baratan, “Elizabeth”, tapi jangan pikir bahwa pendiri warung cendol ini adalah si Elizabeth itu sendiri. Perintisnya adalah Rokhman. Sedangkan nama “Elizabeth” diambil dari nama tiki tas tang berada di depan kedai es cendol ini berada.

Untuk masalah rasa, es cendol Elizabeth tidak mengecewakan. Cendol terbuat dari tepung bera yang ditambahi pewarna hijau alami dari daun suji. Lalu, disajikan bersama santan, gula merah, dan es batu.  Yang ingin mencoba kesegaran es cendol Elizabeth, silakan mampir ke Jalan Inhoftank no 64 Bandung atau dapat pula ditemukan di kawasan Otista, Merdeka, Majalaya, Kopo, Buah Batu, dan Pahlawan.

3. Mango Dessert

Mango Dessert Bandung

Mango Dessert Bandung | Foto : blog(dot)hi-indonesia(dot)com

Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa ini adalah jenis minuman dingin yang berbahan dasar mangga. Mango dessert dijual di kedai Lingling yang terletak di Jalan Sukajadi no 157, persisnya tidak jauh dari Jalan Geusan Ulun 1dan Paris Van Java.

Mango dessert terbuat dari buah mangga yang diblender dengan es batu dan susu hingga halus. Lalu diberi toping jelly warna-warni. Cocoklah untuk menyegarkan tenggorokan dan mendinginkan perut.

4. Es Kelapa Lemon

Es Kelapa Lemon

Es Kelapa Lemon | Foto : bastiansamosir(dot)blogspot(dot)com

Es kelapa lemon dikenal juga dengan nama es kelapa negro. Mungkin Anda mengira, penjualnya adalah orang negro. Tapi tidak demikian keadaan yang sebenarnya. Julukan es kelapa negro dikarenakan warna es kelapanya tidak putih sebagaiman biasa.

Melainkan, coklat pekat. Mang Utuy, selaku penjual, mengkreasikan es kelapa dengan tampilan yang berbeda melalui penambahan susu kental manis coklat. Jika Anda penasaran dengan minuman dingin yang satu ini, silakan datang ke Jalan Sadewa Bandung.

Itu dia beberapa minuman dingin yang paling populer di Bandung. Santai-santai sambil minum es, hmm… pastinya menyegarkan. Wanna?

Leave a Reply