Makanan Khas Bandung Paling Terkenal dan Nikmat

Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung | Foto : www(dot)indonesia(dot)travel

Ada banyak sekali makanan khas Bandung yang tak hanya dikenal secara luas dari namanya saja, namun juga sangat digemari oleh wisatawan sebab rasanya yang begitu nikmat sekaligus lezat. Hal ini sebenarnya bukan merupakan suatu hal yang mengherankan karena sejak jaman dulu kota kembang sudah terkenal sebagai salah satu obyek wisata kuliner, selain jadi pusat belanja produk-produk fashion atau pakaian.

Lotek

Lotek Bandung

Lotek Bandung | Foto : altimaresto(dot)com

Salah satu makanan khas paling populer dari Bandung tersebut yaitu lotek. Bentuknya berupa campuran sayuran yang terdiri dari kacang panjang, kangkung, kol dan mentimun. Semuanya dijadikan satu dan diaduk lalu dikasih sambal kacang yang diberi beberapa macam bumbu.

Rasa dan aromanya hampir mirip dengan gado-gado namun memiliki aroma yang lebih tajam yang muncul dari kencur yang dihaluskan. Perbedaan lainnya terletak pada penggunaan sayur kentang yang dicampur bersama sambal kacang. Makanan ini sangat mudah dijumpai baik di rumah makan kelas kaki lima hingga restoran besar.

Mie Kocok

Mie Kocok

Mie Kocok | Foto : duniakulinernusantara(dot)blogspot(dot)com

Mie kocok merupakan hasil masakan yang bahan utamanya terdiri dari mie warna kuning dan tauge. Kedua bahan ini dimasukan dalam kuah yang sedikit kental tapi berwarna bening dan warna bening pada kuahnya inilah yang bikin mie kocok terlihat lebih istimewa dibandingkan dengan masakan mie lainnya.

Ciri lain yang dipunyai oleh makanan khas Bandung ini adalah bagian atas mie yang dikasih kikil sapi sehingga rasanya lebih nikmat dan lezat dilidah. Karena itu banyak wisatawan yang selalu ingin mencoba dan mencicipinya saat datang ke kota berjuluk Paris Van Java ini. Salah satu pusat jajanan mie kocok paling terkenal berada di daerah Jalan Riau. Di sini bisa ditemui beberapa penjual masakan tersebut dengan cita rasa yang sama-sama enak.

Batagor

Batagor Bandung

Batagor Bandung | Foto by : masakfun(dot)blogspot(dot)com

Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng. Dan sesuai dengan namanya, makanan ini merupakan hasil olahan dari dua bahan utama yaitu bakso dan tahu goreng. Konon, masakan tersebut diolah dengan cara digoreng agar memiliki daya tahan yang lebih lama dan awet.

Pada umumnya, batagor dijual serta disajikan bersama siomay yang juga diolah dengan cara digoreng. Kedua masakan ini akan terasa lebih lezat ketika dinikmati bersama sambal kacang. Namun dalam perkembangannya, saat ini sudah banyak penjual yang menyajikan batagor dan siomay bersama kuah, sehingga dinamakan batagor kuah.

Kupat Tahu

Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu | Foto : miyako(dot)co(dot)id

Masih ada makanan dari bahan tahu lain yang tidak kalah nikmat dan dicampur dengan kupat yang dinamakan dengan sebutan kupat tahu. Selama ini ada dua macam kupat tahu dan yang pertama adalah kupat tahu Padalarang sedangkan yang kedua adalah kupat tahu Bandung.

Meski menggunakan bahan yang sama, tapi kupat tahu Padalarang memiliki aroma serta rasa yang lebih gurih dan manis. Selain itu kuahnya lebih encer. Untuk kupat tahu Bandung selalu diberi sambal atau saus dari kacang sehingga terlihat lebih kental. Tapi keduanya tetap sama-sama dikasih tauge pada bagian atasnya.

Nasi Timbel

Kedai Nasi Timbel Bandung

Nasi Timbel Bandung | meciko(dot)blogspot(dot)com

Selain kupat tahu, ada makanan berat lain yang juga sangat istimewa sekali rasanya yaitu nasi timbel. Makanan ini sebenarnya hanya berupa nasi putih atau merah yang dibungkun dengan daun pisang. Namun penggunaan daun pisang inilah yang menjadikan nasi tersebut memiliki aroma yang sangat harum dan wangi.

Cara menikmati makanan khas Bandung yang satu ini adalah dengan lauk pauk yang macam atau jenisnya ada beberapa seperti ayam goreng atau bakar, tempe dan tahu yang dimasak dan diolah dengan cara yang sama, ikan jambal asin, daging atau empal sapi dan sebagainya. Tapi selain itu agar rasanya lebih nikmat biasanya dikasih tambahan sambal dan aneka sayur lalap seperti daun kemangi, kol atau mentimun dan tomat.

Leave a Reply